Topic outline

  • M1 KEGIATAN BELAJAR 1. Mekanika Teknik dan Elemen Mesin

    Anda sudah membaca petunjuk belajar pada kegiatan belajar ini? Ya, berarti Anda sudah siap mempelajari Kegiatan Belajar 1, yaitu mekanika teknik dan elemen mesin. Tahukah kamu bahwa komponen yang ada di sepeda motor Anda seperti gear, sprocket, puley untuk motor matik dirancang sedemikian rupa agar dapat bekerja secara aman. Ternyata semua ada perencanaan dan perhitungannya lo. Marilah kita pelajari bersama-sama.

    Untuk analisis mekanika dan elemen mesin sebagai langkah awal, Anda sebaiknya belajar tentang perhitungan gaya aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan dan selanjutnya mengaplikasikan macam elemen mesin berdasarkan fungsinya (poros, ulir, pulley dan belt, rantai sprocket).

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • M1 KEGIATAN BELAJAR 2: Bahan Teknik

    Halo, kita bertemu lagi di Kegiatan Belajar 2: Bahan Teknik.

    Anda pasti sudah menyelesaikan tes dan tugas formatif pada Kegiatan Belajar 1 dengan hasil yang sangat memuaskan. Tahukah bahan logam di sekitar Anda mempunyai sifat berbeda-beda. Cek ujung-ujung gigi sprocket anda atau roda gigi di motor anda, pasti lebih keras. Ternyata benda – benda tersebut mengalami proses yang lama seperti pengujian bahan teknik dan perlakuan panas. Pada kegiatan 2 kita akan belajar yaitu mampu menganalisis hasil uji bahan teknik (tegangan, regangan, kekerasan, struktur mikro), mampu membandingkan  sifat  logam,  non  logam, komposit, mampu menganalisis hasil perlakuan panas dan mampu menganalisis hasil uji material logam (kekerasan, tarik, tekan).

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • M1 KEGIATAN BELAJAR 3: Metrologi Industri

    Salam semangat! Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan tes dan tugas formatif pada Kegiatan Belajar 2 dengan baik.

    Benda-benda hasil proses manufaktur mengalami proses berbeda dalam pembentukannya, ada yang menggunakan mesin bubut, mesin frais dan mesin-mesin yang lain. Untuk menjamin ukuran, ternyata dalam prosesnya diukur menggunakan peralatan presisi. Nah, dalam Kegiatan Belajar 3 ini, kita akan belajar mengenai penggunakan alat pengukuran presisi.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • KEGIATAN BELAJAR 4: Kerja Bangku

    Salam. Bagaimana kabar Anda? Ayo tetep semangat ya! Saat ini Anda sudah sampai pada Kegiatan Belajar 4, yaitu kegiatan belajar terakhir dari modul ini.

    Dalam Kegiatan Belajar 4 ini, kita akan belajar tentang proses pemesinan yang paling dasar yaitu kerja bangku. Meskipun dikenal sebagai proses paling konvensional akan tetapi kerja bangku masih eksis dan dalam beberapa kasus digunakan untuk melihat keteknikan seseorang lo. Dalam Kegiatan Belajar 4 ini, kita akan mempelajari pemilihan dan penggunakan perkakas tangan yang tepat sesuai jenis pekerjaannya.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • TUGAS AKHIR

  • TES SUMATIF