Topic outline

  • General

    Modul 6 ATP

    AGRIBISNIS TANAMAN
    MODUL 6: Agribisnis Organik Ekologi
    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS
    Dosen: Prof. Dr. Patang, M.Si

    SELAMAT DATANG

             

    Perkenalkan saya: PATANG

    Saya bekerja sebagai PNS dosen dengan jabatan fungsional Profesor pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

    Perlu saya sampaikan bahwa pada Mata Kegiatan ini, kita akan membahas tentang : Agribisnis Organik Ekologi. 

    Rasional dan Deskripsi Singkat

    Ekologi tanaman adalah ilmu yang mendalami hubungan timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya. Tanaman memperlukan sumberdaya kehidupan dari lingkungannya, dan mempengaruhi lingkungan begitu juga sebaliknya lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

    Faktor luar yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup ini disebut dengan lingkungan. Ekologi Tanaman adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman (tumbuhan yang dibudidayakan) dengan lingkungannya. Lingkungan hiduptanaman dibagi atas dua kelompok yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Dari lingkungan inilah tanaman memperoleh sumberdaya cahaya, hara mineral, dan sebagainya Kekurangan, kelebihan atau ketidakcocokkan akan menyebabkan terjadinya cekaman (stress) pada tanaman. Berdasarkan makna ekologi di atas maka jelaslah bahwa ekologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu biologi. Oleh karenanya Ilmu Biologi sering disebut dengan biologi lingkungan.

    Relevansi

    Pertanian organik harus melestarikan dan menyehatkan tanah, tanaman, hewan, manusia dan bumi sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan. Prinsip ini menunjukkan bahwa kesehatan individu dan komunitas tidak dapat dipisahkan dari kesehatan ekosistem. Tanah yang sehat akan menghasilkan tanaman yang sehat yang akan mendukung kesehatan hewan dan manusia. Kesehatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem kehidupan. Secara khusus pertanian organik dimaksudkan untuk menghasilkan makanan bermutu tinggi dan bergizi yang mendukung pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan. Mengingat hat tersebut maka harus dihindari menggunakan pupuk kimia, pestisida, obat-obatan bagi hewan yang berefek merugikan bagi kesehatan.

    Pertanian organik bertujuan untuk menghasilkan kecukupan ketersediaan pangan maupun produk lain dengan kualitas yang baik. Sumber daya alam dan lingkungan yang digunakan untuk produksi dan konsumsi harus dikelola dengan cara adil secara sosial dan ekologis, dan dipelihara untuk generasi mendatang.

    Pertanian organik harus dikelola secara hati-hati dan bertanggung jawabuntuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang serta lingkungan hidup. Ilmu pengetahuan diperlukan untuk menjamin bahwa pertanian organik menyehatkan, aman dan ramah lingkungan.

    Petunjuk Belajar

    Modul PPG ini terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB), sesuai dengan pendalaman materi kegiatan pada 4 mata kegiatan yaitu: KB 1 ekologi tanaman, KB 2 potensi pertanian organik, KB 3 aplikasi pertanian organik, dan KB 4 Pemanfaatan Limbah Pertanian. Pada  setiap  KB,  berisi kegiatan membaca materi, melihat video, PPT, mengerjakan tugas dan mengerjakan tes formatif dan tes sumatif.

    Jawablah semua soal formatif dan sumatif pada setiap Kegiatan Belajar, kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban dan nilai hasilnya. Apabila Anda mendapatkan hasil 80 % ke atas, maka Anda dinyatakan lulus dan silahkan melanjutkan ke Kegiatan Belajar selanjutnya, tetapi apabila mendapatkan nilai kurang dari 80%, maka Anda diminta membaca dan memahami isi modul kembali dan menjawab soal formatif dan atau sumatif lagi. Mulailah kegiatan dengan KB 1 dan seterusnya.

    Peta Kompetensi 

  • KEGIATAN BELAJAR 1 : EKOLOGI TANAMAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang ekologi tanaman. Secara umum ekologi sebagai salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi atau hubungan pengaruh mempengaruhi dan saling ketergantungan antara organisme dengan lingkungannya baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan makhluk hidup itu. Pengetahuan tentang ekologi menjadi pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui. Kesalahan dalam memahami dan mengaplikasikan ekologi dapat berdampak buruk terhadap kondisi lingkungan. Pengetahuan ini memang cukup rumit dan membutuhkan dasar pengetahuan ekologi, namun Anda tidak perlu ragu maupun kwuatir karena materi dalam kegiatan belajar ini telah disusun sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Disamping itu, untuk lebih memudahkan dalam mempelajari materi ini, maka materi dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda terhadap materi juga disajikan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas ekologi tanaman menurut sinekologi dan autekologi, tingkatan organisasi mahluk hidup, faktor biotic dan abiotik, pelestarian lingkungan, pembangunan berwawasan lingkungan dan pelestarian keanekaragaman hayati, sehingga setelah Anda mempelajari materi ini Anda dapat menjelaskan ekonologi tanaman berdasarkan sinekologi dan autekologi serta dapat melakukan pelestarian ekologi dan lingkungan serta pembangunan berwawasan lingkungan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat menjelaskan ekologi tanaman

