Topic outline

  • General

    Kegiatan Belajar Teknik Komputer dan Informatika

    MODUL 5: MULTIMEDIA BAGIAN 1

    Semester Genap 2018/2019 - 3 SKS
    Dosen: Dr. Purnamawati, M.Pd

    Selamat datang di kelas PPG dalam jabatan pada Modul 5 Teknik Komputer dan Informatika  (TKI). Kita pasti mengetahui salah satu kompetensi yang sangat esensial dalam bidang TKI, yaitu menguasai kompetensi dasar bidang tersebut. Anda pernah ya mendesain suatu jaringan komputer sedehana, membuat program aplikasi, menyusun program dasar, dan membuat desain grafis. Nah kalau pernah, aktivitas ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang optimal. Mari kita bersama menyimak  dan menggali lebih jauh tentang modul ini, khususnya tentang desain grafis, fotografi, teknik audio, dan video yang tujuan akhirnya memiliki bekal awal bagi Kita semua untuk mempelajari modul selanjutnya.

    Profil Dosen:


    Email: purnamawati@unm.ac.id
    Blog: http://blog.unm.ac.id/purnamawati
    Twitter: @purnamawati
    Instagram: -

    Facebook
    : http://facebook.com/purnamawati


    Deskripsi :

    Modul 5 ini membahas tentang multimedia meliputi desain grafis, pembuatan media audio dan video, serta multimedia pembelajaran interaktif. 


    Relevansi :

    Hal yang utama yang Anda perlu ketahui bahwa keempat kegiatan belajar dari modul ini memiliki relevansi dengan materi pada modul selanjutnya. Penyajian materi yang sistematis dan teratur membawa keterbacaan modul ini menarik karena disertai dengan contoh-contoh aplikatif dengan tuntutan dunia kerja di industri dan masyarakat. Kareteristik modul ini menawarkan metode yang menarik karena disajikan dengan modul cetak dan daring. Hal ini untuk mendorong Anda untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan dibarengi sikap yang baik.


    Capaian Pembelajaran :

    Setelah mempelajari modul ini , Anda diharapkan dapat 

    1. Menjelaskan desain grafis percetakan
    2. Menjelaska fotografi
    3. Melakukan pengolahan  audio dan video
    4. Mengengbangkan multimedia pembelajaran interaktif

    Petunjuk Belajar:

    Untuk membantu Anda dalam menguasai kemampuan di atas, materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut :

    • Kegiatan belajar 1 : Desain grafis percetakan
    • Kegiatan belajar 2 : Fotografi
    • Kegiatan belajar 3 : Teknik pengolahan audio dan video
    • Kegiatan belajar 4 : Multimedia pembelajaran interaktif

    Anda dapat mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan uji kepahaman dan uji kompetensi. Uji kepahaman dan uji kompetensi menjadi alat ukur tingkat penguasaan Anda setelah mempelajari materi dalam modul ini. Jika Anda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka Anda dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini. Apabila Anda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau instruktur.

    Cara Penilaian:

    • Partisipasi dalam aktivitas: 10%
    • Tugas: 20%
    • Tes Formatif: 30%
    • Tes Sumatif: 40%

    Peta Kompetensi:

  • KEGIATAN BELAJAR 1: DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Desain Grafis Percetakan  meliputi:

    1. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur konseptual nirmana.
    2. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur visual nirmana.
    3. Mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip keindahan bentuk nirmana.
    4. Mampu mengevaluasi komposisi warna
    5. Mampu menganalisis penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap
    6. Mampu menganalisis pemberian efek pada gambar bitmap.
    7. Menerapkan penggabungan gambar dan teks yang berbasis vektor
    8. Mampu menganalisis pemberian efek pada gambar vektor
    9. Mengevaluasi desain berbasis bitmap dan vector.
    10. Memproduksi media komunikasi grafis dalam bentuk cetak 
    Pokok-pokok Materi

  • KEGIATAN BELAJAR 2: FOTOGRAFI

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, Anda diharapkan telah dapat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang Fotografi  meliputi:

    1. Mampu memahami pengertian dan sejarah fotografi.
    2. Mampu menggunakan kamera foto dengan baik dan benar.
    3. Mampu memahami dasar-dasar fotografi.
    4. Mampu memahami metering dalam fotografi.
    5. Mampu memahami komposisi dengan baik.
    6. Mampu memahami fungsi white balance.
    7. Mampu memahami Depth of Field (DOF) dengan baik.
    8. Mampu memahami fotografi makro
    9. Mampu memahami fotografi Landscape.

    Pokok-pokok Materi

  • Kegiatan Belajar 3: TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mengikuti seluruh tahapan pada kegiatan belajar ini, peserta dapat mengolah audio dan video.

    1. Dapat mengidentifikasi bagian-bagian kamera video.
    2. Dapat menguraikan prinsip kerja kamera video.
    3. Dapat menglasifikasi berbagai jenis kamera untuk memroduksi film.
    4. Dapat menguraikan makna dan unsur-unsur sinematografi.
    5. Dapat menguraikan makna dan perbedaan antara shot, scene, dan sequence
    6. Dapat mengidentifikasi unsur-unsur pembangun rangkaian gambar bergerak bernuansa sistemis.
    7. Dapat mengambil gambar bergerak dengan 3 variasi sudut pengambilan gambar.
    8. Dapat mengambil gambar bergerak dengan 3 variasi bidang pandang.
    9. Dapat mengambil gambar dengan mengatur pergerakan kamera panning dan tilting.
    10. Menginstall aplikasi editing video
    11. Dapat menggunakan Adobe Premiere sebagai aplikasi editing video.
    12. Dapat menggunakan Adobe Premiere editing audio.
    Pokok-pokok Materi

  • KEGIATAN BELAJAR 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Setelah mengikuti seluruh tahapan pada kegiatan belajar ini, peserta dapat merancang multimedia interaktif.

    1. Menguraikan konsep dasar multimedia interaktif.
    2. Mengidentifikasi unsur-unsur interaktivitas dalam sebuah aplikasi multimedia interaktif.
    3. Memilih model multimedia interaktif yang digunakan dalam sebuah media pembelajaran.
    4. Mengidentifikasi informasi storyboard.
    5. Membuat storyboard media pembelajaran interaktif menggunakan format double coloumn.
    6. Menganalisis prinsip-prinsip dasar dalam pembuatan antarmuka sebuah aplikasi bagi pengguna.
    7. Menyajikan hasil analisis prinsip-prinsip dasar dalam pembuatan antarmuka sebuah aplikasi bagi pengguna
    8. Menentukan tipe antarmuka yang digunakan dalam aplikasi multimedia pembelajaran interaktif.
    9. Mengidentifikasi struktur navigasi aplikasi multimedia interaktif.
    10. Menentukan struktur navigasi dalam aplikasi multimedia pembelajaran interaktif.
    11. Membuat sebuah media pembelajaran interaktif.
    Pokok-pokok Materi

  • TES SUMATIF M5

    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan kegiatan belajar 1-4. Untuk mengukur pemahaman Anda, silakan mengerjakan tes sumatif berikut ini.

  • REFLEKSI

    Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan daring ini. Kita  tentunya menginginkan agar kegiatan perkuliahan ini dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan menyenangkan. Olehnya itu, saya sangat mengharapkan masukan dan saran Anda untuk pertemuan-pertemuan berikutnya agar lebih maksimal.

    Silakan disampaikan disini. Terima kasih