Topic outline

  • General

    Logo Unimed

    MODUL 1 

    PERTUMBUHKEMBANGAN

    PESERTA DIDIK DAN BELAJAR GERAK

    DALAM PEMBELAJARAN PJOK

     

      

     

    Penulis:
    Dr. Hariadi, S.Pd., M.Kes

    Dr. Budi Valianto, M.Pd

     

     

    PPG DALAM JABATAN
    Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 

    2018
    Hak cipta © Direktorat Pembelajaran, Dit Belmawa, Kemenristekdikti RI, 2018

    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


    Peserta PPG dalam Jabatan yang berbahagia, selamat datang pada mata kegiatan:

     

    PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

    Dalam kesempatan ini mari kita cermati bersama materi tentang:

    "Pertumbuhkembangan Peserta Didik

    dan Belajar Gerak dalam

    Pembelajaran PJOK"

    Hasil gambar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak

    kegiatan belajar 1



    Sebelum mulai kegiatan, mari kita berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

    pendukung modul kb1

    SELAMAT BELAJAR



  • KB1: Pertumbuhkembangan Peserta Didik

    Pendahuluan

    Sesuai Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional. Pengakuan guru sebagai pendidik profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses sistematik yang disebut sertifikasi. Sertifikasi guru dalam jabatan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan formal secara berkelanjutan. Guru dalam jabatan yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti sertifikasi melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) atau Pendidikan Profesi Guru (PPG)

                PPG dalam Jabatan mulai tahun 2017 telah mulai melakukan pengembangan proses pendidikan melalui pemanfaatan IT dengan pola pembelajaran dalam jaringan dan lokakarya (tatap Muka). Penyempurnaan terus dilakukan sehingga untuk tahun 2018 mulai diselenggarakan pembelajaran dengan model hybrid learning, yaitu mengkombinasikan strategi terbaik pembelajaran tatap muka dan strategi terbaik pembelajaran dalam jaringan (daring). Strategi pembelajaran daring, relatif berbeda dengan pembelajaran tatap muka, sehingga setiap komponen sistem pembelajaran, seperti bahan belajar, strategi pembelajaran, sarana dan prasarana yang diperlukan akan sangat berbeda satu sama lain. Oleh karena itu khusus dalam pengembangan bahan belajar pada umumnya dan pengembangan bahan belajar dalam jaringan (daring) PPG PJOK, makaperlu dikembangkan bahan belajar yang dirancang khusus sebagai bahan belajar mandiri yang akan disajikan secara cetak dan dalam jaringan (online) yang dinamakan modul. Adapun modul yang dikembangkan terdiri dari enam modul yaitu :

    1. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik serta  Belajar Gerak dalam Pembelajaran PJOK
    2. Sejarah,Filsafat, dan Etika Olahraga
    3. Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika Olahraga
    4. Psikologi dan Sosiologi Olahraga
    5. Aktivtas Olahraga : Pengembangan Kebugaran Jasmani, Atletik dan Permainan, dan
    6. Aktivtas Olahraga : Senam, Aquatik, Beladiri dan Pendidikan Kesehatan

    Modul ini di upayakan sebagai bahan belajar yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Sehingga modul ini merupakan salah satu acuan bagi penyelenggara pendidikan dan pelatihan dalam mengembangkan keprofesionalan yang diperlukan guru dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Melalui modul ini diharapkan dapat ditingkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi para guru peserta PPG yang dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online) dan campuran (blended) tatap muka dengan online.


    Petunjuk Belajar

    Petunjuk belajar

                Untuk dapat memahami, melaksanakan dan mampu menginternalisasi seluruh isi dalam modul ini, saudara diharapkan membaca modul ini secara seksama dan menelaah informasi tambahan yang diberikan oleh fasilitator. Selain itu melalui eksplorasi sumber-sumber lain, melakukan diskusi, serta upaya lain yang relevan, saudara juga diharapkan dapat menggali lebih dalam informasi yang diberikan dalam modul ini. Untuk lebih memahami pengetahuan dan penguasaan keterampilan, saudara dianjurkan untuk membaca dengan cermat dan berlatih mencoba berbagai keterampilan yang disajikan secara bertahap sesuai dengan langkah, tahapan dan prosedur yang dirancang dalam modul ini. Artinya, saudara diharapkan untuk mencoba berkali-kali dan kemudian membandingkan keterampilan yang dikuasai dengan kriteria yang ada dalam setiap pembahasan.

                Pada bagian lain dari modul saudara juga harus mengerjakan berbagai tugas/ latihan/ studi kasus yang disajikan sebaik-baiknya. Pengerjaan tugas/ latihan/ studi kasus didasarkan pada informasi yang ada pada modul ini, dan kemudian diperkaya dengan informasi dari sumber-sumber belajar lainnya.

                Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, saudara harus mengerjakan evaluasi (tes formatif) dan melakukan evaluasi akhir (tes akhir / sumatif) di akhir modul. Dengan demikian saudara akan dapat mengetahui tingkat penguasaan materi yang disajikan secara mandiri. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran disajikan kunci jawaban dari evaluasi tersebut, akan tetapi saudara tidak diperkenankan melihat dan membacanya sebelum menyelesaikan soal evaluasi yang disediakan.


    Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik memiliki struktur dan karakteristik yang dapat kita kenal, yang sangat bermanfaat dalam menentukan perlakuan seorang pendidik terhadap peserta didik khususnya dalam pembelajaran PJOK.


    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan 

    Memiliki kecakapan dalam menguasai  konsep dasar pertumbuhkembangan peserta didik dalam pembelajaran PJOK, terampil dalam melakukan, dan membelajarkan konsep tersebut dengan menerapkan dasar keilmuan, serta memiliki tanggung jawab personal dan sosial sebagai tauladan bagi peserta didik dan masyarakat sesuai dengan kebijakan yang berlaku.


    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Dengan menelaah materi pada Modul 1 dan KB 1 ini, saudara mamp menjelaskan:

    1. Konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan individu
    2. Perbedaan individu peserta didik
    3. Perkembangan karakteristik kognitif, fisik, psikis dan sosial peserta didik.


    POKOK-POKOK MATERI 

    1. Pertumbuhan Peserta Didik
    2. Perkembangan Peserta Didik
    3. Perbedaan Individual Peserta Didik
    4. Perkembangan Kognitif, Fisik dan Sosial Emosional


    PETA KOMPETENSI

    Peta kompetensi berikut ini barangkali dapat digunakan sebagai acuan pendalaman materi pada Modul 1, KB 1.




  • KB2: Belajar Motorik

  • KB3: Keterampilan Gerak

  • KB4: Pembelajaran Gerak Dalam PJOK

  • Tugas Akhir & Tes Sumatif