Topic outline

  • FOOD & BEVERAGE SERVICE

    Selamat datang kami ucapkan kepada peserta PPG Dalam Jabatan. Modul F&B Service merupakan modul terakhir dari bidang studi pariwisata dan perhotelan. Semoga setelah mempelajari modul pembelajaran ini, peserta memiliki kompetensi dalam bidang F&B Service. Sebelum mempelari materi dibawah ini, jangan lupa membaca pendahuluannya ya. Selamat belajar.

  • M6KB1-FOOD AND BEVERAGE SERVICE

    Halo, Peserta PPG Dalam Jabatan. Tidak terasa modul ini adalah modul terakhir dari Pariwisata dan Jasa Perhotelan. Mempelajari tentang Pariwisata dan Jasa Perhotelan menyenangkan, bukan?

    Pada Modul 6 Kegiatan Belajar 1 ini kita akan mempelajari tentang Food and Beverage Service, Restoran dan Pramusaji. Sudah siap? Yuk kita pelajari bersama!

    TOPIK 1. KONSEP FOOD AND BEVERAGE

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Menjalankan Fungsi Layanan F & B

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan pengertian layanan makanan dan minuman.

    2. Menjelaskan fungsi dan tujuan layanan makanan dan minuman.

    3. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar layanan makanan dan minuman.

    4. Mendeskripsikan ruang lingkup layanan makanan dan minuman.

    5. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran fungsi layanan F&B, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran menjalankan fungsi layanan F&B

    6. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran fungsi layanan F&B

    7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran Fungsi layanan F & B

    8. Melaksanakan pembelajaran Fungsi layanan F & B secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok Pokok Materi

    1. Pengertian Restoran
    2. Sejarah Restoran
    3. Jenis-jenis Restoran

    TOPIK 3. PRAMUSAJI

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Mengidentifikasikan Tugas dan Tanggung Jawab Pramusaji

    Sub Capaian Pembelajaran

     Mendefenisikan pramusaji.

    1. Menjelaskan fungsi pramusaji.
    2. Menguraikan persyaratan menjadi seorang pramusaji.
    3. Menjelaskan kelengkapan pribadi pramusaji.
    4. Menguraikan tugas dan tanggung jawab pramusaji.
    5. Mengidentifikasikan sikap dan kepribadian pramusaji.

    Pokok-pokok Materi

    1. Defenisi pramusaji.
    2. Fungsi pramusaji.
    3. Persyaratan menjadi seorang pramusaji.
    4. Kelengkapan pribadi pramusaji.
    5. Tugas dan Tanggung jawab pramusaji.
    6. Sikap dan Kepribadian pramusaji.
  • M6KB2-KEPERLUAN RESTORAN

    Anda semua pasti pernah makan di restoran. Apakah Anda mengetahui nama-nama peralatan di restoran?

    Ternyata menu itu banyak jenisnya juga lho. Untuk itu, yuk kita pelajari Kegiatan Belajar 2 ini!

    TOPIK 4: PERALATAN RESTORAN

    Capaian Pembelajaran Kegiatan

    Membedakan peralatan yang dipergunakan di restoran

    Sub Capaian Pembelajaran
    1. Menjelaskan faktor yang dipertimbangkan dalam memilih peralatan.

    2. Menguraikan jenis perabot untuk penataan dan pelayanan di restoran.

    3. Menguraikan klasifikasi linen.

    4. Menguraikan klasifikasi chinaware.

    5. Menguraikan klasifikasi tableware.

    6. Menguraikan klasifikasi glassware.

    7. Mendeskripsikan kegunaan other equipments.

    8. Menguraikan cara membersihkan peralatan restoran.

    9. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran peralatan restoran, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran peralatan restoran

    10. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran peralatan restoran

    11. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran peralatan restoran

    12. Melaksanakan pembelajaran peralatan restoran secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    Pokok-pokok Materi

    1. Memilih peralatan
    2. Perabot
    3. Linen
    4. Chinaware
    5. Tableware
    6. Glassware
    7. Other equipments
    8. Membersihkan peralatan restoran

    TOPIK 5. MENU

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Membedakan Jenis-jenis Menu

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan pengertian menu
    2. Mendeskripsikan sejarah menu
    3. Mendeskripsikan fungsi menu
    4. Mendeskripsikan kerangka menu
    5. Membedakan jenis-jenis menu
    6. Mengklasifikasikan sifat menu
    7. Membedakan menu menurut waktu penyajian
    8. Mendeskripsikan dasar menyusun menu
    9. Mendeskripsikan cara menulis menu
    10. Mendisain menu

    Pokok-pokok Materi

    1. Pengertian menu
    2. Sejarah menu
    3. Fungsi menu
    4. Kerangka menu
    5. Jenis-jenis menu
    6. Sifat menu
    7. Menu menurut waktu penyajian
    8. Menyusun menu
    9. Cara menuliskan menu
    10. Disain menu
  • M6KB3-BAR DAN MINUMAN

    Selamat, Anda telah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1 dan 2! Mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang Bar dan Minuman. Yuk kita mulai!

