Topic outline

  • General

    MODUL 3 : Rekayasa Perangkat Lunak

    TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS
    Dosen: Dr. Purnamawati, M.Pd

    Selamat datang para mahasiswa PPG dalam jabatan di Modul  3 Rekayasa Perangkat Lunak. Salah satu kompetensi yang sangat esensial dalam mempelajari bidang Teknik Komputer dan Informatika (TKI) adalah menguasai kompetensi dasar bidang tersebut. Kali ini kita akan belajar tentang pemodelan perangkat lunak, database, OOP, dan pemrograman web. 

    Profil Dosen:


    Email: purnamawati@unm.ac.id
    Blog: http://blog.unm.ac.id/purnamawati
    Twitter: @purnamawati
    Instagram: -

    Facebook
    : http://facebook.com/purnamawati


    Deskripsi :

    Modul ini terdiri dari empat kegiatan belajar. Pembahasan dimulai dari pemodelan perangkat lunak dalam kegiatan belajar 1, kemudian database pada kegiatan belajar 2, pemrograman berorientasi objek pada kegiatan belajar 3, dan diakhiri pemrograman web pada kegiatan belajar 4. 

    Pemodelan perangkat lunak, membahas mengenai konsep pemodelan berorientasi objek, kebutuhan sistem berorientasi objek, alur kerja sistem berorientasi objek, membuat model sistem berorientasi objek dengan perangkat lunak UML.

    Database, membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan database dengan bantuan program aplikasi microsoft Access dengan uraian materi sebagai berikut: struktur hirarki basis data, normalisasi basis data, kelompok perintah DDL, DML dan DCL dalam basis data, tipe data pada basis data, bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel dalam basis data, membuat form dalam basis data Access.

    Pemrograman Berorientasi objek, membahas, mengkaji dan mempraktekkan hal hal yang berkaitan pemrograman berorientasi objek menggunakan bahasa java pada pokok-pokok sebagai berikut: konsep pemrograman berorientasi objek, enkapsulasi, pewarisan, polymorphism, interface, dan membuat program berorientasi objek menggunakan bahasa java

    Pemrograman web, membahas pemrograman dasar web/internet menggunakan HTML, dengan uraian materi sebagai berikut: konsep teknologi aplikasi web, format teks pada halaman web, format tabel pada halaman web, format multimedia pada halaman web, format kaitan (link) pada halaman web, format formulir pada halaman web, dan style pada halaman web.


    Relevansi :

    Modul ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca/peserta didik dalam hal meningkatkan kemampuan baik pengetahuan, keterampilan maupun sikap dalam perekayasaan perangkat lunak, terutama untuk pemodelan perangkat lunak, pembuatan database, pemrogramana berorientasi objek dan pemrograman web. Dengan dimilikinya kemampuan dalam rekayasa perangkat lunak, diharapkan pula para pembaca/peserta didik pendidikan profesi guru akan mampu mentransfer ilmu perekayasaan perangkat lunak kepada peserta didiknya kelak.


    Capaian Pembelajaran :

    Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan telah dapat: 

    1. Menjelaskan Pemodelan Perangkat Lunak
    2. Mendesain Database
    3. Membuat Pemrograman berbasis Objek
    4. Menyusun Pemrograman Web

     

    Kompetensi-kompetensi tersebut sangat diperlukan bagi Anda dalam mempelajari modul selanjutnya, serta membekali Anda sebagai guru profesional dalam bidang TKI. 

    Petunjuk Belajar:

    Untuk membantu Anda dalam menguasai kemampuan di atas, materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut :

    • Kegiatan belajar 1 : Pemodelan Perangkat Lunak
    • Kegiatan belajar 2 : Pemrograman Basis Data
    • Kegiatan belajar 3 : Pemrograman Berorientasi Objek
    • Kegiatan belajar 4 : Pemrograman Web

    Anda dapat mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan uji kepahaman dan uji kompetensi. Uji kepahaman dan uji kompetensi menjadi alat ukur tingkat penguasaan Anda setelah mempelajari materi dalam modul ini. Jika Anda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka Anda dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini. Apabila Anda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau instruktur.

    Cara Penilaian:

    • Partisipasi dalam aktivitas: 10%
    • Tugas: 20%
    • Tes Formatif: 30%
    • Tes Sumatif: 40%

    Peta Kompetensi:

  • Kegiatan Belajar 1: Pemodelan Perangkat Lunak

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Pemodelan Perangkat Lunak  meliputi:

    1. Menjelaskan konsep pemodelan berorientasi objek
    2. Menyebutkan kebutuhan sistem berorientasi objek
    3. Menjelaskan alur kerja sistem berorientasi objek
    4. Membuat model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak UML

    Pokok-pokok materi

  • Kegiatan Belajar 2: Pemrograman Basis Data

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Pemrograman Basis Data  meliputi:

    1. Menjelaskan struktur hirarki basis data
    2. Membuat normalisasi basis data
    3. Menjalankan kelompok perintah DDL, DML dan DCL dalam basis data
    4. Menjelaskan tipe data pada basis data
    5. Menggunakan bahasa SQL Dasar untuk mengelola tabel dalam basis data
    6. Membuat Form dalam database Access

    Pokok-pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 3: Pemrograman Berorientasi Objek

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 3, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Pemrograman Berorientasi Objek  meliputi:

    1. Menjelaskan konsep pemrograman berorientasi objek
    2. Menjelaskan enkapsulasi
    3. Meenjelaskan Pewarisan
    4. Menjelaskan Polymorphism
    5. Membuat interface
    6. Membuat java sebagai pemrograman berorientasi objek
    Pokok-pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 4: Pemrograman Web

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 4, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Pemrograman Web  meliputi:

    1. Menjelaskan struktur hirarki basis data
    2. Membuat normalisasi basis data
    3. Menjalankan kelompok perintah DDL, DML dan DCL dalam basis data
    4. Menjelaskan tipe data pada basis data
    5. Menggunakan bahasa SQL Dasar untuk mengelola tabel dalam basis data
    6. Membuat Form dalam database Access

    Pokok-pokok Materi

  • TUGAS AKHIR MODUL 3

    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan kegiatan belajar 1-4. Untuk mengukur pemahaman Anda, silakan mengerjakan tugas akhir  berikut ini.

  • TES AKHIR (SUMATIF) MODUL 3

    Selamat anda telah menyelesaikan pembelajaran pada Modul 3. Untuk mengukur kedalaman pengetahuan anda tentang materi Modul 3, kerjakanlah soal berikut ini:

  • REFLEKSI PERKULIAHAN

    Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan daring ini. Kita  tentunya menginginkan agar kegiatan perkuliahan ini dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan menyenangkan. Olehnya itu, saya sangat mengharapkan masukan dan saran Anda untuk pertemuan-pertemuan berikutnya agar lebih maksimal.

    Silakan disampaikan disini. Terima kasih