Topic outline

  • PENDAHULUAN

    Modul 1 ATP


    AGRIBISNIS TANAMAN
    MODUL 1: Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS

    Dosen: Prof. Dr. Patang, M.Si

     

    SELAMAT DATANG

     

        Perkenalkan saya Prof. Dr. Patang, M.Si

        Saya bekerja sebagai PNS dosen dengan jabatan fungsional Profesor pada

        Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

    Perlu saya sampaikan bahwa pada Mata Kegiatan ini, kita akan membahas tentang : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

    Rasional dan Deskripsi Singkat

    Dalam modul tentang agribisnis tanaman pangan dan hortikultura ini berisi persyaratan tumbuh, penyiapan lahan, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan pasca panen. Semua ilmu ini sangat penting bagi seorang yang akan bergelut di dunia agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

    Seorang guru atau seorang siswa akan mengalami kesulitan dalam pengembangan tanaman pangan dan hortikultura, jika dasar pengetahuan ini tidak didalami, dan di dalam modul ini semua tersaji, baik teori, gambar maupun video uang memudahkan pembaca memahami modul ini.

    Relevansi

    Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

    Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Kegiatan budidaya merupakan inti (core) agribisnis, meskipun suatu perusahaan agribisnis tidak harus melakukan sendiri kegiatan ini. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten, dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

    Dalam perkembangan masa kini agribisnis tidak hanya mencakup kepada industri makanan saja karena pemanfaatan produk pertanian telah berkaitan erat dengan farmasi, teknologi bahan, dan penyediaan energi. Ilmu tentang agribisnis tanaman pangan dan hortikultura menjadi ilmu yang sagat dibutuhkan dalam dunia kerja, khsusnya alumni SMK bidang pertanian.

    Petunjuk Belajar

    Dalam modul tentang agribisnis tanaman pangan dan hortikultura ini berisi persyaratan tumbuh, penyiapan lahan, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan pasca panen. Semua ilmu ini sangat penting bagi seorang yang akan bergelut di dunia agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

    Untuk lebih memperjelas pemahaman tentang Materi Kegiatan ini, maka selain materi bahan bacaan, materi juga berisi video, PPT, tugas, tes formatif dan sumatif, Mata kegiatan ini terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB), sesuai dengan pendalaman materi kegiatan pada 4 mata kegiatan yaitu: KB 1 persyaratan tumbuh dan penyiapan lahan tanaman pangan dan hortikultura, KB 2 penanaman tanaman pangan dan hortikultura, KB  3 Pemeliharaan tanaman pangan, dan KB 4 panen dan pasca panen. Pada  setiap  KB,  berisi kegiatan membaca materi, melihat video, PPT, mengerjakan tugas dan mengerjakan tes formatif dan tes sumatif.

    Jawablah semua soal formatif dan sumatif pada setiap Kegiatan Belajar, kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban dan nilai hasilnya. Apabila Anda mendapatkan hasil 80% ke atas, maka Anda dinyatakan lulus dan silahkan melanjutkan ke Kegiatan Belajar selanjutnya, tetapi apabila mendapatkan nilai kurang dari 80%, maka Anda diminta membaca dan memahami isi modul kembali dan menjawab soal formatif dan atau sumatif lagi sampai mencapai nilai minimal 80%. Mulailah kegiatan dengan KB 1 dan seterusnya.

    Peta Kompetesi

  • KEGIATAN BELAJAR 1: PERSYARATAN TUMBUH DAN PENYIAPAN LAHAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang persyaratan tumbuh tanaman pangan dan hortikultura. Dalam mempelajari materi ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan karena dalam modul ini telah dilengkapi dengan uraian materi secara sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, materi ini dilengkapi dengan gambar, video, PPT, rangkuman, serta contoh soal dan jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap materi ini. Uraian materi terdiri atas persyaratan tumbuh dan persiapan lahan tanaman pangan dan hortikultura. Untuk jelasnya, Anda dapat mengikuti dan mempelajari uraian materi dibawah ini secara seksama.