    • Ekologi Tanaman
    • Pelestarian Lingkungan
    • Pembangunan berwawasan lingkungan
    • Pelestarian keanekaragaman hayati

    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN BELAJAR 2 : POTENSI PERTANIAN ORGANIK

    Salam jumpa kembali, senang sekali kita dapat berjumpa kembali pada kegiatan belajar ini. Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang potensi pertanian organik. Untuk pertanian organik menuntut agar lahan yang digunakan tidak atau belum tercemar oleh bahan kimia. Kualitas dan luasan menjadi pertimbangan dalam pemilihan lahan. Lahan yang belum tercemar adalah lahan yang diusahakan secara intensif dengan menggunakan bahan pupuk. Namun, Anda tidak perlu kwatir dalam mempelajari materi ini karena dalam mempelajari materi pada kegiatan belajar ini, uraian materi dilengkapi dengan uraian materi yang sederhana dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman. Pada bagian akhir materi juga dilengkapi dengan soal dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat memantau tingkat pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi ini. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini.

    Kegiatan belajar ini membahas pertanian organik, peluang dan potensi pertanian organik di Indonesia serta potensi pertanian organik untuk tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat menjelaskan potensi pertanian organik di Indoensia serta potensi pertanian organik untuk budidaya tanaman pangan, hortikultura serta tanaman perkebunan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat menjelaskan potensi pertanian organik di Indonesia.

    • Mahasiswa dapat menjelaskan peluang pertanian organik di Indonesia
    • Mahasiswa mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
    • Mahasiswa dapat menjelaskan potensi pertanian organik budidaya tanaman pangan dan hortikultura
    • Mahasiswa dapat menjelaskan potensi pertanian organik budidaya tanaman perkebunan

    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN PEMBELAJARAN 3: APLIKASI PERTANIAN ORGANIK

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang aplikasi pertanian organik. Perlu diketahui bahwa seberapun kita mengetahui tentang teori pertanian organik, jika tidak dapat diaplikasikan di lapangan, maka hal ini belumlah memberikan manfaat sesuai yang diharapkan. Materi pada kegiatan belajar ini secara sederhana membahas tentang aplikasi pertanian organik pada budidaya tanaman. Untuk  memudahkan dalam mempelajari materi ini, maka materi dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda terhadap materi juga disajikan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini

    Kegiatan belajar ini membahas aplikasi pertanian organik untuk tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat mengaplikasi pertanian organik pada budidaya tanaman pangan dan hortikultura serta tanaman perkebunan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat menjelaskan aplikasi pertanian organik di Indonesia

    • Mahasiswa dapat menjelaskan aplikasi pertanian organik pada tanaman pangan
    • Mahasiswa dapat menjelaskan aplikasi pertanian organik pada tanaman hortikultura
    • Mahasiswa dapat menjelaskan aplikasi pertanian organik pada tanaman perkebunan

    Pokok-Pokok Materi

  • KEGIATAN PEMBELAJARAN 4: PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN

    Dalam kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang pemanfaatan limbah pertanian untuk digunakan di berbagai keperluan seperti pemanfaatan limbah pertanian sebagai pupuk, pakan ternak, pestisida dan sebagainya. Untuk lebih memudahkan Anda memahami isi materi ini, maka materi dilengkapi dengan gambar, video, PPT dan rangkuman, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda terhadap materi juga disajikan contoh soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga Anda dapat mengukur tingkat pemahaman Anda terhadap isi materi. Anda dapat mempelajari materi pada kegiatan belajar ini seperti yang tertuang dalam uraian materi dibawah ini

    Kegiatan belajar ini membahas pemanfaatan limbah pertanian untuk dijadikan pakan ternak, pupuk dan pestisida, sehingga setelah mempelajari materi ini Anda dapat mengaplikasi pemanfaatan limbah pertanian untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak, pupuk tanaman dan pestisida tanaman yang ramah lingkungan.

    Capaian Kegiatan Belajar

    Mahasiswa dapat menjelaskan pemanfaatan limbah pertanian untuk dimanfaatkan

    • Mahasiswa dapat melakukan pemanfaatan limbah pertanian sebagai pupuk organik
    • Mahasiswa dapat melakukan pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ternak
    • Mahasiswa dapat melakukan pemanfaatan limbah pertanian sebagai bahan pestisida

    Pokok-Pokok Materi

  • TUGAS AKHIR DAN SOAL SUMATIF

  • daftar pustaka