Topic outline

  • PENDAHULUAN

    MODUL HYBRID DALAM JABATAN

    OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN

    SIRAJUDDIN SALEH, S.PD., M.PD

    sirajuddinsaleh@unm.ac.id

    RASIONAL DAN DESKRIPSI SINGKAT 

    Modul ini berjudul “Administrasi Kepegawaian” yang isinya membahas seluk beluk administrasi kepegawaian mulai dari penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian.

    Oleh karena itu, untuk dapat menyelenggarakan pemerintahan yang efektif dan efisien, dibutuhkan administrasi kepegawaian agar Pegawai dapat bekerja secara profesional. Namun, pada kenyataannya, profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud. Penyebab utamanya karena terjadi ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya.

    Istilah administrasi kepegawaian atau personnel administration di Amerika Serikat dipergunakan dalam bidang pemerintahan, sedangkan personnelmanagement dipergunakan dalam bidang bisnis. Di Indonesia, adakecenderungan menggunakan istilah manajemen kepegawaian (personnelmanagement) baik dalam bidang pemerintahan maupun bidang bisnis.

    Felix A. Nigro (1988) mengatakan bahwa personnel administration isthe art of selecting new employees and making use of old ones in such
    manner that the maximum quality and quantity of output and service are
    obtained from the working force (administrasi kepegawaian adalah seni
    memilih pegawai-pegawai baru dan mempekerjakan pegawai-pegawai lama sedemikian rupa sehingga dari pegawai-pegawai itu diperoleh mutu dan jumlah hasil serta pelayanan yang maksimum).

    William E.Mosher dan J. Donald Kingsley (1992) mengemukakan bahwa aktivitas administrasi kepegawaian meliputi: 1) Klasifikasi-yurisdiksi; 2) Klasifikasi-kewajiban; 3) Penarikan tenaga kerja; 4) Seleksi dan sertifikasi; 5) Percobaan; 6) penilaian kecakapan pegawai; 7) Pemindahan; 8) Kenaikan pangkat; 9) Penempatan kembali dalam jabatan lama; 10) Latihan dan pendidikan; 11) Kehadiran, absensi; 12) Pengeluaran pegawai; 13) Disiplin;

    Setelah mempelajari modul ini, diharapkan memahami dan mampu menerapkan menerapkannya didalam kehidupan sehri-sehari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan administrasi kepegawaian.

    RELEVANSI

    1. Peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai ruang lingkup administrasi kepegawaian dan regulasi kepegawaian.
    2. Peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai prosedur Perencanaan, Pengadaan, dan Pengembangan Pegawai
    3. Peserta diharapkan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan wawasan yang luas mengenai Kesejahteraan Pegawai
    4. Peserta diharapkan memiliki pengetahuan mengenai Penilaian Kinerja, Disiplin, dan Pemberhentian Pegawai.

  • This topic

    Kegiatan Pembelajaran I. Administrasi dan Regulasi Kepegawaian

    Pada kegiatan belajar ini, peserta akan diberikan kompetensi tentang Administrasi dan Regulasi Kepegawaian.  Untuk pemenuhan kompetensi tersebut, maka disusun capaian dan sub capaian pembelajaran beserta pokok pokok materi sebagai berikut ini:

    A.  Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mengikuti kegiatan belajar 1, peserta diharapkan mampu:

    1.   Memahami administrasi kepegawaian

    2.   Memahami regulasi kepegawaian

    3.   Memahami sistem administrasi kepegawaian

    B.  Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

            1.   Menjelaskan pengertian administrasi kepegawaian

            2.   Mengelompokkan administrasi kepegawaian

           3.   Menjelaskan regulasi kepegawaian yang berlaku

           4.   Mengklasifikasikan regulasi kepegawaian

           5.   Menjelaskan sistem administrasi kepegawaian

           6.   Mengelompokkan sistem administrasi kepegawaian 

    C.  Pokok-pokok Materi

    1.   Konsep dasar administrasi kepegawaian

    2.   Regulasi kepegawaian

    3.   Sistem administrasi kepegawaian

    4. Sistem kepegawaian di Indonesia

    Adapun kerangka konsep materi kegiatan belajar1 sebagai berikut:
     