    Dalam kegiatan belajar ini akan dibahas tentang persyaratan tumbuh, persyaratan lahan dan  pengolahan lahan tanaman pangan dan hortikultura, sehingga seteleh mempelajari materi ini Anda akan dapat menjelaskan syarat-syarat tumbuh tanaman pangan dan hortikultura dari aspek genetik dan aspek lingkungan, persyaratan lahan tanaman pangan terutama yang terkait dengan aspek lahan basah maupun lahan kering serta dapat menjelaskan cara pengolahan lahan pada budidaya tanaman pangan dan hortikultura baik secara sederhana maupun dengan menggunakan mesin pertanian.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat menjelaskan persyaratan tumbuh dan melakukan penyiapan lahan tanaman pangan dan hortikultura yang meliputi:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan  persyaratan tumbuh tanaman pangan dan hortikultura
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengarugi pertumbuhan tanaman pangan dan hortikultura
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan cara-cara penyiapan lahan tanaman pangan dan hortikultura


    Pokok-Pokok Materi

    Pokok Materi KB 1

  • KEGIATAN BELAJAR 2: PENANAMAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

    Dalam kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang penanaman tanaman pangan dan hortikultura. Dalam mempelajari materi ini, Anda akan dimudahkan dengan materi yang disajikan secara sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, dalam materi ini dilengkapi dengan gambar, video, PPT, dan rangkuman, sehingga Anda akan semakin mudah dalam memahami materi ini. Selanjutnya, dibagian akhir materi ini akan disajikan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi ini. Jika jawaban Anda belum memuaskan, maka Anda dapat kembali mempejari materi atau menambah pengetahuan Anda dengan materi dari sumber lain. Dengan demikian, Anda akan yakin bahwa Anda benar-benar telah memahami dan menguasai isi materi pada kegiatan belajar ini. Pada kegiatan belajar ini akan berisi tentang perencanaan, persiapan sarana produksi, teknik pengolahan lahan baik secara sederhana maupun dengan menggunakan alat mesin, serta cara penanaman pada tanaman pangan dan hortikultura. Untuk jelasnya, Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Dalam kegiatan belajar ini akan dibahas tentang perencanaan, persiapan sarana dan prasarana, pengolahan lahan, sampai pada penanaman tanaman pangan dan hortikultura, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda akan dapat melakukan perencanaan budidaya, menjelaskan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan budidaya, dapat melakukan pengolahan lahan dengan cara sederhana maupun dengan menggunakan traktor, serta dapat mengaplikasikan cara budidaya tanaman pangan seperti tanaman biji-bijian sebagai contoh tanaman kedelai, jagung, dan kacang tanah, tanaman serealia seperti tanaman padi dan sorgun, tanaman umbi-umbian seperti kentang, singkong dan ubi jalar serta tanaman hortikultura seperti tanaman buah, tanaman obat-obatan, sayuran serta tanaman hias dengan baik dan benar.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan penanaman tanaman pangan dan hortikultura dengan baik dan benar yang meliputi:

    • Mahasiswa dapat membuat perencanaan, persiapan sarana produksi, pengolahan lahan, dan penanaman tanaman pangan dan hortikultura.
    • Mahasiswa dapat melakukan penanaman tanaman pangan dan hortikultura dengan baik dan benar


    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN BELAJAR 3: PEMELIHARAAN TANAMAN

    Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang hama dan penyakit, pengendalian gulma, pengairan tanaman serta pemupukan. Materi ini sangat penting untuk dipelajari dalam melakukan budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir dalam mempelajarinya, karena dalam materi ini disajikan dalam bentuk materi yang mudah dipahami serta telah dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman sehingga Anda dapat dengan mudah mempelajarinya. Selanjutnya, untuk menilai kemajuan belajar Anda, maka materi ini juga dilengkapi dengan soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

