Topic outline

  • Housekeeping

    Halo, selamat datang di modul Housekeeping. Pernah tidak mendengar kata Housekeeping?. Yuk pahami materi berikut. Sebelumnya, jangan lupa membaca pendahuluannya ya.. Selamat Belajar

  • M5KB1-Prosedur Pembersihan Public Area

    Hai peserta PPG Dalam Jabatan. Bagaimana kabar Anda hari ini? Tentunya masih semangat, kan?

    Pada modul ini kita akan mempelajari tentang Housekeeping. Kegiatan Belajar 1 ini kita akan membahas tentang Prosedur Pembersihan Public Area. Tahukah Anda siapa yang membersihkan area di hotel? Bagaimana prosedur pembersihannya? Yuk, kita pelajari bersama-sama!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan:

    1. Memahami konsep public area.
    2. Memahami penggunaan peralatan dan bahan-bahan pembersih (cleaning equipment and material).
    3. Memahami dan menganalisis obyek pembersihan dan sumber pengotor.
    4. Memaham teknik dan prosedur pembersihan di public area.
    5. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran prosedur pembersihan Public Area, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran prosedur pembersihan Public Area
    6. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran prosedur pembersihan public area
    7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran prosedur pembersihan public area
    8. Melaksanakan pembelajaran prosedur pembersihan public area secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mengetahui pengertian  public area.
    2. Memahami ruang lingkup public area.
    3. Memahami pengorganisasian public area .
    4. Mengidentifikasi peralatan (equipment) yang dibutuhkan dalam pelayanan public area.
    5. Mengidentifikasi bahan pembersih (cleaning material) yang dibutuhkan dalam pelayanan public area.
    6. Memahami dan menganalisis Obyek pembersihan dan sumber pengotor
    7. Menunjukkan keterampilan dalam ranah konkret dalam menerapkan teknik dan prosedur pembersihan public area.
    8. Mahasiswa mampu Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran prosedur pembersihan Public Area, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran prosedur pembersihan Public Area
    9. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran prosedur pembersihan public area
    10. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran prosedur pembersihan public area
    11. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran prosedur pembersihan public area secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    Pokok-Pokok Materi

    1. Konsep dasar dan ruang lingkup serta pengorganisasian pelayanan Public Area
    2. Peralatan dan bahan-bahan pembersih (Cleaning Material and Equipment)
    3. Obyek pembersihan dan sumber pengotor
    4. Teknik dan prosedur pembersihan Public Area

  • M5KB2-Menyiapkan Kamar Untuk Tamu "Preparing Room For Guest"

    Halo! Bertemu lagi dalam pembelajaran modul Housekeeping. Setelah Anda tuntas mempelajari Prosedur Pembersihan Public Area di Kegiatan Belajar 1, maka selanjutnya kita akan membahas pada Kegiatan Belajar 2 mengenai Persiapan Kamar untuk Tamu. Sudah siap? Yuk kita mulai.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mengorganisasikan proses pembersihan kamar
    2. Melakukan pemeriksaan status kamar dan melaporkannya
    3. Memasuki kamar dengan prosedur yang benar.
    4. Menjalankan tahapan making bed dengan menggunakan 3 sheet
    5. Membersihkan kamar mandi sesuai prosedur.
    6. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran menyiapakan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran menyiapakan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”.
    7. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”
    8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”
    9. Melaksanakan pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest” secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Mengetahui perlengkapan (alat, bahan pembersih, Linen, dan guest supplies) yang diperlukan dalam penataan kamar.
    2. Menata trolley sesuai dengan prosedur dan kegunaannya
    3. Mengetahui bagian-bagian tempat tidur
    4. Dapat melakukan striping the bed
    5. Mampu menangani linen bersih
    6. Mampu membereskan tempat tidur
    7. Mengetahui teknik dan prosedur pembersihan kamar
    8. Mampu membersihkan peralatan kamar
    9. Mampu melengkapi guest supplies kamar tidur dan kamar mandi
    10. Mengetahui proses penangan hama dan binatang pengerat yang terdapat di kamar tamu
    11. Melakukan pemeliharaan kamar dan melaporkannya
    12. Mampu melakukan pemberasihan kamar mandi
    13. Melakukan pemeriksaan terakhir.
    14. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran menyiapakan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran menyiapakan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”.
    15. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”
    16. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest”
    17. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran menyiapkan kamar untuk tamu “Preparing room for guest” secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     Pokok-Pokok Materi