    TOPIK 6. BAR

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Membedakan jenis-jenis Bar

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan pengertian bar

    2. Menjelaskan fungsi bar

    3. Menguraikan struktur organisasi bar

    4. Mendeskripsikan jenis-jenis bar

    5. Menguraikan peralatan bar

    6. Mendeskripsikan prosedur pelayanan bar

    7. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Bar dan Minuman, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Bar dan Minuman

    8. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran Bar dan Minuman

    9. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran bar dan minuman

    10. Melaksanakan pembelajaran bar dan minuman secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-pokok Materi

    1. Pengertian bar
    2. Fungsi bar
    3. Struktur organisasi bar
    4. Jenis-jenis bar
    5. Peralatan bar
    6. Prosedur pelayanan bar

    Topik 7. Minuman

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Membedakan Jenis-jenis Minuman 

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi minuman
    2. Menguraikan pengelompokan minuman
    3. Mendeskripsikan minuman beralkohol (Alcoholic drink)
    4. Mendeskripsikan minuman tidak beralkohol (Non Alcoholic drink)
    5. Mendeskripsikan minuman campuran (Mixed Drink)
    6. Mendeskripsikan metode pembuatan minuman (Mixology)

    Pokok-pokok Materi

    1. Pengertian, fungsi minuman
    2. Pengelompokan minuman
    3. Minuman beralkohol (Alcoholic drink)
    4. Minuman tidak beralkohol (Non Alcoholic drink)
    5. Minuman campuran (Mixed Drink)
    6. Metode pembuatan minuman (Mixology)

  • M6KB4-PELAYANAN (SERVICE)

    Halo Peserta PPG Dalam Jabatan. Masih semangat? 

    Kegiatan Belajar 4 ini merupakan penutup dari Modul 6 F&B Service. Kita akan mempelajari tentang pelayanan (service) dan sequence of service. Yuk kita mulai!

    TOPIK 8. PELAYANAN (SERVICE)

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Membedakan Jenis-jenis Service

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan pengertian pelayanan.

    2. Mendeskripsikan sifat dan karakteristik pelayanan.

    3. Mendeskripsikan jenis-jenis pelayanan (service).

    4. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran membedakan pelayanan (service)., dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pelayanan (service).
    5. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran pelayanan (service).
    6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran pelayanan (service).
    7. Melaksanakan pembelajaran pelayanan (service) secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-pokok Materi

    1. Pengertian pelayanan.
    2. Sifat dan karakteristik pelayanan.
    3. Jenis-jenis pelayanan (service).

    TOPIK 9. SEQUENCE OF SERVICE

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Melaksanakan Service Sequence

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mendeskripsikan persiapan sebelum restoran buka
    2. Mendeskripsikan prosedur pelayanan saat restoran buka
    3. Mendeskripsikan pekerjaan setelah restoran tutup

    Pokok-pokok Materi

    1. Persiapan sebelum restoran buka
    2. Prosedur pelayanan saat restoran buka
    3. Pekerjaan setelah restoran tutup

    Topik 10. Prosedur American Service

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    Melaksanakan Prosedur American Service  

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Menjelaskan Handling reservation
    2. Mendeskripsikan Greeting the guest
    3. Mendeskripsikan Presenting menu
    4. Mendeskripsikan Taking Order
    5. Mendeskripsikan Adjustment
    6. Mendeskripsikan Handling plate
    7. Mendeskripsikan Serving the food
    8. Mendeskripsikan Clear up
    9. Mendeskripsikan Crumbing down

    Pokok-pokok Materi

    1. Handling reservation
    2. Greeting the guest
    3. Presenting menu
    4. Taking Order
    5. Adjustment
    6. Handling plate
    7. Serving the food
    8. Clear up
    9. Crumbing down

  • tugas akhir M6

  • Tes Sumatif M6