Topic outline

  • M4 KEGIATAN BELAJAR 1: Dasar-Dasar Pengelasan

    Anda sudah membaca petunjuk belajar pada Modul ini? Baiklah, berarti Anda sudah siap mempelajari kegiatan belajar 1, yaitu Dasar-Dasar Pengelasan. Perhatikan konstruksi atap di sebuah stadion atau rangka suatu alat. Anda akan melihat konstruksi tersebut dibuat dari baja profil yang dirangkai dengan cara sambungan las.

    Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya belajar tentang Dasar-dasar pengelasan sebagai pondasi untuk mempelajari Teknik Pengelasan lebih lanjut.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar Kita.

  • M4 KEGIATAN BELAJAR 2: Metalurgi Las

    Halo, Kita bertemu lagi di kegiatan belajar 2, Metalurgi Las. Anda pasti sudah menyelesaikan tes dan tugas formatif pada kegiatan belajar 1 dengan hasil yang memuaskan.

    Anda pasti pernah melihat proses pengelasan untuk menyambung dua benda dari baja atau logam lainnya. Ya, Anda pasti tahu bahwa disitu terjadi peristiwa pencarian logam. Itu berarti berkaitan dengan sifat-sifat metalurgi logam. Pada proses pengelasan, Metalurgi Las penting Anda pelajari karena menentukan kualitas dan kekuatan  sambungan las. Baiklah, Kita akan mempelajarinya di kegiatan belajar 2 ini.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar Kita.

  • M4 KEGIATAN BELAJAR 3: Prosedur Pengelasan

    Salam semangat! Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan tes dan tugas formatif pada keiatan belajar 2 dengan baik.

    Sebagai kelanjutan dari kegiatan belajar 1, Anda perlu mempelajari Prosedur Pengelasan. Ini penting agar Anda dapat melakukan proses pengelasan dengan benar dan baik. Dengen demikian, Anda akan memperoleh kualitas sambungan las sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan. Baiklah, mari Kita mulai kegiatan belajarnya.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar Kita.

  • M4 KEGIATAN BELAJAR 4: Pemeriksaan dan Pengujian Las

    Salam. Bagaimana kabar Anda? Ayo tetep semangat ya! Saat ini Anda sudah sampai pada kegiatan belajar 4, yaitu kegiatan belajar tentang Pemeriksaan dan Pengujian Las.

    Pada keiatan belajar sebelumnya, Kita tela mempelajari Metalurgi Las dan Prosedur Pengelasan sehingga Kita dapat membuat sambunan las dengan kualita yang sesuai standar yang ada. Tentunya Anda bertanya, bagaimana cara menentukan kualitas suatu sambungan las dikategorikan baik atau buruk? Nah, pada kegiatan belajaar 4 ini, Kita mempelaharinya melalui Pemeriksaan dan Pengujian Las. Anda siap? Mari Kita mulai.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar Kita.

  • TUGAS AKHIR

  • TES SUMATIF