Selamat datang di Modul 1: Pembelajaran Abad 21.
Salam Pedagogia,
Ibu/bapak peserta PPG yang selalu semangat, selamat mengikuti kegiatan pembelajaran pada modul 1 ini. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya.
Setelah mempelajari modul ini, ibu/bapak diharapkan mampu menjelaskan karateristik guru dan siswa Abad 21, menjelaskan dan meamnfaatkan teknologi dan media abad 21, menjelaskan pengertian dan menyususn rancangan pembelajaran abad 21.
- Menjelaskan karateristik guru abad 21
- Menjelaskan karateristik siswa abad 21
- Menjelaskan peran teknologi dan media dalam belajar abad 21
- Memanfaatkan teknologi dan media dalam pembelajaran abad 21
- Menjelaskan rancangan pembelajaran abad 21
- Mendesain pembelajaran abad 21
- Kegiatan Belajar 1: Karateristik guru dan siswa abad 21
- Kegiatan Belajar 2: Peran teknologi dan media dalam belajar abad 21
- Kegiatan Belajar 3: Desain Pembelajaran Abad 21
Peta konsep Modul 1: Pembelajaran Abad 21 dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kegiatan pembelajaran Modul 1: Pembelajaran Abad 21 ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face).
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
- modul digital
- video pembelajaran atau animasi
- media presentasi
- sumber bacaan lain
Pertama-tama, Anda harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM.
Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi, yang terdiri dari TUGAS dan TES. Apabila nilai tes mencapai 7, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Anda pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES tersebut, sampai nilai minimal tercapai.
FORUM disediakan di bagian terbawah dari setiap Kegiatan Belajar. Anda dapat menggunakan forum untuk:
- Menanyakan materi yang belum dipahami. Pertanyaan ditujukan kepada semua peserta dan/atau dosen.
- Menjawab pertanyaan peserta lain.
- Berkomunikasi dengan dosen.
Topic outline
-
- M1 Kegiatan Belajar 1: Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
M1 Kegiatan Belajar 1: Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak peserta PPG, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak pada pembelajaran, karena itu penting mempelajari KB 1 ini yang akan menjelaskan pembelajaran Abad 21.
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Ibu/Bapak diharapkan dapat menjelaskan pembelajaran abad 21, karakteristik guru abad 21, dan karakteristik siswa abad 21.
POKOK-POKOK MATERI
- Pembelajaran Abad 21
- Karakteristik guru abad 21
- Karakteristik siswa abad 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi 1: Karateristik Guru dan Siswa Abad 21
Bateri berikut menjelaskan tentang pembelajaran abad 21, karakteristik guru abad 21, dan karakteristik siswa abad 21. Bacalah materi dalam format PDF berikut ini.
Materi 2: Video Teknologi Informasi di Pendidikan
Video berikut menyajikan informasi tentang penggunaan teknologi di pendidikan.
Setelah menyaksikan tayangan di atas, analislah karateristik guru dan siswa pada pembelajaran tersebut? Jawaban dikirim pada Tugas Analisis Video.
Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut ini.
Ibu/bapak telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1. Apakah Ibu/bapak sudah benar-benar menguasai materi tersebut? Untuk lebih menguatkan pendalaman materi yang sudah kita pelajari silahkan mencoba mengerjakan tugas berikut ini!
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Kegiatan Belajar 1 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Kegiatan Belajar 1 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
Selamat mengerjakan.
Apabila ada materi yang belum Ibu/Bapak pahami, silakan mengajukan pertanyaan di forum ini. Apabila ada teman yang bertanya dan Ibu/Bapak bisa menjawab, silakan jawab pertanyaan teman Ibu/Bapak .
- M1 KEGIATAN BELAJAR 2: PERAN TEKNOLOGI DAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21
M1 KEGIATAN BELAJAR 2: PERAN TEKNOLOGI DAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21
Salam Pedagogia,
Ibu/ bapak, kita akan lanjutkan pelajaran kita, kali ini kita akan membahas tentang peran teknologi dan media dalam pembelajaran
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Anda akan dapat memanfaatkan teknologi dan media dalam pembelajaran abad 21.
POKOK MATERI
- Integrasi teknologi dan media ke dalam pembelajaran abad 21
- Pemanfaatan teknologi dan media informasi ke dalam pembelajaran abad 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 2, mari kita pelajari beberapa materi berikut ini. Tetap semangat dan selalu bahagia ya Ibu/Bapak.
