Topic outline

  • General

    Kegiatan Belajar Teknik Komputer dan Informatika

    MODUL 1: DASAR-DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS
    Dosen: Dr. Purnamawati, M.Pd

    Selamat datang di kelas PPG dalam jabatan pada Modul 1 Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika  (TKI). Kita pasti mengetahui salah satu kompetensi yang sangat esensial dalam bidang TKI, yaitu menguasai kompetensi dasar bidang tersebut. Anda pernah ya mendesain suatu jaringan komputer sedehana, membuat program aplikasi, menyusun program dasar, dan membuat desain grafis. Nah kalau pernah, aktivitas ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang optimal. Mari kita bersama menyimak  dan menggali lebih jauh tentang modul ini, khususnya tentang sistem komputer, komputer dan jaringan dasar, pemrograman dasar, dan dasar desain grafis yang tujuan akhirnya memiliki bekal awal bagi Kita semua untuk mempelajari modul selanjutnya.

    Profil Dosen:

    purnamawati

    Email: purnamawati@unm.ac.id
    Blog: http://blog.unm.ac.id/purnamawati
    Twitter: @purnamawati
    Instagram: -

    Facebook
    : http://facebook.com/purnamawati


    Deskripsi :

    Dalam kegiatan Kelas Kita ini, modul TKI ini terdiri dari empat kegiatan belajar. Baik, Kita melangkah pada kegiatan belajar pertama dengan menguraikan materi awal sistem bilangan, rangkaian dasar gerbang logika, full adder, half adder, sistem multiplekser, register dan counter suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan. Selanjutnya pada kegiatan belajar kedua, Anda akan mempelajari komputer dan jaringan dasar yang berisikan perakitan komputer, pengujian komputer, menginstalisasi sistem dan perawatan peralatan komputer agar memiliki kemampuan yang optimal dalam pengoperasian komputer. Kegiatan belajar ketiga, akan menjelaskan konfigurasi alur logika pemrograman dengan struktur bahasa, operasi aritmetika dan logika, dan struktur kontrol percabangan, perulangan serta penggunaan array untuk menyimpan data di memori. Kegiatan belajar keempat, akan mengilustrasikan dasar desain grafis dengan muatan isi materi tentang unsur dan prinsip-prinsip tata letak, garis, ilustrasi, proporsi, keseimbangan, kontras, kesatuan, dan harmoni dalam membuat desain grafis. Desain grafis dilakukan dengan berpola pada format gambar dan prosedur scanning gambar/ilustrasi/teks agar menghasilkan gambar yang sempurna dengan memadukan aplikasi perangkat lunak dalam mendesain gambar vektor dan bitmap (raster).


    Relevansi :

    Hal yang utama yang Anda perlu ketahui bahwa keempat kegiatan belajar dari modul ini memiliki relevansi dengan materi pada modul selanjutnya. Penyajian materi yang sistematis dan teratur membawa keterbacaan modul ini menarik karena disertai dengan contoh-contoh aplikatif dengan tuntutan dunia kerja di industri dan masyarakat. Kareteristik modul ini menawarkan metode yang menarik karena disajikan dengan modul cetak dan daring. Hal ini untuk mendorong Anda untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan dibarengi sikap yang baik.


    Capaian Pembelajaran :

    Setelah mempelajari modul ini , Anda diharapkan dapat 

    1. Menjelaskan pengertian sistem komputer
    2. Mendesain jaringan sederhana
    3. Membuat program aplikasi
    4. Menyusun program dasar, dan 
    5. Membuat desain grafis. Kompetensi-kompetensi tersebut sangat diperlukan bagi Anda dalam mempelajari modul selanjutnya, serta membekali Anda sebagai guru profesional dalam bidang TKI. 

    Petunjuk Belajar:

    Untuk membantu Anda dalam menguasai kemampuan di atas, materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut :

    • Kegiatan belajar 1 : Sistem Komputer
    • Kegiatan belajar 2 : Komputer dan Jaringan Dasar
    • Kegiatan belajar 3 : Pemprograman Dasar
    • Kegiatan belajar 4 : Dasar Desain Grafis

    Anda dapat mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan uji kepahaman dan uji kompetensi. Uji kepahaman dan uji kompetensi menjadi alat ukur tingkat penguasaan Anda setelah mempelajari materi dalam modul ini. Jika Anda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka Anda dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini. Apabila Anda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau instruktur.