     

    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 1, peserta diharapkan mampu:

    1.   Memahami administrasi kepegawaian

    2.   Memahami regulasi kepegawaian

    Memahami sistem administrasi kepegawaian  

  • KEGIATAN BELAJAR 2: PERENCANAAN, PENGADAAN, DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI

    Pada kegiatan pembelajaran kedua ini, peserta akan diberikan kompetensi tentang Perencanaan, Pengadaan, dan Pengembangan Pegawai.  Untuk pemenuhan kompetensi tersebut, maka disusun capaian pembelajaran berikut ini:

    1.   Menyusun perencanaan kebutuhan pegawai

          a.  Menerapkan perencanaan kebutuhan pegawai

          b.  Menyusun perencanaan kebutuhan pegawai

    2.   Menerapkan prosedur pengadaan pegawai

           a. Menerapkan prosedur pengadaan pegawai

           b. Melakukan pengadaan pegawai

    3.   Memahami sumpah/janji pegawai

           a. Menerapkan sumpah/janji pegawai

           b. Melaksanakan kegiatan sumpah/janji pegawai

    4.   Memahami Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai

           a.  Menerapkan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai

           b.  Menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai

    5.   Menerapkan perencanaan karir pegawai

             a. Menerapkan perencanaan karir pegawai

             b. Menyusun rencana karir pegawai

    Adapun materi kerangka konsep kegiatan belajar II sebagai berikut:

  • KEGIATAN BELAJAR 3: KESEJAHTERAAN PEGAWAI

    Pada kegiatan pembelajaran kedua ini, peserta akan diberikan kompetensi tentang Kesejahteraan  Pegawai.  Untuk pemenuhan kompetensi tersebut, maka disusun capaian pembelajaran berikut ini:

    1.   Memahami kesejahteraan pegawai

           a. Memahami kesejahteraan pegawai

           b. Melakukan klasifikasi kesejahteraan pegawai

    2.   Menyusun daftar penggajian dan tunjangan pegawai

            a. Menerapkan penggajian dan tunjangan pegawai

            b. Menyusun daftar penggajian dan tunjangan pegawai

    3.   Memahami penghargaan pegawai

            a. Memahami penghargaan pegawai

            b. Melakukan pengelompokan penghargaan pegawai

    4.   Memahami cuti pegawai

            a.  Menerapkan cuti pegawai

           b.  Melaksanakan pemberian cuti pegawai

    Adapun materi kerangka konsep kegiatan belajar III sebagai berikut:

  • Kegiatan Pembelajaran IV. Penilaian Kinerja, Disiplin, dan Pemberhentian Pegawai

    Pada kegiatan pembelajaran kedua ini, peserta akan diberikan kompetensi tentang Penilaian Kinerja, Disiplin, dan Pemberhentian Pegawai.  Untuk pemenuhan kompetensi tersebut, maka disusun capaian pembelajaran berikut ini:

    1.   Memahami penilaian kinerja pegawai

            a. Memahami penilaian kinerja pegawai

            b. Melakukan rencana tindak lanjut hasil penilaian kinerja pegawai

    2.   Memahami disiplin pegawai

            a. Memahami disiplin pegawai

    3.   Mengelompokkan hak, kewajiban, larangan, dan sanksi pegawai

           a. Mengelompokkan hak, kewajiban, larangan, dan sanksi pegawai

    4.   Memahami peraturan perkawinan pegawai

           a. Memahami peraturan perkawinan pegawai

           b.  Mengelompokkan peraturan perkawinan pegawai

    5.   Memahami prosedur pemberhentian pegawai

           a. Memahami pemberhentian pegawai

           b. Mengklasifikasikan prosedur pemberhentian pegawai

    Adapun materi kerangka konsep kegiatan belajar IV sebagai berikut: