Topic outline

  • Selamat Datang

    Selamat Datang di Kelas Modul Kuliner

     MODUL 3

    TATA HIDANG

      Logo Ristekdikti

    PENULIS

    Dr. Ade Juwaedah, M.Pd.

    Dr. Cica Yulia, S.Pd., M.Si.

     

    PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN

    KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

    2018

    • Pendahuluan

      Modul 3

      Dalam menjalankan sebuah restoran dibutuhkan keahlian serta pengetahuan khusus agar restoran dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya sekedar menyajikan dan mengantarkan makanan, dibutuhkan pula perabot dan peralatan yang menunjang kegiatan di restoran.

      Model Kuliner 3 memiliki judul besar Tata Hidang yang terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB), yakni:

      1. Pengetahuan Menu
      2. Perabot dan Peralatan di Restoran
      3. Pelayanan Makanan dan Minuman di Restoran
      4. Administrasi Layanan Makanan dan Minuman

      Keempat KB ini akan Anda pelajari satu persatu dengan sisipan video suplemen untuk pemahaman lebih mendalam mengenai materi yang diberikan serta tugas dan tes formatif untuk menguji pemahaman Anda.

      Selamat belajar...!

       

      Pendahuluan

      Modul  Tata hidang sebagai bagian dari seri modul  Kuliner. Modul ini disajikan untuk  memberikan wawasan dalam bentuk Review bagi pembaca yang telah memiliki latar pengetahuan tentang Tata Hidang. Selain itu diharapkan dapat meluaskan wawasan yang sifatnya sebagai pemicu “Tigering” untuk pengembangan  belajar dengan arahan sendiri “self directed learning melalui blended learning”, terkait  materi yang berkaitan dengan Tata Hidang terutama untuk kepentingan pembelajaran dalam perannya pembaca sebagai guru praktikan di SMK program keahlian kuliner di SMK Pariwisata.

       

      Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda pelajari file pendahuluan.

    • KB 1: Pengetahuan Menu

      Selamat Datang di KB 1

      Dalam KB 1 ini, Anda diminta untuk memenuhi beberapa capaian dan sub capaian yang telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dan mengembangkan keilmuan secara kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks menu.

       
      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      1. Mahasiswa mampu mengevaluasi menu yang digunakan di Restoran
      2. Mahasiswa mampu mengevaluasi dasar menu yang digunakan di Restoran
      3. Mahasiswa mampu mengevaluasi rancangan table d’hote menu yang digunakan di Restoran
      4. Mahasiswa mampu mengevaluasi A la carte Menu yang digunakan di Restoran
      5. Mahasiswa mampu mengevaluasi desain menu yang digunakan di Restoran

       

      Materi pokok yang dapat memenuhi capaian pembelajaran mata kegiatan dan sub capaian pembelajaran mata kegiatan yang telah dijelaskan di atas, telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Pokok-pokok Materi

      1. Gambaran umum tentang menu
      2. Dasar menu (static menu,  single –use menu,dan cycle menu).
      3. Table D’hote Menu, dan Penampilan Ala Carte Menu.
      4. Rancangan pembuatan Table D’hote menu dan A la Carte Menu
      5. Desain Menu

       

      Materi lengkap dapat Anda pelajari pada file uraian berbentuk PDF yang dilampirkan.

       

      Pada KB 1 juga disediakan rangkuman mengenai materi yang sudah disampaikan dan dapat diakses pada file Rangkuman Materi Modul 3 KB 1 yang telah dilampirkan.

       

      Untuk lebih memahami materi yang tersedia di dalam Modul 3 KB 1, Anda dipersilahkan untuk mengakses video-video suplemen yang telah tersedia di bawah ini serta dengan harapan Anda dapat lebih memahami materi yang disajikan. Selain itu Anda juga dipersilahkan untuk mempelajari PPT serta modul utuh untuk Modul 3 KB 1 dan mengerjakan tugas serta tes formatif berikut untuk menguji pemahaman Anda.

       

      Selamat belajar...!

       

      Video Suplemen Pembelajaran

    • KB 2: Perabot dan Peralatan di Restoran

      Selamat Datang di KB 2

      Dalam KB 2 ini, Anda diminta untuk memenuhi beberapa capaian dan sub capaian yang telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dan mengembangkan keilmuan secara kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks perrabot dan peralatan di restoran.  

       
      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      1. Mahasiswa mampu mengevaluasi furniture yang digunakan di Restoran
      2. Mahasiswa mampu mengevaluasi lenan yang digunakan di Restoran
      3. Mahasiswa mampu mengevaluasi glass ware yang digunakan di Restoran
      4. Mahasiswa mampu mengevaluasi silver ware yang digunakan di Restoran
      5. Mahasiswa mampu mengevaluasi china ware yang digunakan di Restoran

       

      Materi pokok yang dapat memenuhi capaian pembelajaran mata kegiatan dan sub capaian pembelajaran mata kegiatan yang telah dijelaskan di atas, telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Pokok-pokok Materi

      1. Furniture
      2. Lenan
      3. Glass ware
      4. Silver ware
      5. China ware

       

      Materi lengkap dapat Anda pelajari pada file uraian berbentuk PDF yang dilampirkan.

