Topic outline

  • General

    Modul 2 ATP

     
    AGRIBISNIS TANAMAN
    MODUL 2: Agribisnis Tanaman Perkebunan

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS

    Dosen: Prof. Dr. Patang, M.Si

     

    SELAMAT DATANG

             

    Perkenalkan saya: PATANG

    Saya bekerja sebagai PNS dosen dengan jabatan fungsional Profesor pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

    Perlu saya sampaikan bahwa pada Mata Kegiatan ini, kita akan membahas tentang : Agribisnis Tanaman Perkebunan

    Rasional dan Deskripsi Singkat

    Manajemen Agribisnis Tanaman Perkebunan menurut ahli sebagai suatu proses/tindakan yang menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian dalam pengelolaan kegiatan produksi tanaman perkebunan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Komoditas perkebunan merupakan salah satu andalan bagi pendapatan nasional dan devisa negara Indonesia. Dengan meningkatnya peran sub sektor perkebunan terhadap terhadap perekonomian nasional diharapkan dapat memperkokoh pembangunan perkebunan secara menyeluruh.

    Dalam UU no 39 tahun 2014 tentang perkebunan yang menyatakan bahwa perkebunan adalah segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budidaya, panen, pengelolaan dan pemasaran terkait tanaman perkebunan. Amanat tersebut mengharuskan penyelenggaraan perkebunan ditujukan antara lain : (1) untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat; (2) untuk meningkatkan sumber devisa negara; (3) menyediakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha; (4) untuk meningkatkan produksi, produktivitas, kualitas, nilai tambah, daya saing dan pangsa pasar; (5) untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan konsumsi serta bahan baku industri dalam negeri; (6) untuk memberikan perlindungan pada pelaku usaha perkebunan dan masyarakat; (7) untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya perkebunan secara optimal, bertanggung jawab dan lestari; dan (8) untuk meningkatkan pemanfaatan jasa perkebunan.

    Relevansi

    Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan merupakan program pendidikan pada SMK Pertanian, berisi sekumpulan bahan pembelajaran yang memfokuskan pada keahlian teknis dan manajerial tanaman perkebunan, yang mencakup tanaman perkebunan tahunan.

    Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan secara umum mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dalam modul ini dibahas tentang kompetensi:

    • Memproduksi bibit tanaman perkebunan.
    • Menyiapkan lahan untuk budidaya tanaman perkebunan.
    • Menanam tanaman perkebunan.
    • Merawat dan memelihara tanaman perkebunan.
    • Memanen dan menangani hasil panen.

    Petunjuk Belajar

    Modul ini terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB), sesuai dengan pendalaman materi kegiatan pada 4 mata kegiatan yaitu: KB 1 persyaratan tumbuh dan penyiapan lahan tanaman perkebunan, KB 2 penanaman tanaman penutup tanah dan penanaman tanaman perkebunan, KB  3 pemeliharaan tanaman, dan KB 4 panen dan pasca panen. Pada  setiap  KB,  berisi kegiatan membaca materi, melihat video, PPT, mengerjakan tugas dan mengerjakan tes formatif dan tes sumatif.

    Jawablah semua soal formatif dan sumatif pada setiap Kegiatan Belajar, kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban dan nilai hasilnya. Apabila Anda mendapatkan hasil 80 % ke atas, maka Anda dinyatakan lulus dan silahkan melanjutkan ke Kegiatan Belajar selanjutnya, tetapi apabila mendapatkan nilai kurang dari 80%, maka Anda diminta membaca dan memahami isi modul kembali dan menjawab soal formatif dan atau sumatif lagi sampai mencapai nilai minimal 80%. Mulailah kegiatan dengan KB 1 dan seterusnya.

    Peta Kompetensi

  • KEGIATAN BELAJAR 1: PERSYARATAN TUMBUH DAN PENYIAPAN LAHAN TANAMAN PERKEBUNAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang syarat tumbuh tanaman perkebunan dan penyiapan lahan produksi. Materi ini sangat penting karena dalam membudidaya tanaman perkebunan persyaratan tumbuh tanaman menjadi syarat mutlak, dimana apabila tidak sesuai dengan syarat tumbuh, maka produksi ataupun hasilnya tidak akan maksimal. Demikian pula dalam menyiapkan lahan untuk tanaman perkebunan sangat penting untuk dipahami dan diketahui karena ada beberapa metode dalam melakukan persiapan lahan seperti penyiapan lahan dengan alat sederhana maupun dengan menggunakan mesin-mesin pertanian. Namun, Anda tidak perlu kwatir dalam mempelajari materi ini karena dalam mempelajari materi pada kegiatan belajar ini, uraian materi dilengkapi dengan uraian materi yang sederhana dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman. Pada bagian akhir materi juga dilengkapi dengan soal dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat memantau tingkat pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi ini. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas syarat tumbuh dan persiapan lahan serta penyiapan lahan produksi, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat menjelaskan syarat tumbuh tanaman perkebunan yang terkait dengan energi radiasi, suhu, kelembaban, oksigen, unsur hara dan media perakaran yang didalamnya menyangkut drainase dan aerasi, tekstur tanah, struktur dan konsistensi tanah serta kedalaman efektif. Selain itu, Anda juga dapat melakukan penyiapan lahan produksi yang terkait dengan sistem pengolahan tanah, peralatan yang akan digunakan dalam pengolahan tanah, teknik pembukaan lahan dengan cara manual dan cara mekanis. Disamping itu, melalui pembelajaran pada materi ini, Anda juga dapat menjelaskan faktor-faktor penghambat pengolahan tanah, teknik pengajiran, serta pembuatan lubang pada berbagai tanaman perkebunan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa menjelaskan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan dan melakukan penyiapan lahan tanaman perkebunan

