Topic outline

  • General

    sampul modul 2 tik

    Teknik Komputer dan Informatika

    MODUL 2 : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS
    Dosen: Dr. Purnamawati, M.Pd

    Selamat datang para mahasiswa PPG dalam jabatan di Modul 2 Teknik Komputer dan Jaringan. Salah satu kompetensi yang sangat esensial dalam mempelajari bidang Teknik Komputer dan Informatika (TKI)  adalah menguasai kompetensi dasar bidang tersebut. Mendesain suatu jaringan komputer sedehana, membuat program aplikasi, menyusun program dasar, dan membuat desain grafis membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang optimal. Modul 2 merupakan TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN membahas tentang teknologi jaringan berbasis luas (WAN), administrasi infrastruktur jaringan, adminsitrasi sistem jaringan, dan teknologi layanan jaringan yang tujuan akhirnya memiliki bekal awal bagi peserta didik untuk mempelajari modul selanjutnya dalam Keahlian TKI ini. 

    Profil Dosen:


    Email: purnamawati@unm.ac.id
    Blog: http://blog.unm.ac.id/purnamawati
    Twitter: @purnamawati
    Instagram: -

    Facebook
    : http://facebook.com/purnamawati


    Deskripsi :

    Modul ini terdiri dari empat kegiatan belajar. Kegiatan belajar pertama menguraikan tentang Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) yang menjelaskan jaringan WAN, Jaringan nirkabel, fiber optic dan permasalhannya. Kegiatan belajar kedua akan menguraikan tentang Administrasi Infrastruktur Jaringan yang berisikan tentang VLAN, Routing, Gateway, Firewall, dan proxy. Kegiatan belajar ketiga, akan menjelaskan Administrasi Sistem Jaringan terkait sistem opreasi, DHCP, FTP, Remove, WEB Server, DNS, Mail, Databese, VPN, dan Sistem Kendali. Kegiatan belajar keempat, akan mengilustrasikan terkait teknologi layanan jaringan yaitu ragam aplikasi, standar komunikasi, proses komunikasi, aspek teknologi, dan konsep protokoler. Materi-materi yang disajikan dalam modul ini guna meningkatkan kompetensi terkait teknologi computer dan jaringan.


    Relevansi :

    Keempat kegiatan belajar dari modul ini memiliki relevansi dengan materi pada modul selanjutnya. Penyajian materi yang sistematis dan teratur membawa keterbacaan modul ini menarik karena disertai dengan contoh-contoh aplikatif dengan tuntutan dunia kerja di industri dan masyarakat. Kareteristik modul ini menawarkan metode yang menarik karena disajikan dengan modul cetak dan daring. Hal ini untuk mendorong peserta workshop meningkatkan pemahaman dan keterampilan dengan dibarengi sikap yang baik.


    Capaian Pembelajaran :

    Setelah mempelajari modul ini peserta didik akan dapat: 1) memahami teknologi jaringan berbasis luas (WAN), 2) memahami administasi infrastruktur jaringan, 3) memahami administrasi sistem jaringan, dan 4) memahami teknologi layanan jaringan. Kompetensi-kompetensi tersebut sangat diperlukan bagi Anda dalam mempelajari modul selanjutnya, serta membekali Anda sebagai guru profesional dalam bidang TKI. Modul 2 Teknik Komputer dan Jaringan merupakan keahlian dasar sistem komputer dan informatika yang memiliki kompetensi sistem komputer, komputer dan jaringan dasar, pemrograman dasar, dan dasar desain grafis. Kompetensi dasar yang termuat dalam kegiatan belajar ini dapat menumbuhkan kreatifitas dan motivasi dalam mengembangkan potensinya untuk mengetahui lebih dalam mengenai teknik computer dan mengatur jaringan computer.


    Petunjuk Belajar:

    Untuk membantu Anda dalam menguasai kemampuan di atas, materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut :

    • Kegiatan belajar 1 :  Teknologi Berbasis Luas (WAN)
    • Kegiatan belajar 2 :  Administrasi Infrastruktur Jaringan
    • Kegiatan belajar 3 :  Administrasi Sistem Jaringan
    • Kegiatan belajar 4 :  Teknologi Layanan Jaringan

    Anda dapat mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan uji kepahaman dan uji kompetensi. Uji kepahaman dan uji kompetensi menjadi alat ukur tingkat penguasaan Anda setelah mempelajari materi dalam modul ini. Jika Anda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka Anda dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini. Apabila Anda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau instruktur.