       

      Pada KB 2 juga disediakan rangkuman mengenai materi yang sudah disampaikan dan dapat diakses pada file Rangkuman Materi Modul 3 KB 2 yang telah dilampirkan.

       

      Untuk lebih memahami materi yang tersedia di dalam Modul 3 KB 2, Anda dipersilahkan untuk mengakses video-video suplemen yang telah tersedia di bawah ini serta dengan harapan Anda dapat lebih memahami materi yang disajikan. Selain itu Anda juga dipersilahkan untuk mempelajari PPT serta modul utuh untuk Modul 3 KB 2 dan mengerjakan tugas serta tes formatif berikut untuk menguji pemahaman Anda.

       

      Selamat belajar...!

       

      Video Suplemen Pembelajaran

    • KB 3: Pelayanan Makanan dan Minuman di Restoran

      Selamat Datang di KB 3

      Dalam KB 3 ini, Anda diminta untuk memenuhi beberapa capaian dan sub capaian yang telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dan mengembangkan keilmuan secara kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pelayanan makanan dan minuman di restoran.  

       
      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      1. Mahasiswa dapat mengimplementasikan  waiter grooming pada pelayanan makanan minuman di restoran dengan cermat.
      2. Mahasiswa dapat melaksanakan table setting pada pelayanan makanan minuman di restoran dengan percaya diri.
      3. Mahasiswa mampu membedakan tipe pelayanan makanan minuman di restoran dengan cermat
      4. Mahasiswa mampu menganalisis berbagai macam minuman pada pelayanan makanan minuman di restoran dengan cermat.

       

      Materi pokok yang dapat memenuhi capaian pembelajaran mata kegiatan dan sub capaian pembelajaran mata kegiatan yang telah dijelaskan di atas, telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Pokok-pokok Materi

      1. Waiter grooming

      2. Table Setting

      3. Tipe pelayanan makanan dan minuman

      • American service
      • English service
      • Russian service
      • French service
      • Buffet service
      • Specialised foams of service

      4. Minuman

      • Minuman Non Alcohol
      • Minuman Alcohol

        

      Materi lengkap dapat Anda pelajari pada file uraian berbentuk PDF yang dilampirkan.

       

      Pada KB 3 juga disediakan rangkuman mengenai materi yang sudah disampaikan dan dapat diakses pada file Rangkuman Materi Modul 3 KB 3 yang telah dilampirkan. 

       

      Untuk lebih memahami materi yang tersedia di dalam Modul 3 KB 3, Anda dipersilahkan untuk mengakses video-video suplemen yang telah tersedia di bawah ini serta dengan harapan Anda dapat lebih memahami materi yang disajikan. Selain itu Anda juga dipersilahkan untuk mempelajari PPT serta modul utuh untuk Modul 3 KB 3 dan mengerjakan tugas serta tes formatif berikut untuk menguji pemahaman Anda.

       

      Selamat belajar...!

        

      Video Suplemen Pembelajaran


    • KB 4: Administrasi Layanan Makanan dan Minuman

      Selamat Datang di KB 4

      Dalam KB 4 ini, Anda diminta untuk memenuhi beberapa capaian dan sub capaian yang telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dan mengembangkan keilmuan secara kritis, sistematis dan inovatif dalam administrasi layanan makanan dan minuman.


      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

      1. Mahasiswa mampu mengevaluasi konsep administrasi layanan makanan dan minuman
      2. Mahasiswa mampu mengevaluasi jenis administrasi layanan makanan dan minum pada restoran
      3. Mahasiswa mampu mengevaluasi jenis administrasi layanan makan dan minum pada room service

       

      Materi pokok yang dapat memenuhi capaian pembelajaran mata kegiatan dan sub capaian pembelajaran mata kegiatan yang telah dijelaskan di atas, telah dideskripsikan sebagai berikut:

       

      Pokok-pokok Materi

      1. Konsep administrasi layanan makanan dan minum
      2. Jenis administrasi layanan makanan dan minum pada restoran
      3. Jenis administrasi layanan makan dan minum pada room service

       

      Materi lengkap dapat Anda pelajari pada file uraian berbentuk PDF yang dilampirkan.

       

      Pada KB 4 juga disediakan rangkuman mengenai materi yang sudah disampaikan dan dapat diakses pada file Rangkuman Materi Modul 3 KB 4 yang telah dilampirkan. 

       

      Untuk lebih memahami materi yang tersedia di dalam Modul 3 KB 4, Anda dipersilahkan untuk mengakses video-video suplemen yang telah tersedia di bawah ini serta dengan harapan Anda dapat lebih memahami materi yang disajikan. Selain itu Anda juga dipersilahkan untuk mempelajari PPT serta modul utuh untuk Modul 3 KB 4 dan mengerjakan tugas serta tes formatif berikut untuk menguji pemahaman Anda.

       

      Selamat belajar...!

       

      Video Suplemen Pembelajaran

    • Bagian Akhir Modul

      Setelah mempelajari semua KB, Anda dipersilahkan untuk mengerjakan tugas akhir dan tes akhir untuk menguji pemahaman terhadap Modul 3 mengenai Tata Hidang. Anda juga dapat mempelajari istilah-istilah asing yang terdapat pada modul ini serta mencari daftar rujukan di dalam file yang telah tersedia.