Topic outline

  • Front Office

    Halo Peserta PPG Dalam Jabatan. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan baik ya.

    Sekarang, kita akan mempelajari tentang Front Office. Apa itu Front Office? Apa saja bagian dari  Front Office ?

    Baiklah, mengenai Front Office dan seluk beluknya akan kita pelajari dalam modul berikut ini. 

    Sebelumnya, jangan lupa baca pendahuluannya, ya.

    Selamat belajar..

  • M4KB1-Trend Industri Perhotelan


    Selamat datang di Modul Front Office. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Pada modul ini, pertama kali kita akan mempelajari tentang trend industri perhotelan. Yuk kita mulai Kegiatan Belajar 1 ini tentang bisnis hotel, struktur organisasi dan fasilitas hotel. 

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Menganalisis dan merekontruksikan trend industri perhotelan
    2. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran trend industri perhotelan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran trend industri perhotelan
    3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran trend industri perhotelan
    4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran trend industri perhotelan
    5. Melaksanakan pembelajaran trend industri perhotelan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     Sub capaian Pembelajaran

     

    1. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan industri perhotelan
    2. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran trend industri perhotelan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran trend industri perhotelan
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran trend industri perhotelan
    4. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran trend industri perhotelan
    5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran trend industri perhotelan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-Pokok Materi

    1. Bisnis perhotelan
    2. Jenis hotel berdasarkan kepemilikan
    3. Struktur organisasi hotel
    4. Fasilitas yang disediakan hotel
  • M4KB2-Reservasi

    Halo! Bertemu lagi dalam pembelajaran modul 4 Front Office. Setelah Anda tuntas mempelajari Trend Industri Perhotelan di Kegiatan Belajar 1, maka selanjutnya kita akan membahas pada Kegiatan Belajar 2 mengenai Reservasi. Sudah siap? Yuk kita mulai!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Menganalisis pelayanan pemesanan kamar /reservation service
    2. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran reservasi, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran reservasi.
    3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran reservasi
    4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran reservasi
    5. Melaksanakan pembelajaran reservasi secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Mahasiswa mampu menggolongkan jenis reservasi yang digunakan di hotel
    2. Mahasiswa mampu memutuskan tipe kamar yang ditawarkan kepada tamu
    3. Mahasiswa mampu memutuskan prosedur reservasi yang tepat digunakan di hotel
    4. Mahasiswa mampu Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran reservasi, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran reservasi
    5. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran reservasi
    6. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran reservasi
    7. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran reservasi secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     Pokok-pokok materi

    1. Jenis –jenis reservasi
    2. Tipe kamar yang ditawarkan di hotel
    3. Komponen harga kamar
    4. Status kamar
    5. Prosedur reservasi
    6. Perubahan reservasi
    7. Pembatalan reservasi (cancelation)
    8. Tamu no show
    9. Status reservasi

  • M4KB3-Check In

    Selamat, Anda telah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1 dan 2! Mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang Check In. Yuk kita mulai!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check in)
    2. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran check-in, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran check-in
    3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran check-in
    4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran check in
    5. Melaksanakan pembelajaran check in secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mahasiswa mampu menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check in)
    2. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran check-in, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran check-in
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran check-in
    4. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran check in
    5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran check in secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-Pokok Materi

    1. Konsep dasar dan ruang lingkup layanan check in

    2. Persiapan awal kegiatan reception

    3. Tata urutan pelayanan yang diberikan oleh reception 

  • M4KB4-CHECK OUT

    Halo! Tidak terasa kali ini kita akan memasuki materi terakhir dari Modul 4 Front Office. Bagaimana, materi tentang Front Office menyenangkan, bukan?  Selanjutnya kita akan mempelajari Kegiatan Belajar 4 yang berisi mengenai materi tentang Check Out. Yuk kita pelajari bersama!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check out)
    2. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Check out, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Check out
    3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Check out
    4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran check out
    5. Melaksanakan pembelajaran check out secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.  Mahasiswa mampu menjalankan prosedur pelayanan check out
    2. Mahasiswa mampu memproses bill tamu.
    3. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Check out, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Check out
    4. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Check out
    5. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran check out
    6. Melaksanakan pembelajaran check out secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok – Pokok Materi

    1. Prosedur Pelayanan Check Out

    2. Memproses bill tamu

    3. Ruang Lingkup Kegiatan FO Cashier dengan General Cashier

    4. Memeriksa Pencatatan Transaksi Rekening Tamu yang dilakukan FO Cashier

  • Tugas Akhir M4

  • TES SUMATIF M4