Topic outline

  • General

    Dr. Andi Sukainah, S.TP., M.Si.

    Pengajar Pada Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

     


    SELAMAT DATANG DI MODUL PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

    Modul ini berisikan tentang materi merencanakan kegiatan usaha pengolahan, strategi pengembangan produk, mengkoordinasikan kegiatan usaha dan evaluasi hasil usaha untuk produk hasil pertanian.Diharapkan dengan mempelajari modul ini calon guru dapat mengaplikasikan kepada siswanya.

    Untuk memperlajari materi produk kreatif dan kewirausahaan tidak ada persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh peserta, namun untuk mempelajari  perencanaan usaha produk olahan hasil pertanian diharapkan pererta telah memahami prinsip dasar dalam perhitungan laba dan rugi. Materi ini sangat relevan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan, karena diharapkan lulusan  SMK  mampu mengaplikasikan di bidang usaha kreatif.

    Petunjuk Belajar

    1. Modul Produk kreatif dan kewirausahaan untuk calon guru pada kuliah PPG dalam jabatan ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yaitu merencanakan kegiatan usaha pengolahan, Strategi pengembangan produk, mengkoordinasikan kegiatan usaha dan evaluasi hasil usaha.
    2. Mulailah belajar dengan kompetensi dasar yang pertama dan seterusnya
    3. Apabila anda merasa belum berhasil dan atau hasil penilaian tes akhir masih kurang dari 70, pelajari kembali materi yang merasa masih kurang.

  • KEGIATAN BELAJAR 1: MERENCANAKAN KEGIATAN USAHA PENGOLAHAN

    Modul ini berisikan tentang materi merencanakan kegiatan usaha pengolahan, strategi pengembangan produk. Diharapkan dengan mempelajari modul ini peserta dapat mengaplikasikan kepada siswanya.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan 

    Peserta  mampu menjelaskan cara-cara perusahaan menemukan dan mengembangkan ide produk baru 

    1. Calon guru mampu menjelaskan konsep dasar kewirausahaan
    2. Calon guru mampu menjelaskan pencarian dan menyaring ide produk
    3. Calon guru  mampu menjelaskan analisis bisnis
    4. Calon guru menjelaskan pengembangan produk
    5. Calon guru menjelaskan uji coba dan seleksi strategi pemasaran

    Pokok-Pokok Materi 

    1. Cara Perusahaan Menemukan dan Mengembangkan Ide Produk Baru 
    2. Langkah-Langkah dalam Proses Pengembangan Produk Baru 
    3. Mengatur Pengembangan Produk Baru 
    4. Strategi Siklus Hidup Produk 
    5. Strategi Pemasaran Berubah Selama Siklus Hidup Produk 
    6. Pertimbangan Tambahan Produk dan Jasa

  • KEGIATAN BELAJAR 2: STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU DAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK BARU

    Modul strategi pengembangan produk baru dan proses pengembangan produk baru ini membahas pokok materi cara perusahaan menemukan dan mengembangkan ide produk baru, langkah-langkah dalam proses pengembangan produk baru dan indikator keberhasilan usaha

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Peserta  mampu menjelaskan cara-cara perusahaan menemukan dan mengembangkan ide produk baru
    2. Peserta  mampu menjelaskan langkah-langkah dalam proses pengembangan produk baru
    3. Peserta mampu menjelaskan pengaturan pengembangan produk baru
    4. Peserta  mampu menjelaskan strategi siklus hidup produk
    5. Peserta  mampu menjelaskan strategi pemasaran berubah selama siklus hidup produk
    6. Peserta  mampu menjelaskan pertimbangan tambahan produk dan jasa

    Pokok-Pokok Materi

    1. Cara Perusahaan Menemukan dan Mengembangkan Ide Produk Baru
    2. Langkah-Langkah dalam Proses Pengembangan Produk Baru
    3. Mengatur Pengembangan Produk Baru
    4. Strategi Siklus Hidup Produk
    5. Strategi Pemasaran Berubah Selama Siklus Hidup Produk
    6. Pertimbangan Tambahan Produk dan Jasa
  • KEGIATAN BELAJAR 3: MENGKOORDINASIKAN KEGIATAN USAHA

    Modul ini berisikan tentang materi mengkoordinasikan kegiatan usaha. Diharapkan dengan mempelajari modul ini calon guru dapat mengaplikasikan kepada siswanya sehingga dapat mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dalammenjalankan sebuah usaha

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Peserta mampu menjelaskan organisasi sarana dan prasarana yang digunakan pada kegiatan usaha
    2. Peserta  mampu menjelaskan sarana dan prasarana
    3. Peserta mampu menjelaskan proses produksi

    Pokok-Pokok Materi

    1. Organisasi sarana dan prasarana yang digunakan pada kegiatan usaha
    2. Sarana dan Prasarana
    3. Proses Produksi
  • KEGIATAN BELAJAR 4: EVALUASI HASIL USAHA

    Modul ini berisikan tentang materi evaluasi hasil usaha dan promosi. Diharapkan dengan mempelajari modul ini calon guru dapat mengaplikasikan kepada siswanya sehingga dapat mengevalusi kegiatan-kegiatan dan mempromosikan usahanya.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Peserta  mampu menjelaskan tujuan evaluasi usaha
    2. Peserta mampu menjelaskan tahap-tahap evaluasi kelayakan usaha
    3. Peserta  mampu menjelaskan monitoring dan evaluasi usaha
    4. Peserta  mampu menjelaskan waktu melakukan evaluasi usaha

    Pokok-Pokok Materi

    1. Tujuan evaluasi usaha
    2. Tahap-tahap evaluasi kelayakan usaha
    3. Monitoring dan evaluasi usaha
    4. Waktu melakukan evaluasi usaha

  • TES SUMATIF MODUL 6

    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan kegiatan belajar 1-4. Untuk mengukur pemahaman Anda, silakan mengerjakan tes sumatif berikut ini.

  • TUGAS AKHIR M6

    Sebagai pelengkap modul ini silahkan mengerjakan tugas akhir sebagai berikut,

    Buatlah makalah lengkap dari hasil analisis terhadap produk baru yang telah di amati perkembangan siklus hidup produknya  (Product life cycle

    • DAFTAR PUSTAKA MODUL 6

      Azwar. S.1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Pustaka Pelajar; Depkes RI. 2002. Modul Dasar Penyuluhan. 

       

      Budi, 2016. Pengertian Siklus Hidup Produk. https://ilmumanajemenindustri.com /pengertian-siklus-hidup.[18/06/2016].

       

      Dagun M.S, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta, 2006.

       

      Dan & Bradstreet. (1993). Strategy plan and business plan. New York: Prentice Hall Inc.

       

      Ghafar A, 2013. Konsep Dasar Kewirausahaan. http://mrblack-manis. blogspot. co.id/ prakarya -dan-kewirausahaan.html[06/12/2013].

      Insani A., Endang C., dan Maria D., 2016. Analisis Kelayakan Pembukuan Toko Kue Di Margonda Depok Ditinjau dari Aspek Pasar, aspek Teknis, dan Aspek Keuangan.e-proceeding of Engineering Vol.3,No.2.

       

      Kotler P and K. L. Keller, 2012. Marketing Management, 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.

      Murdjianto     dan    Aliaras    Wahid,    2006.  Membangun  Karakter               Dan Kepribadian Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

       

      Sofyan, I. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

      Umar, H. 2003. Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisa Kelayakan Rencana Bisnis Secara Komprehensif.   Edisi 3. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

       

      Widi W., 2015. Kewirausahaan II: Evaluasi Usaha. Pusat Bahan Ajar dan Elearning.