Topic outline

  • PENDAHULUAN

    MODUL HYBRID PPG DALAM JABATAN

    TEKNOLOGI PERKANTORAN

    NASARUDDIN H, S.Pd., M.Pd

    nazaruddin_1112@yahoo.com

    Selamat Datang di Modul Hibrid PPG Dalam Jabatan TEKNOLOGI PERKANTORAN

    RASIONAL DAN DESKRIPSI SINGKAT

    Perkembangan teknologi telah membawa perubahan paradigma besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dan diselesaikan dengan cara yang cepat dan tepat.  Salah satu solusi mengenai hal tersebut adalah penerapan dan penggunaan Teknologi. Teknologi perkantoran merupakan sebuah kebutuhan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas kerja dalam meningkatkan produktifitas kerja.

    Perkembangan teknologi  juga berimplikasi terhadap penyediaan tenaga kerja yang handal dalam menggunakan menggunakan teknologi khususnya yang dipakai dalam dunia perkantoran. Alumni SMK bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang terdidik dan terlatih diberbagai bidang maka pengetahuan komputer mutlak diberikan kepada peserta didik, agar mereka dapat bersaing di dunia kerja yang telah memanfaatkan teknologi ini.

    Modul ini disusun untuk memberikan pengetahuan dasar tentang ketrampilan komputer dan pengelolaan Informasi dengan unit kompetensi mengoperasikan tehnologi perkantoran. Secara garis besar modul Teknologi Perkantoran ini membahas tentang empat esensi yang akan menjadi acuan para peserta, yaitu pengaplikasian tehnologi perkantoran.

    Modul ini dikemas dalam empat kegiatan belajar (4 KB) dan seluruhnya diberi alokasi waktu 32 jam pelajaran (JP), di mana masing masing kegiatan belajar terdiri atas 8 JP. Empat kegiatan belajar tersebut disusun dengan urutan sebagai berikut:

    1.   Kegiatan Belajar 1    :  Pengelompokan Teknologi Perkantoran dan Virtual Office  (Kantor Maya)

    2.   Kegiatan Belajar 2    : Microsoft Office (word, excel, presentasi, publisher)

    3.   Kegiatan Belajar 3    :  Komunikasi Kantor

    4.   Kegiatan Belajar 4    : Media Komunikasi Kantor

    Kegiatan belajar dalam modul ini akan dimulai dengan pemahaman terhadap peserta mengenai pengelompokan teknologi perkantoran. Pengelompokan tehnologi perkantoran harus diperkenalkan kepada peserta, sehingga dapat memberikan pengetahuan dan pembentukan sikap dalam pengoperasinya semua tehnologi perkantoran.

    Kegiatan belajar selanjutnya adalah mengaplikasikan microsoft office (word, excel, presentasi, publisher). Pada kegiatan ini diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam mengaplikasikan pengolah kata, pengolah angka, presentase dan publisher sehingga dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan perkantoran dapat di aplikasian.

    Kegiatan belajar berikutnya akan memberikan wawasan kepada peserta tentang mengoperasikan website. Hai lni merupakan keberlanjutan dari pengoperasian Microsoft Office. Diharapkan peserta dapat menerapkan website dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor dengan memanfaatkan website.

    Sementara itu, bagian akhir modul ini akan mengarahkan peserta untuk memahami cara mendesain laporan.  Melalui kompetensi ini diharapkan peserta dapat menyusun aktivitas, terutama dalam laporan kegiatan kantor.

    RELEVANSI

    Teknologi perkantoran memiliki potensi yang besar untuk menjadi system otomatisasi perkantoran dalam melakukan aktivitas perkantoran. Dengan demikian, menjadi sangat relevan bagi pemerintah untuk memasukkan tehnologi perkantoran dalam kurikulum pembelajarannya.

    Relevansi antara tuntutan dunia kerja dan urgensi dunia pendidikan untuk menyiapkan pembelajaran yang memiliki kompetensi teknologi perkantoran  dapat terlihat dalam modul ini yang membahas tentang: 1) teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office; 2) mengaplikasikan teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office; 3) pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%; 4) microsoft office (word, excel, presentasi, publisher); 5) Komunikasi kantor; 6) Media Komunikasi.

    Kompetensi-kompetensi tersebut di atas sangat diperlukan, khususnya bagi siapa saja yang bekerja dalam dunia perkantoran maupun yang bergelut di bidang lain yang membutuhkan teknologi perkantoranDengan demikian, kehadiran modul ini memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi perkantoran.

  • KEGIATAN BELAJAR I. PengelompokanTeknologi Perkantoran

    Para peserta PPG, untuk memahami Pengelompokan Teknologi Perkantoran, maka disusun capaian pembelajaran. Adapun capaian pembelajaran sebagai berikut:

    1. Memahami konsep teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual

        office  yang meliputi  penjelasan teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan

        virtual office

    2. Mengaplikasikan  teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual

        office  mengenai teknologi perkantoran,  otomatisasi perkantoran, dan virtual office

    3. Memahami prosedur pekerjaan kantor berbasis tehnologi dan virtual office

    Adapun kerangka konsep kegiatan belajar I sebagai berikut:

  • Kegiatan Belajar II. Mengoperasikan Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Presentasi, dan Microsoft Publisher)

    Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Office, maka disusun capaian pembelajaran yang diharapkan peserta memiliki peta konsep mengenai capaian  pembelajaran dari materi ini sebagai berikut:

    1. Mengoperasikan aplikasi pengolah kata (microsoft word)

    2.  Mengaplikasikan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%

    3. Mengoperasikan aplikasi pengolah angka (microsoft excel)

    4. Mengoperasikan aplikasi pengolah presentasi (microsoft power point)

    5. Mengoperasikan aplikasi pengolah bahan cetak (microsoft publisher)

    Adapun Kerangka Konsep Kegiatan Belajar II sebagai berikut:

    <iframe src="https://drive.google.com/file/d/11LpesbWL0clkjJcCRqGv83kZrNlwjPyY/preview" width="640" height="480"></iframe>

  • Kegiatan Belajar III : Komunikasi Kantor

    Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai Komunikasi Kantor, maka disusun capaian pembelajaran sebagai berikut:

    1. Memahami ruang lingkup teknologi komunikasi kantor yang mencakup lisan dan tulisan
    2. Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor 

    Adapun kerangka konsep kegiatan belajar III sebagai berikut:

  • Kegiatan Belajar IV PEMANFATAAN TEKNOLOGI PERKANTORAN

    Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai Pemanfaatan Teknologi Perkantoran, maka disusun capaian pembelajaran sebagai berikut:

    1. Menganalisis pemanfaatan teknologi dalam manajemen kantor
    2. Menganalisis Media Komunikasi

    Adapun kerangka materi kegiatan belajar IV sebagai berikut: