Topic outline

  • M5 KEGIATAN BELAJAR 1: Pengecoran Logam

    Anda sudah membaca petunjuk belajar pada kegiatan belajar ini? Ya, berarti Anda sudah siap mempelajari kegiatan belajar 1, yaitu pengecoran logam. Pernahkah Anda melihat velg sepeda motor atau velg mobil yang dibuat dari paduan aluminium? Ya, produk itu dibuat dengan teknik pengecoran.

    Untuk membuat produk dengan teknik pengecoran, sebagai langkah awal, Anda sebaiknya belajar tentang pola, cetakan pasir, melebur dan menuang logam cair dan analisis cacat pada produk-produk yang dibuat denan teknik pengecoran.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • M5 KEGIATAN BELAJAR 2: Pembentukan Logam

    Halo, Kita bertemu lagi di kegiatan belajar 2, Pembentukan Logam. Anda pasti sudah menyelesaikan tes dan tugas formatif pada kegiatan belajar 1 dengan hasil yang sangat memuaskan. Dalam kegiatan sehari-hari, pasti Anda pernah menggunakan peralatan-peralatan seperti panci dari logam, rel korden, kunci pas, kunci ring, dan sebagainya. Semua itu dibuat dari logam dibentuk melalui berbagai macam cara. Teknik pembuatan logam itu antara lain: penempaan, pengerolan, drawing, punching, ekstrusi, dan sebagainya. Baiklah, Kita akan mempelajarinya di kegiatan belajar 2 ini.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • M5 KEGIATAN BELAJAR 3: Peralatan Fabrikasi Ringan

    Salam semangat! Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan tes dan tugas formatif pada keiatan belajar 2 dengan baik.

    Saya yakin Anda pasti telah mengenal bermacam-macam peralatan ringan seperti: tang, catut, kunci pas, obeng, bahkan peralatan fabrikasai ringan dengan tenaga listrik seperti bor dan gerinda tangan. Kita akan mempelajari macam-macam dan jenis peralatan tersebut sehingga dapat menerapkan dan menggunakan dengan benar dan tepat. Baik, mari Kita mulai kegiatan belajarnya.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • M5 KEGIATAN BELAJAR 4: Penyambungan Pelat

    Salam. Bagaimana kabar Anda? Ayo tetep semangat ya! Saat ini Anda sudah sampai pada kegiatan belajar 4, yaitu kegiatan belajar terakhir dari modul ini.

    Anda sering menemukan komponen atau produk yang dibuat dari pelat logam seperti: pintu mobil, almari dari pelat baja, bodi kulkas, rolling door, dan sebagainya. Semuanya dibuat dari pelat yang dibuat dengan teknik lipatan dan tekukan, paku keeling, mur-baut, dan las titik. Jadi, mari Kita mempelajari teknik-teknik penyambungan pelat tersebut.

    Ingat, perhatikan capaian pembelajaran sebagai arah kegiatan belajar kita.

  • TUGAS AKHIR

  • TES SUMATIF