    1. Menata perlengkapan dan trolley
    2. Akses ke kamar untuk pelayanan pembersihan kamar
    3. Membereskan tempat tidur
    4. Membersihkan dan merapikan kamar

  • M5KB3-Layanan Laundry dan Linen

    Selamat, Anda telah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1 dan 2! Mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang Layanan Laundry dan Linen.  Yuk kita mulai!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Memahami fungsi layanan cucian
    2. Mengenali organisasi layanan cucian
    3. Mengenali dan menentukan mesin/peralatan cucian (laundry machine) Memilih peralatan kebersihan penunjang (suporting unit)
    4. Menetapkan bahan pembersih (cleaning supplies)
    5. Memahami prosedur layanan cucian
    6. Memahami jenis-jenis linen hotel
    7. Memahami prosedur penyediaan linen hotel
    8. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran layanan laundry dan linen, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran layanan laundry dan linen.
    9. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran layanan laundry dan linen
    10. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran layanan laundry dan linen
    11. Melaksanakan pembelajaran layanan laundry dan linen secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Merencanakan layanan cucian (laundry)
    2. Mengkoordinasikan fungsi organisasi layanan cucian
    3. Mengawasi operasional mesin/peralatan cucian (laundry machine)
    4. Mengontrol penanganan peralatan dan bahan kebersihan (cleaning supplies and equipment)
    5. Mengarahkan dan mengambil tindakan koreksi jika terjadi permasalahan dalam prosedur layanan cucian
    6. Mengarahkan dan mengambil tindakan koreksi jika terjadi permasalahan dalam prosedur layanan cucian
    7. Mampu mengelompokan jenis-jenis linen hotel
    8. Mengarahkan dan mengambil tindakan koreksi jika terjadi permasalahan dalam prosedur layanan linen
    9. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran layanan laundry dan linen, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran layanan laundry dan linen.
    10. Mahasiwa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran layanan laundry dan linen
    11. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran layanan laundry dan linen
    12. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran layanan laundry dan linen secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-Pokok Materi

    1. Fungsi layanan cucian
    2. Organisasi layanan cucian
    3. Peralatan cucian (laundry machine)
    4. Peralatan kebersihan penunjang (supporting unit)
    5. Bahan pembersih (cleaning supplies)
    6. Prosedur layanan cucian.
    7. Jenis-jenis linen hotel
    8. Prosedur layanan linen hotel
  • M5KB4-Penanganan Lost and Found

    Halo peserta PPG Dalam Jabatan. Tidak terasa ini adalah Kegiatan Belajar terakhir di modul 5. Kali ini kita akan mempelajari cara penanganan apabila tamu kehilangan barang. Yuk kita pelajari bersama.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mengorganisasikan proses layanan lost and found

    2. Melakukan pemeriksaan barang temuan dan melaporkanya

    3. Mengelompokan barang temuan tamu sesuai klasifikasi barang

    4. Memberikan layanan lost and found sesuai prosedur

    5. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran penanganan Lost and Found, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran penanganan Lost and Found.

    6. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran penanganan lost and found

    7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran penanganan lost and found

    8. Melaksanakan pembelajaran penanganan lost and found secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mengetahui proses layanan lost and found

    2. Melakukan pemeriksaan barang temuan dan melaporkanya

    3. Mampu mengelompokan barang temuan tamu sesuai klasifikasi barang

    4. Mampu mengkomunikasikan dengan bagian yang terlibat dalam penanganan lost and found.

    5. Mampu memberikan layanan lost and found sesuai prosedur

    6. Mampu menggunakan formulir yang digunakan dalam layanan lost and found

    7. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran penanganan Lost and Found, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran penanganan Lost and Found.

    8. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran lost and found

    9. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran penanganan lost and found

    10. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran penanganan lost and found secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    Pokok-Pokok Materi

    1. Langkah-langkah dalam menerima laporan kehilangan barang milik tamu
    2. Penanganan barang lost & found secara umum
    3. Klasifikasi barang-barang lost and found
    4. Alur penanganan lost & found

  • TUGAS AKHIR M5

  • tes Sumatif M5