Topic outline

  • M2 KEGIATAN BELAJAR 1: Pemesinan Bubut

    Saya tahu Anda sangat bersemangat untuk mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini. Namun, apakah Anda sudah membaca pendahuluan? Jika belum, bacalah terlebih dahulu, jika sudah mari Kita lanjutkan kegiatan belajar Kita hari ini.

    Tentu anda tahu roda pada mobil, sepeda motor atau sepeda. Ya, semua itu berputar pada sebuah poros, yaitu komponen berbentuk silinder yang terbuat dari logam. komponen-komponen itu dibuat dengan proses pemesinan bubut. Tidak hanya poros, komponen-komponen lain yang memepunyai bentuk-bentuk siliider juga dibuat dengan cara yang sama.

    Saya yakin Anda sudah tidak sabar ingin memulai Kegiatan Belajar 1. Cermati target belajar Kita pada capaian pembelajaran.

    Materi pokok yang akan dibahas pada kegiatan belajar 1 ini adalah: Bagian-bagian utama mesin bubut, peralatan bantu pembubutan, alat potong, Penentuan parameter pemotongan (kecepatan putar mesin, kecepatan pemakanan, kedalaman potong), Macam-macam pekerjaan pembubutan, konsep toleransi pada teknik pemesinan bubut, pemeriksaan hasil kerja pembubutan pada aspek ukuran, bentuk dan tingkat kekasaran permukaan.

  • M2 KEGIATAN BELAJAR 2: Pemesinan Frais

    Selamat berjumpa lagi di kegiatan belajar 2. Sudahkah Anda menyelesaikan kegiatan belajar 1? Sudahkah Anda menyelesaikan tes formatif dan tugas formatif pada kegiatan belajar 1? Jika sudah, mari Kita lanjutkan mempelajari kegiatan belajar 2. Ayo semangat!

    Pada pemesinan bubut anda telah mempelajari proses penyataan logam dengan memutar benda kerja. Nah, pada kegiatan belajar 2 ini Anda akan belajar proses penyatan logam dengan memutar alat potong.

    Materi pada kegiatan belajar ini adalah: Pengertian umum dan metode penyayatan pada pemesinan frais, alat kelengkapan mesin frais yang meliputi berbagai alat penjepit benda kerja dan penjepit pisau frais, jenis-jenis pisau frais beserta fungsinya,  parameter proses pemesinan frais,  berbagai macam pekerjaan dalam proses pemesinan frais  yang meliputi pembuatan: bidang rata, bertingkat, bidang miring, alur, drilling, boring, dan pembuatan berbagai roda gigi.

    Mari Kita mulai belajar. Jangan lupa perhatikan target belajar Kita pada capaian pembelajaran.

  • M2 KEGIATAN BELAJAR 3: Pemesinan Gerinda

    Bagaimana kabar Anda hari ini? Saya yakin Anda masih bersemangat!. Anda dapat melanjutkan pelajaran jika telah menyelesaikan tes dan tugas formatif pada kegiatan belajar 2. Saya yakin Anda menyelesaikannya denan baik. Jadi mari kita lanjutkan dengan kegiatan belajar 3. 

    Pemesinan gerinda merupakan proses penyelesaian akhir untuk memperoleh kehalusan permukaan tertentu atau untuk mencapai batas toleransi ukuran yang sesuai. Sudah siapkah Anda mempelajarinya? Perhatikan dahulu target belajar Kita pada capaian pembelajaran agar kegiatan belajar lebih terarah.

    Nah, mari Kita pelajari berama.

  • M2 KEGIATAN BELAJAR 4: Pemesinan CNC

    Apa kabar Anda hari ini? Saya yakin Anda telah menyelesaikan tes dan tugas formatif pada keguatan belajar 3 dengan hasil yang memuaskan. Jadi hari ini Anda telah siap mempelajari pemesinan CNC.

    Anda tentu mengetahui bahwa proses pemesinan dapat dilakukan secara otomaits dengan bantuan komputer. Ini memudahkan Anda mengerjakan proses yang sama secara berulang-ulang tanpa banyak melakukan setting benda kerja maupun alat potong. Anda akan belajar membuat program dan mencermati aplikasi program terebut pada proses pemesinan.

    Baiklah, mari Kita pelajari pemesinan CNC ini. Semangat!

    Agar kegiatan belajar lebih fokus, perhatikan target belajar Kita pada capaian pembelajaran.

  • TUGAS AKHIR

    Tugas berikut ini bertujuan untuk memperdalam materi pada modul Teknik Pemesinan secara keseluruhan. Cermati dengan seksama perintah pada tugas yang diberikan kemudian jawablah dengan penjelasan singkat dan tepat. Hasil pengerjaan tugas silahkan diunggah ke media daring ini dalam format pdf (maksimal 5 MB).

    Tugas dapat dikerjakan secara mandiri. Anda diperbolehkan untuk membuka materi lagi, membaca dari buku referensi, membuka akses internet, dan menggunakan kalkulator jika diperlukan. 

  • TES SUMATIF