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan
    2. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan lahan tanaman perkebunan

    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN BELAJAR 2: PENANAMAN TANAMAN PENUTUP TANAH DAN PENANAMAN TANAMAN PERKEBUNAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang penanaman tanaman penutup tanah dan penanaman tanaman perkebunan. Kenapa dalam budidaya tanaman perkebunan perlu ditambahkan materi tanaman penutup tanah karena sebagian besar tanaman perkebunan memerlukan tingkat kelembaban tanah yang tinggi tetapi tidak juga menghendaki tanaman tergenang karena jika tergenang, maka tanaman akan kekurangan oksigen dan akibatnya akan mati. Materi ini sangat penting untuk dipelajari dalam melakukan budidaya tanaman perkebunan karena kegagalan dalam melakukan penanaman tanaman, maka akan berakibat fatal pada kelanjutan kehidupan tanaman. Dalam mempelajari materi dalam kegiatan belajar ini, Anda tidak perlu kwuatir karena dalam penyajian materi ini dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman, sehingga Anda dengan mudah dapat menguasai materi ini. Pada bagian akhir materi juga terdapat contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga akan lebih mempermudah bagi Anda untuk memantau tingkat pemahaman, kemajuan dan pengetahuan Anda terhadap materi yang disajikan. Jika Anda belum memperoleh nilai 80% keatas, maka Anda dapat mengulang kembali mempelajari materi pada kegiatan belajar ini. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas jenis-jenis tanaman penutup tanah seperti tanaman merayap, semak dan tanaman penutup tanah berbentuk pohon serta cara penanaman dan pemeliharaannya. Disamping itu melalui pembelajaran materi ini ini Anda dapat melakukan penanaman tanaman perkebunan dengan memperhatikan kriteria bibit yang siap tanam, jarak tanam, lubang tanam dan cara menanam bibit pada berbagai tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kakao, kelapa dan kopi.


    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan penanaman tanaman penutup tanah dan penanaman tanaman perkebunan

    1. Mahasiswa dapat melakukan penanaman tanaman penutup tanah pada tanaman perkebunan
    2. Mahasiswa dapat melakukan penanaman tanaman perkebunan


    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN PEMBELAJARAN 3: PEMELIHARAAN TANAMAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang pemeliharaan tanaman. Dalam proses budidaya tanaman perkebunan, pemeliharaan tanaman seperti pemangkasan, pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit serta pemupukan sangat penting dan berkaitan langsung dengan produksi tanaman. Melalui materi pada kegiatan belajar ini Anda akan dapat menguasai cara pemeliharaan tanaman perkebunan dengan baik. Untuk memudahkan dalam mempelajari materi ini, maka materi dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda terhadap materi juga disajikan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas pemeliharaan tanaman perkebunan yang meliputi pemangkasan tanaman, pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit, dan pemeliharaan kesuburan tanah, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat melakukan pemangkasan tanaman seperti pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan dan pemangkasan produksi, Anda dapat melakukan pengendalian gulma secara mekanik, kimiawi dan biologis, pengendalian hama tanaman yang termasuk dalam kelompok insekta, pengendalian hama dan penyakit dengan kultur teknis seperti pengelolaan tanah, sanitasi, pemupukan berimbang dan irigasi, pengendalian secara hayati melalui pengaturan pola tanam dan pengendalian secara kimia, berbagai jenis penyakit pada tanaman perkebuanan dan pengendaliannya seta pengelolaan kesuburan  tanah dengan mengetahui aspek defisiensi unsur hara mikro tanaman, identifikasi, penerapan pupuk  dan perhitungan kebutuhan pupuk.


    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan pemeliharaan pada tanaman perkebunan

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam pemangkasan serta dapat melakukan pemangkasan pada tanaman perkebunan
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam gulma dan dapat melakukan pengendalian gulma pada tanaman perkebunan
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam hama dan penyakit serta dapat melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman perkebunan
    4. Mahasiswa dapat melakukan pemupukan pada tanaman perkebunan


    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN PEMBELAJARAN 4: PANEN DAN PASCA PANEN TANAMAN PERKEBUNAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang panen dan cara panen. Pengetahuan tentang panen dan pasca panen sangat penting diketahui karena kesalahan dalam melakukan proses panen dan pasca panen dapat berakibat menurunnya produksi maupun nilai produksi tanaman perkebunan. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dalam mempelajari materi ini, maka materi ini dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman. Bahkan dibagian akhir materi, juga dilengkapi dengan contoh soal, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi dalam kegiatan belajar ini. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas panen dan pasca panen pada berbagai tanaman perkebunan seperti tanaman kelapa sawit, karet, kakao, kelapa dan tanaman kopi, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat melakukan panen dan pasca panen pada tanaman perkebunan seperti pengeringan, penyortiran, grading, penyimpanan, pencucian dan pergudangan.


    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat melakukan proses panen dan pasca panen pada tanaman perkebunan

    1. Mahasiswa dapat melakukan panen pada tanaman perkebunan
    2. Mahasiswa dapat melakukan kegiatan pasca panen pada tanaman perkebunan


    Pokok-Pokok Materi

  • TUGAS AKHIR DAN SOAL SUMATIF

  • Daftar Pustaka