    Uraian dalam bentuk gambar seperti gambar hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pangan dan hortikultura serta cara pengendaliannya yang disajikan dalam bentuk gambar maupun video sehingga Anda akan sangat mudah untuk mempelajarinya. Demikian pula dengan materi yang kaitannya dengan kebutuhan pengairan untuk tanaman pangan, semuanya tersaji dalam materi ini, termasuk cara-cara perhitungannya. Dalam kegiatan belajar ini, juga disajikan berbagai macam pupuk serta cara penggunaannya yang disajikan dalam bentuk gambar maupun video untuk lebih memudahkan Anda dalam mempelajarinya. Untuk jelasnya, Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang secara lengkap dalam uraian materi dibawah ini. 

    Kegiatan belajar ini akan membahas tentang pemeliharaan tanaman pangan dan hortikultura seperti pengendalian hama dan penyakit, pengendalian gulma serta cara mengairi tanaman khususnya tanaman pangan, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda akan dapat melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman pangan dan hortikultura baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan, pengelolaan tanah yang baik untuk menekan pengembangan gulma, cara sanitasi lahan untuk menekan perkembangan penyakit, dan pemupukan yang berimbang. Demikian pula dalam pengendalian gulma, pada tanaman hortikultura, Anda dapat melakukan pengendalian gulma dengan metod alami maupun dengan obat-obatan. Berbagai teknik pengendalian gulma tanaman pangan berdasarkan jenis gulmanya, serta Anda dapat melakukan pengairan tanaman khususnya tanaman pangan sesuai dengan kebutuhan tanaman serta waktu yang dibutuhkan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan pemeliharaan tanaman pangan dan hortikultura yang meliputi:

    • Mahasiswa dapat melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman pangan dan 
    • Mahasiswa dapat melakukan pengendalian gulma pada tanaman pangan dan 
    • Mahasiswa dapat melakukan pengairan pada tanaman 
    • Mahasiswa dapat melakukan pemupukan pada tanaman pangan dan hortikultura


    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN PEMBELAJARAN 4: PANEN DAN PASCA PANENTANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

    Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang panen dan pasca panen. Seperti kita ketahui bersama bahwa begitu banyak kerugian yang sering seseorang alami hanya karena ketidakcermatan dalam melakukan proses panen dan pasca panen pada tanaman pangan dan hortikultura. Untuk mempelajari materi ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan, karena dalam materi ini telah dilengkapi uraian materi yang sederhana, mudah dipahami serta dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman. Pada bagian akhir materi juga dilengkapi dengan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap materi ini. Jika jawaban Anda belum memuaskan, maka Anda dapat kembali mempelajari materi ini dengan lalu kembali menjawab pertanyaan soal untuk mengkur tingkat perkembangan pengetahuan Anda terhadap materi ini. Untuk jelasnya, Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang secara lengkap dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini akan membahas tentang panen tanaman pangan dan hortikultura seperti cara mengidentifikasi ciri-ciri tanaman yang siap panen, teknik panen serta penanganan pasca panen, demikian pula dengan analisa usahanya meskipun masih sederhana, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda akan dapat melakukan kegiatan panen pada tanaman yang diawali dengan mengidentifikasi ciri-ciri tanaman yang siap panen berdasarkan perhitungan umur, sifat fisik dan sifat kimia, teknik panen berdasarkan sifat fisik buah, ketinggian tanaman serta sifat khusus lainnya yang dimiliki tanaman. Setelah mempelajari materi ini, Anda juga dapat melakukan pasca panen tanaman seperti sortasi, grading, pengemasan, penyimpanan dan pengangkutan serta dapat melakukan analisa usaha secara sederhana

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan panen dan pasca panen pada tanaman pangan dan hortikultura yang meliputi:

    • Mahasiswa dapat melakukan panen pada tanaman pangan dan hortikultura
    • Mahasiswa dapat melakukan proses pasca panen pada tanaman pangan dan hortikultura


    Pokok-Pokok Materi

  • TUGAS AKHIR DAN SOAL SUMATIF

  • DAFTAR PUSTAKA