    Cara Penilaian:

    • Partisipasi dalam aktivitas: 10%
    • Tugas: 20%
    • Tes Formatif: 30%
    • Tes Sumatif: 40%

    Peta Kompetensi:

    Peta Konsep Modul 1

  • KEGIATAN BELAJAR 1: SISTEM KOMPUTER

    Selamat datang di kegiatan belajar 1, kali ini kita akan belajar mengenai sistem komputer meliputi sistem bilangan, logika dasar dan aritmatik, rangkaian multplekser, elektronika dasar dan mikrokontroler. Persiapkan diri Anda dengan baik, pelajari materi dengan seksama agar Anda dapat berhasil maksimal.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang sistem komputer  meliputi:

    1. Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) 
    2. Menganalisis relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, Pencacah) 
    3. Menerapkan operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder) 
    4. Mengklasifikasikan rangkaian Multiplekser, Dekoder, Register 
    5. Menerapkan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 
    6. Menerapkan dasar dasar mikrokontroler

     Pokok-pokok Materi : 

    Materi yang akan dipelajari pada kegiatan belajar 1 dapat dilihat pada peta konsep di bawah ini:

     

    Peta konsep KB 1

  • KEGIATAN BELAJAR 2 : KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

    Pada kegiatan belajar 2 ini, Anda akan mempelajari perakitan komputer, instalasi, konfigurasi, perawatan dan troubleshooting. Silakan pelajari dengan seksama dan kerjakan tugas pada akhir kegiatan belajar

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Komputer  dan Jaringan Dasar meliputi: 

    1. Melakukan perakitan komputer 
    2. Melakukan pengujian perakitan komputer 
    3. Melakukan konfigurasi BIOS pada komputer  
    4. Melakukan instalasi sistem operasi 
    5. Melakukan instalasi driver perangkat keras komputer 
    6. Melakukan instalasi software aplikasi 
    7. Melakukan perawatan perangkat keras komputer 
    8. Menganalisis permasalahan pada perangkat keras 

    Pokok-pokok Materi  :

    Materi yang akan dipelajari pada kegiatan belajar 2 dapat dilihat pada peta konsep di bawah ini:

    Peta konsep KB 2

  • KEGIATAN BELAJAR 3 : PEMPROGRAMAN DASAR

    Selamat, Anda telah berhasil melalui kegiatan belajar 1 dan 2. Pada kegiatan belajar tiga ini, Anda akan mempelajari pemrograman dasar komputer. Silakan unduh file materi yang diberikan, tonton video untuk memperjelas pemahaman Anda. Selamat belajar

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 3, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Pemrograman Dasar, meliputi:

    1. Menerapkan alur logika pemrograman komputer
    2. Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
    3. Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman computer 
    4. Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi 
    5. Menerapkan operasi aritmatika dan logika
    6. Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
    7. Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
    8. Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
    9. Menerapkan penggunaan fungsi 

    Pokok-pokok Materi  :

    Materi yang akan dipelajari pada kegiatan belajar 3 dapat dilihat pada peta konsep di bawah ini:

    Peta konsep KB 13

  • KEGIATAN BELAJAR 4 : DASAR DESAIN GRAFIS

    Pada kegiatan belajar 4 ini, Anda akan belajar tentang dasar-dasar desain grafis. Silakan ikuti petunjuk belajar dan lakukan dengan antusias

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 4, Anda diharapkan telah memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Dasar Desain Grafis meliputi:

    1. Mendeskripsikan Unsur Tata Letak berupa garis, ilustrasi, tipografi warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
    2. Menempatkan berbagai Fungsi dan unsur warna CMYK dan RGB
    3. Menerapkan hasil Prinsip-prinsip Tata Letak, antara Lain: Proporsi, Irama (Rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
    4. Menempatkan berbagai format gambar dalam desain grafis
    5. Menerapkan prosedur Format Gambar dan prosedur scanning gambar/ilustrasi/teks dalam desain
    6. Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
    7. Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
    8. Pembuatan desain berbasis gambar vektor
    9. Menerapkan Perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
    10. Mengevaluasi desain berbasis gambar bitmap (raster)
    11. Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap

    Pokok-pokok Materi

    Materi yang akan dipelajari pada kegiatan belajar 4 dapat dilihat pada peta konsep di bawah ini:

    Peta konsep KB 4

  • Evaluasi

    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan kegiatan belajar 1-4. Untuk mengukur pemahaman Anda, silakan mengerjakan tugas akhir tes sumatif berikut ini.