Materi 1. Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, media pembelajaranpun juga mengalami perubahan. Mari kita baca materi berikut ini.
Materi 2. Video Pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran
Perhatikan video pembelajaran berikut ini. Video ini memperlihatkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.
Selamat, Ibu/Bapak telah menyelesaikan modul tentang pemanfaatan teknologi dan media dalam pembelajaran abad ke 21. Hal-hal penting yang telah Ibu/Bapak pelajari dalam modul pemanfaatan teknologi dan media dalam pembelajaran abad ke 21 ini adalah sebagai berikut:
- Ada dua bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer diantaranya interactive tools dan interacting with others.
- Contoh pemanfaatan teknologi dan media informasi digital dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik atau guru adalah terjalinnya komunitas belajar berbasis web terhadap semua peserta didik di seluruh penjuru dunia diantaranya pembuatan blog, pemanfaatan media wiki, dan podcast.
- Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
- Ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital yaitu Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif), Personal Response System (PRS), Mobile Assessment Tools, dan Community of Practice (Komunitas Praktik).
- Peran guru di era digital sesuai dengan Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk guru diantaranya memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreativitas siswa, merancang dan mengembangkan pengalaman dan penilaian pembelajaran sesuai digital-age, model kerja dan belajar berbasis digital-age, mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab, serta terlibat dalam pertumbuhan profesional dan kepemimpinan guru.
Anda telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 2. Apakah Ibu/Bapak sudah benar-benar menguasai materi tersebut? Tunjukkan kemampuan Ibu/Bapak dengan mengerjakan tugas berikut ini!
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Kegiatan Belajar 2 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapak belum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Kegiatan Belajar 2 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
Selamat mengerjakan.
Apabila ada materi yang belum Ibu/Bapak pahami, silakan mengajukan pertanyaan di forum ini. Apabila ada teman yang bertanya dan Ibu/Bapak bisa menjawab, silakan jawab pertanyaan teman Ibu/Bapak .
- KEGIATAN BELAJAR 3: MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21
KEGIATAN BELAJAR 3: MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak yang berbahagia, melanjutan dari Kegiatan Belajar sebelumnya kali ini akan mempelajari tentang rancangan dan penilaian pembelajaran Abad 21.
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 3, Anda akan memahami rancangan dan penilaian pembelajaran abad ke 21.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad 21
- Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
- Menguraikan prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
POKOK MATERI
- Prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad ke 21
- Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
- Prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 3, mari kita pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi 1: Desain dan penilaian pembelajaran abad 21
Silakan pelajari materi berikut ini. Setelah mempelajari materi tersebut, ibu/bapak peserta PPG akan memahami tentang desain dan penilaian pembelajaran abad 21.
Video berikut menayangkan tentang keterampilan pembelajaran abad 21, kata-kata kunci dalam video tersebut dapat menjadi acuar ibu bapak dalam menyusn dan melakukan penilaian pembelajaran abad 21
Setelah mempelajari materi diatas, bacalah rangkuman di bawah ini:
Ibu/Bapak telah selesai mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 3. Untuk memahami kemampuan penguasaan materi pada kegiatan belajar ini, mari kita kerjakan Tugas dan Tes Formatif Berikut ini.
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Kegiatan Belajar 3 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapakbelum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Kegiatan Belajar 3 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
Selamat mengerjakan.
Apabila ada materi yang belum Ibu/Bapak pahami, silakan mengajukan pertanyaan di forum ini. Apabila ada teman yang bertanya dan Ibu/Bapak bisa menjawab, silakan jawab pertanyaan teman Ibu/Bapak .
- TUGAS AKHIR
TUGAS AKHIR
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada semua Kegiatan Belajar pada modul ini. Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terhadap materi yang sudah dipelajari, coba kerjakan tugas berikut ini.
- TES SUMATIF
TES SUMATIF
Selamat. Ibu/Bapak sudah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1, 2, dan 3. Sekarang, silakan Anda kerjakan tes sumatif berikut ini.
Persiapkan diri untuk mengerjakan tes sumatif ini. Ibu/Bapak hanya diberi kesempatan 1 kali untuk mengerjakan tes sumatif ini (tidak bisa dikerjakan ulang). Waktu untuk mengerjakan tes ini adalah 60 menit.
Selamat mengerjakan. Semoga sukses.