Selamat datang di Modul 2: Pengembangan Profesi Guru.
Salam Pedagogia,
Salam sejahtera bagi pengemban profesi guru. Profesi guru adalah ibu dari segala profesi. Guru adalah professional learning yang menjadi teladan untuk terus mempertahankan profesinya dengan terus belajar. Semoga modul ini bermanfaat. Amin
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini diharapkan ibu/bapak memiliki pemahaman kompetensi guru secara utuh, membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial, professional dan indikatornya, serta mampu menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21. Selain itu ibu/bapak dapat mengembangkan strategi pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan.
- Memahami kompetensi guru
- Membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial dan professional dan indikatornya
- Menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21
- Memahami profesi guru dalam pandangan yuridis dan akademik
- Menjelaskan arti penting pengembangan profesionalisme berkelanjutan
- Memahami komponen-komponen penilaian kinerja guru
- mengidentifikasi tantangan dan memilih strategi pengembangan profesi berkelanjutan
-
Kegiatan Belajar 1: Kompetensi Guru
-
Kegiatan Belajar 2: Strategi Pengembangan Profesionalisme Berkelanjutan
-
Peta konsep Modul 2: Pengembangan Profesi Guru dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kegiatan pembelajaran Modul 2: Pengantar Profesi Guru ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face).
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
- modul digital
- video pembelajaran atau animasi
- media presentasi
- sumber bacaan lain
Pertama-tama, Ibu/Bapak harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM.
Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi, yang terdiri dari TUGAS dan TES. Apabila nilai tes mencapai 7, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Anda pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES tersebut, sampai nilai minimal tercapai.
FORUM disediakan di bagian terbawah dari setiap Kegiatan Belajar. Anda dapat menggunakan forum untuk:
- Menanyakan materi yang belum dipahami. Pertanyaan ditujukan kepada semua peserta dan/atau dosen.
- Menjawab pertanyaan peserta lain.
- Berkomunikasi dengan dosen.
Topic outline
-
- KEGIATAN BELAJAR 1: KOMPETENSI GURU
KEGIATAN BELAJAR 1: KOMPETENSI GURU
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak peserta PGG semoga senantiasa tetap semangat dan bahagia. Menjadi seorang guru harus memiliki kompetensi yang utuh, bukan hanya kemampuan akademik tapi ada kompetensi-kompetensi lainnya. Berikut akan dipelajari materi tentang kompetensi guru.
Sebelum Ibu/Bapak mempelajari Kegiatan belajar 1 ini, bacalah terlebih dahulu capaian pembelajaran dan pokok-pokok materi. Pada kegiatan ini disajikan materi dalam bentuk teks pdf, ilustrasi video, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan tugas dan rangkuman. diakhir ibu/bapak diminta untuk mencoba mengerjakan soal tes formatif.
Selamat Belajar.
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini diharapkan Ibu/Bapak memahami kompetensi guru dan indikator serta kompetensi pedagogik guru abad 21.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Memahami kompetensi guru secara utuh
- Membedakan kompetensi pedogogik, kepribadian, sosial dan professional serta indikatornya
- Menjelaskan kompetensi pedagogik guru abad 21 dalam kaitan dengan pengembangan profesi seorang guru
POKOK-POKOK MATERI
- Kompetensi guru
- Kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian
- Kompetensi pedagogik guru abad 21
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi 1. Kompetensi Guru
Materi pada Kegiatan Belajar (KB) 1 ini membahas tentang kompetensi guru secara utuh berdasar pada undang-undang dan peraturan, selanjutnya diuraikan indikator setiap kompetensi, pada bagian akhir dijelaskan tentang kompetensi pedagogi guru abad 21.
Untuk dapat menguasai KB 1 ini bacalah materi berikut!
Materi 2: Video Future Classroom and Student Life
Video ini menjelaskan tentang kelas masa depan dan kehidupan belajar siswa abad ini, tayangan video ini tentu sangat berdampak pada pengelolaan pembelajaran di masa yang akan datang.
Setelah melihat tayangan video ini, berikan pendapat anda atas tayangan video tesebut dan bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad 21 ini pada bagian Tugas Analisis Video.
Materi 3: Presentasi kompetensi guru
Setelah membaca KB 1 modul 2 di atas, silahkan anda buka materi presentasi ppt berikut untuk memperkaya pengatahuan anda tentang kompetensi guru.
Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut agar pemahaman kita lebih mantab.
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 2. Apakah Ibu/Bapaksudah benar-benar menguasai materi tersebut? Tunjukkan kemampuan Ibu/Bapak dengan mengerjakan tugas berikut ini!
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Kegiatan Belajar 1 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapakbelum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Kegiatan Belajar 1 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
Selamat mengerjakan.
Apabila ada materi yang belum Ibu/Bapak pahami, silakan mengajukan pertanyaan di forum ini. Apabila ada teman yang bertanya dan Ibu/Bapakbisa menjawab, silakan jawab pertanyaan teman Ibu/Bapak.
