Topic outline

  • M3 KEGIATAN BELAJAR 1: SISTEM PROYEKSI

    Baiklah, kita akan mulai dengan Kegiatan Belajar yang Pertama (KB1). Namun sebelumnya, ada baiknya anda membaca Petunjuk Belajar yang ada pada bagian Pendahuluan. Jika kita melihat Peta Konsep Modul, maka kita berada pada langkah awal yang bertujuan supaya setelah mempelajari KB1 ini, kita dapat membaca dan membuat gambar proyeksi. Kemudian hasil belajar kita ini nanti digunakan untuk mencapai tujuan pada KB selanjutnya.

  • M3 KEGIATAN BELAJAR 2: TOLERANSI LINIER DAN GEOMETRIK

    Selamat datang kembali. Anda sudah menguasai materi Gambar Proyeksi pada Kegiatan 1? Jika anda mampu mengerjakan Tugas KB1 dan tes formatif anda melewati KKM 7, berarti anda telah menuntaskan KB1. Selamat!Namun Jika belum, anda tetap dapat mempelajari KB2 ini hingga selesai (bisa dilihat kembali dalam Peta Konsep-nya).

    Pada KB2 ini kita akan mempelajari Toleransi Linier dan Geometrik. Tentunya anda sudah mengetahui bahwa tiap-tiap komponen mesin itu berpasangan satu dengan yang lain. Supaya dapat berpasangan dengan baik, maka diperlukan adanya toleransi yang menjamin apabila masih dalam batas-batas toleransi-nya, maka fungsi pasangan tersebut dapat terpenuhi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, marilah kita pelajari materi yang telah disediakan, satu demi satu.

  • M3 KEGIATAN BELAJAR 3: GAMBAR KERJA

    Salam, bagaimana kabar Anda saat ini, baik-baik kan? Anda sudah sampai pada KB3, yang artinya Anda sudah menyelesaikan separuh dari Kegiatan belajar pada modul 3 ini. Tetap semangat ya!

    Yang akan anda pelajari pada KB3 adalah tentang gambar kerja komponen tunggal dan rakitan. Jika ide atau produk yang anda rancang akan dibuat dan diproduksi, maka gambar kerja ini wajib disertakan. Karena di sana tercantum semua spesifikasi, cara membuat, toleransi yang diperbolehkan, dan seterusnya. Anda tidak dapat bekerja jika tanpa pedoman bukan? Nah gambar kerja ini dapat dianalogikan sebagai pedoman dari pembuatan suatu produk.

    Mari kita mulai belajar dengan materi pertama

  • M3 KEGIATAN BELAJAR 4: DASAR-DASAR CAD

    Semangat ya! Akhirnya, kita sampai pada KB4, kegiatan belajar terakhir dari modul 3 ini. Materi yang sudah anda kuasai dari KB1 sampai KB3 akan sangat membantu dalam memahami materi yang ada di KB4. Di sini kita akan melihat cara lain dalam mengkomunikasikan dan mendokumentasikan gambar, dengan mempelajari Dasar-dasar Computer Aided Design (CAD). Apabila anda mampu membuat gambar teknik secara manual dengan tangan, alat gambar dan kertas, bayangkan seberapa cepat anda dapat membuat gambar tersebut apabila menggunakan bantuan komputer! Anda tentu tidak sabar untuk mengetahuinya, bukan? Mari kita mulai dengan mempelajari materi 1 dan seterusnya ya.