    Cara Penilaian:

    • Partisipasi dalam aktivitas: 10%
    • Tugas: 20%
    • Tes Formatif: 30%
    • Tes Sumatif: 40%

    Peta Kompetensi:

  • Kegiatan Belajar 1: Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

    Selamat bertemu di kegiatan belajar 1. Apakah Anda pernah membayangkan betapa panjangnya kabel yang menghubungkan internet dari satu benua ke benua lain? Tentunya tidak mungkin jika harus menggunakan kabel LAN. Nah, kali ini kita akan membahas tentang kabel fiber, kabel inilah yang banyak digunakan untuk sambungan jarak jauh. Mari kita ikuti

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) meliputi:

    1. Menganalisis Jaringan Berbasis Luas
    2.  Mengevaluasi Jaringan Nirkabel
    3. Mengevaluasi Permasalahan Jaringan Nirkabel
    4. Memahami Jaringan Fiber Optic
    5. Mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic
    6. Menerapkan Fungsi Alat Kerja Fiber Optic
    7. Mengevaluasi Penyambungan Fiber Optic
    8. Mengevaluasi Perangkat Pasif Jaringan Fiber Optic 9. Mengevaluasi Permasalahan Jaringan Fiber Optic

    Pokok-Pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 2 : Administrasi Infrastruktur Jaringan

    Rekan-rekan mahasiswa PPG. Pernahkah anda mendengar kasus putusnya jaringan internet yang disebabkan masalah putusnya kabel karena dimakan tikus? Tentunya kejadian seperti ini telah membuat repot semua orang,apalagi system administrator. Untuk itu jaringan perlu dikelola dengan baik. Kegiatan belajar kali ini akan membahas mengenai administrasi infrastuktur jaringan. Mari kita ikuti

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Administrasi Infrastruktur Jaringan meliputi:

    1. Mengevaluasi VLAN pada Jaringan 
    2. Memahami Proses Routing
    3. Mengevaluasi Routing Statis
    4. Mengevaluasi Routing Dinamis
    5. Mengevaluasi Internet Gateway
    6. Mengevaluasi Firewall Jaringan
    7. Mengevaluasi Manajemen Bandwidth
    8. Mengevaluasi Load Balancing
    9. Mengevaluasi Proxy Server

    Pokok-Pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 3 : Administrasi Sistem Jaringan

    Setelah Anda mempelajari administrasi jaringan, tibalah saatnya kita masuk pada materi administrasi server. Silakan pelajari materi dengan seksama dan ikuti aktivitas belajar yang saya berikan

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 3, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Administrasi Sistem Jaringan meliputi:

    1. Menerapkan Sistem Operasi Jaringan

    2. Mengevaluasi DHCP Server

    3. Mengevaluasi FTP Server

    4. Mengevaluasi Remove Server

    5. Mengevaluasi File Server

    6. Mengevaluasi Web Server

    7. Mengevaluasi DNS Server

    8. Database Server

    9. Mengevaluasi Mail Server

    10. Mengevaluasi Control Panel Hosting

    11. Mengevaluasi Share Hosting Server

    12. Mengevaluasi Vitual Private Server

    13. Mengevaluasi Dedicated Hosting Server

    14. Mengevaluasi VPN Server

    15. Mengevaluasi Sistem Kontrol dan Monitoring

    16. Mengevaluasi Sistem Keamanan Jaringan

    Pokok-Pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 4 : Teknologi Layanan Jaringan

    Rekan-rekan mahasiswa, saat ini kita akan memasuki kegiatan belajar terakhir di modul 2 ini. Silakan ikuti petunjuk belajar dan lakukan dengan antusias

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 4, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Teknologi Layanan Jaringan meliputi:

    1. Memahami Ragam Aplikasi Komunikasi Data
    2. Menganalisis Berbagai standar komunikasi data
    3. Menganalisis Proses komunikasi data dalam jaringan
    4. Memahami Aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
    5. Menganalisis Kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
    6. Menganalisis Kebutuhan beban/ bandwidth jaringan
    7. Menjelaskan Konsep kerja protokoler server softswicth
    8. Menjelaskan Diagram ranngkaian operasi komunikasi VoIP
    9. Memjelaskan Bagan dan Konsep Kerja Server Softswicth berkaitan dengan PBX

    Pokok-Pokok Materi

  • TES SUMATIF M2

    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan kegiatan belajar 1-4. Untuk mengukur pemahaman Anda, silakan mengerjakan tes sumatif berikut ini.

  • REFLEKSI PERKULIAHAN

    Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan daring ini. Kita  tentunya menginginkan agar kegiatan perkuliahan ini dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan menyenangkan. Olehnya itu, saya sangat mengharapkan masukan dan saran Anda untuk pertemuan-pertemuan berikutnya agar lebih maksimal.

    Silakan disampaikan disini. Terima kasih