- KEGIATAN BELAJAR 2: STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN
KEGIATAN BELAJAR 2: STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN
Salam Pedagogia,
Ibu/Bapak yang berbahagia, setelah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1, kita lanjutkan ke giatan belajar 2. Semoga Ibu/Bapak tetap semangat dan selalu bahagia!
SebelumIbu/Bapak mempelajari Kegiatan Belajar 2, bacalah terlebih dahulu capaian pembelajaran dan pokok-pokok materi. Pada kegiatan belajar 2 akan disajikan materi dalam bentuk teks pdf, ilustrasi video, dan ppt. Selain itu juga dilengkapi dengan tugas dan rangkuman. Pada akhir kegiatan belajar 2 anda diminta untuk mencoba mengerjakan soal tes formatif.
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2 ini Ibu/Bapak diharapkan memiliki memilih strategi profesionalisme berkelanjutan.
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Membedakan profesi guru dari perspektif yuridis dan akademik
- Menjelaskan arti penting pengembangan keprofesian berkelanjutan
- Menilai syarat profesi
- Mengidentifikasi penilaian kinerja guru
- Mengidentifikasi tantangan profesi abad 21
- Menjelaskan konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan
- Membedakan paradigma profesi guru abad 21 dengan sebelumnya
- Memilih strategi pengembangan profesi diri dalam konteks abad 21.
POKOK MATERIPokok-pokok materi kegiatan belajar 2 ini meliputi:
- Profesi guru dalam pandangan yuridis
- Profesi guru dalam pandangan akademik
- Kriteria profesi bidang pendidikan
- Penilaian kinerja guru
- Pengembangan keprofesian berkelanjutan
- Merubah paradigma tentang profesi guru
- Profesi guru abad 21
- Strategi pengembangan profesi berkelanjutan
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 2, silakan Ibu/Bapak pelajari beberapa materi berikut ini.
Materi 1: Strategi Pengembangan Profesi Berkelanjutan
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2 Ibu/Bapak diharapkan mampu membedakan profesi guru dari perspektif yuridis dan akademik, menjelaskan arti penting pengembangan keprofesian berkelanjutan, menilai syarat profesi, mengidentifikasi penilaian kinerja guru, mengidentifikasi tantangan profesi abad 21, menjelaskan konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan, membedakan paradigma profesi guru abad 21 dengan sebelumnya, dan memilih strategi pengembangan profesi diri dalam konteks abad 21.
Materi 2: Strategi Singapura Memasuki Abad 21
Materi 3: Presentasi mengenai profesi guru dan profesionalisme
Media presentasi berikut ini menjelaskan tentang kompetensi guru. Profesi guru sudah diakui secara legal dan memiliki peran strategis sebagai agen transformasi masyarakat. Sebagai suatu profesi harus memenhi syarat-syarat termasuk perubahan paradigma. Presentasi ini memudahkan anda untuk mengingat matei yang disampaikan secara lebih sederhana.
Materi 4: Artikel Reorientasi Paradigma Dasar Pengembangan Profesionalisme Guru
Diperlukan reorientasi paradigma dengan memahami konsep belajar seorang profesional dan merevitalisasi pengembangan profesionalisme guru ke arah pengembangan profesionalisme berkelanjutan. Temukan jawabannya dalam makalah di bawah ini.
Setelah mempelajari materi di atas, bacalah rangkuman berikut agar pemahaman kita lebih mantab.
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 2. Apakah Ibu/Bapak sudah benar-benar menguasai materi tersebut? untuk mengetahui kemampuan Ibu/Bapak mari kerjakan tugas berikut ini!
Untuk mengetahui pemahaman Ibu/Bapak terkait Kegiatan Belajar 2 ini, silakan kerjakan tes formatif berikut ini. Jika nilai Ibu/Bapakbelum mencapai 7, silakan pelajari kembali materi pada Kegiatan Belajar 2 ini, dan kerjakan lagi tes ini.
Selamat mengerjakan.
Apabila ada materi yang belum Ibu/Bapak pahami, silakan mengajukan pertanyaan di forum ini. Apabila ada teman yang bertanya dan Ibu/Bapakbisa menjawab, silakan jawab pertanyaan teman Ibu/Bapak.
- TUGAS AKHIR
TUGAS AKHIR
Ibu/Bapak telah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1 dan 2. Untuk mengukur pemahaman Ibu/Bapak, kerjakan tugas berikut ini.
- TES SUMATIF
TES SUMATIF
Selamat. Ibu/Bapak sudah mempelajari materi pada Kegiatan Belajar 1 dan 2. Sekarang, silakan ibu/bapak kerjakan tes sumatif berikut ini.
Persiapkan diri untuk mengerjakan tes sumatif ini. Ibu/Bapak hanya diberi kesempatan 1 kali untuk mengerjakan tes sumatif ini (tidak bisa dikerjakan ulang). Waktu untuk mengerjakan tes ini adalah 60 menit.
Selamat mengerjakan. Semoga sukses.