Topic outline

  • MICE

    Halo, selamat datang di modul MICE. Pernah tidak mendengar kata MICE?. MICE merupakan singkatan dari  meeting, incentive, convention dan exhibition. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami materi berikut ini. Sebelumnya, jangan lupa membaca pendahuluannya ya.. Selamat Belajar

  • M2KB1-Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)

    Selamat datang di Modul 2 (MICE). Senang sekali kami bisa bertemu lagi dengan Anda. Minggu lalu Anda sudah mempelajari tentang Usaha Jasa Pariwisata. Minggu ini, kita akan mempelajari tentang MICE, Produk MICE serta Kegiatan MICE

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Mengemas paket produk MICE yang potensial
    2. Menghitung harga paket MICE
    3. Menganalisis persiapan perlengkapan MICE bagi peserta
    4. Menganalisis produk rekanan (hotel, hiburan, souvenir) dan melakukan pemesanan produk dan jasa rekanan
    5. Mengatur dan melaksanakan penjemputan peserta
    6. Menganalisis kemungkinan masalah yang terjadi
    7. Mengatasi masalah yang terjadi
    8. Mengevaluasi kegiatan MICE
    9. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition), dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition).
    10. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
    11. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
    12. Melaksanakan pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Mahasiswa dapat mengemas paket produk MICE yang potensial
    2. Mahasiswa dapat menghitung harga paket MICE
    3. Mahasiswa dapat menganalisis persiapan perlengkapan MICE bagi peserta
    4. Mahasiswa dapat menganalisis produk rekanan (hotel, hiburan, souvenir) dan melakukan pemesanan produk dan jasa rekanan
    5. Mahasiswa dapat mengatur dan melaksanakan penjemputan peserta
    6. Mahasiswa dapat menganalisis kemungkinan masalah yang terjadi
    7. Mahasiswa dapat mengatasi masalah yang terjadi
    8. Masiswa dapat mengevaluasi kegiatan MICE
    9. Mahasiswa dapat mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition), dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition).
    10. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
    11. Mahasiswa mampu Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)
    12. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran Pengelolaan Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    POKOK – POKOK MATERI

    1. Pengertian MICE
    2. Paket produk MICE
    3. Rekenan Produk MICE
    4. Proses kegiatan MICE
    5. Evaluasi kegiatan MICE

  • M2KB2-Kerjasama dengan Kolega dan Wisatawan Asing

    Halo! Bertemu lagi dalam pembelajaran modul 2 MICE. Setelah Anda tuntas mempelajari Pengelolaan Paket MICE di Kegiatan Belajar 1, maka selanjutnya kita akan membahas pada Kegiatan Belajar 2 mengenai Kerjasama dengan Kolega dan Wisatawan Asing. Sudah siap? Yuk kita mulai.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menerangkan kharakteristik kerjasama.
    2. Penerapan bentuk  - bentuk kerjasama.
    3. Menerangkan fungsi bahasa asing dalam pariwisata
    4. Membedakan kharakteristik bahasa asing pariwisata
    5. Menilai penggunaan penggunaan bahasa asing pariwisata
    6. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    7. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    9. Melaksanakan pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Mahasiswa dapat menerangkan kharakteristik kerjasama.
    2. Mahasiswa dapat menerapan bentuk  - bentuk kerjasama.
    3. Mahasiswa dapat menerangkan fungsi bahasa asing dalam pariwisata
    4. Mahasiswa dapat membedakan kharakteristik bahasa asing pariwisata
    5. Mahasiswa dapat menilai penggunaan penggunaan bahasa asing pariwisata
    6. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    7. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    8. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing
    9. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran kerjasama dengan kolega dan wisatawan asing secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    POKOK – POKOK MATERI

    1. Defenisi dan Karakteristik Kerjasama
    2. Bentuk dan Model Kerjasama
    3. Komunikasi dalam Kerjasama
    4. Fungsi Bahasa Asing Pariwisata

  • M2KB3-Perencanaan Promosi Produk Kreatif

    Selamat, Anda telah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1 dan 2! Mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang Perencanaan Promosi Produk Kreatif.  Yuk kita mulai!

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menganalislis Kebutuhan Promosi
    2. Merancang bentuk promosi produk pariwisata
    3. Merancang pesan promosi produk wisata
    4. Menentukan saluran promosi
    5. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    6. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    8. Melaksanakan pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

     

    1. Mahasiswa dapat menganalislis Kebutuhan Promosi
    2. Mahasiswa dapat merancang bentuk promosi produk pariwisata
    3. Mahasiswa dapat merancang pesan promosi produk wisata
    4. Mahasiswa dapat menentukan saluran promosi
    5. Mahasiswa dapat Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    6. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    7. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif
    8. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran perencanaan promosi produk kreatif secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    POKOK – POKOK MATERI

    1. Pengertian Promosi
    2. Defenisi Industri Kreatif
    3. Promosi Produk Kreatif
    4. Teknis Promosi Produk Kreatif

  • M2KB4-Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan

    Halo! Tidak terasa kali ini kita akan memasuki materi terakhir dari Modul 2 MICE. Kegiatan Belajar 4 ini berisi mengenai Data Informasi Kepariwisataan. Yuk kita pelajari bersama!

     

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menkonstruksi pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    2. Menyempurnakan pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    3. Membandingkan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Menerangkan Pengertian Tujuan dan Fungsi Data Informasi Kepariwisataan
    5. Mengklasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    6. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    7. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    9. Melaksanakan pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1.  Mahasiswa mampu menkonstruksi pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    2. Mahasiswa mampu menyempurnakan pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    3. Mahasiswa mampu membandingkan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Mahasiswa mampu menerangkan Pengertian Tujuan dan Fungsi Data Informasi Kepariwisataan
    5. Mahasiswa mampu mengklasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    6. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    7. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    8. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    9. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran pemutakhiran data informasi kepariwisataan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    POKOK – POKOK MATERI

    1. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Informasi Kepariwisataan
    2. Klasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    3. Pengelolaan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Perbandingan Data Informasi Kepariwisataan

  • tugas akhir M2

  • Tes Sumatif M2