Topic outline

  • USAHA JASA PARIWISATA

    Selamat datang kepada para peserta PPG dalam jabatan pada bidang studi Pariwisata dan Jasa Perhotelan. Modul pertama yang akan dibahas adalah mengenai Usaha Perjalanan Wisata. Detail materinya akan dipaparkan dibawah ini. Namun, sebelum anda memulai mempelajari materi, jangan lupa untuk membaca pendahuluan. Hal ini ditujukan agar anda dapat mengetahui kompetensi yang akan diperoleh setelah mempelajari modul ini.

    Selamat Belajar..

  • M1KB1-Mengkonstruksi Industri Pariwisata

    Selamat datang di Modul Usaha Jasa Pariwisata. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Pada modul ini, pertama kali kita akan mempelajari tentang Industri pariwisata. Yuk, kita mulai  Kegiatan Belajar 1 ini tentang industri dan produk pariwisata serta potensi kepariwisataan lokal.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menggambarkan karakteristik industry dan produk pariwisata
    2. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran mengkonstruksi industri pariwisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran mengkonstruksi industri pariwisata.
    3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata
    4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata
    5. Melaksanakan pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan:

    1. Mahasiswa mampu menggambarkan karakteristik industry dan produk pariwisata
    2. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran mengkonstruksi industri pariwisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran mengkonstruksi industri pariwisata.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata
    4. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata
    5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran mengkonstruksi indutri pariwisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

    Pokok-Pokok Materi:

    1. Definisi pariwisata
    2. Motivasi Wisatawan
    3. Dampak negative dan positif dari kegiatan pariwisata
    4. Definisi  dan Karakteristik Produk wisata
  • M1KB2-Mengevaluasi sistem reservasi ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System) dan Menganalisis Perencanaan Perjalanan Wisata

    Halo! Bertemu lagi dalam pembelajaran modul 1 Usaha Jasa Pariwisata. Setelah Anda tuntas mempelajari industri dan produk pariwisata serta potensi kepariwisataan lokal di Kegiatan Belajar 1, maka selanjutnya kita akan membahas pada Kegiatan Belajar 2 mengenai sistem reservasi ticketing dan perencanaan perjalanan wisata. Sudah siap? Yuk kita mulai.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menkonstruksi pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    2. Menyempurnakan pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    3. Membandingkan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Menerangkan Pengertian Tujuan dan Fungsi Data Informasi Kepariwisataan
    5. Mengklasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    6. Mengevaluasi sistem reservasi tiketing dengan CRS
    7. Menerapkan prinsip persiapan tiket penerbangan internasional normal dan promosi
    8. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System), dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    9. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    10. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    11. Melaksanakan pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System) secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

     

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

     

    1. Mahasiswa mampu menkonstruksi pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    2. Mahasiswa mampu menyempurnakan pemutakhiran data informasi kepariwisataan
    3. Mahasiswa mampu membandingkan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Mahasiswa mampu menerangkan Pengertian Tujuan dan Fungsi Data Informasi Kepariwisataan
    5. Mahasiswa mampu mengklasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    6. Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem reservasi tiketing dengan CRS
    7. Mahasiswa dapat menerapkan prinsip persiapan tiket penerbanan internasional normal dan promosi
    8. Mahasiswa dapat mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System), dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    9. Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    10. Mahasiswa dapat menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System)
    11. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran Pemutakhiran Data Informasi Kepariwisataan dan Mengevaluasi Sistem Reservasi Ticketing dengan CRS (Computerized Reservation System) secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     POKOK – POKOK MATERI

    1. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Informasi Kepariwisataan
    2. Klasifikasi Data Informasi Kepariwisataan
    3. Pengelolaan Data Informasi Kepariwisataan
    4. Perbandingan Data Informasi Kepariwisataan
    5. Macam-macam CRS dan GDS
    6. Mengakses dan Menggunakan Sistem
    7. Mengoperasikan CRS dan GDS
    8. Penghitungan tarif tiket internasional dan domestik
  • M1KB3-Menganalisis Dokumen Administrasi UPW dan Mengevaluasi Pengelolaan Perjalanan Wisata

    Selamat, Anda telah selesai mempelajari Kegiatan Belajar 1 dan 2! Mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang Dokumen Administrasi UPW dan Perjalanan Wisata. Yuk kita mulai!

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mengklasifikasi jenis-jenis dokumen administrasi UPW
    2. Mengidentifikasi informasi pendukung dokumen administrasi UPW
    3. Menjelaskan dasar-dasar pengurusan dokumen administrasi
    4. Menjelaskan prosedur penanganan dokumen administrasi UPW
    5. Menganalisis pengelolaan perjalanan wisata sesuai standar internasional
    6. Merancang dan menganalisis hasil survey kepuasan turis
    7. Menyelesaikan masalah dalam pengelolaan perjalanan wisata
    8. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    9. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    10. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    11. Melaksanakan pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan:

    1. Mahasiswa mampu mengklasifikasi jenis-jenis dokumen administrasi UPW
    2. Mahasiswa  mampu  mengidentifikasi  informasi  pendukung  dokumen  administrasi UPW
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar pengurusan dokumen administrasi
    4. Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur penanganan dokumen administrasi UPW
    5. Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan perjalanan wisata sesuai standar internasional
    6. Mahasiswa mampu merancang dan menganalisis hasil survey kepuasan turis
    7. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dalam pengelolaan perjalanan wisata
    8. Mahasiswa mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    9. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    10. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata
    11. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis dokumen administrasi UPW dan mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-Pokok Materi

    1. Definisi Travel Document
    2. Jenis-Jenis Dokumen Perjalanan
    3. Paspor
    4. Visa
    5. Fiskal
    6. Health Certificate
    7. Menganalisis pengelolaan perjalanan wisata sesuai standar internasional
    8. Merancang dan menganalisis hasil survey kepuasan turis
    9. Menyelesaikan masalah dalam pengelolaan perjalanan wisata

  • M1KB4-Melaksanakan Pemanduan Perjalanan Wisata

    Halo! Tidak terasa kali ini kita akan memasuki materi terakhir dari Modul 1 Usaha Jasa Pariwisata. Kegiatan Belajar 4 ini berisi mengenai Pemanduan Perjalanan Wisata. Yuk kita pelajari bersama!

     

     Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan:

    1.  Melakukan pemanduan wisata sesuai dengan SOP
    2. Mengkreasikan pemanduan wisata sesuai dengan permintaan wisatawan
    3. Mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    4. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    6. Melaksanakan pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     Sub Capaian Pembelajaran:

    1.  Mahasiswa mampu Melakukan pemanduan wisata sesuai dengan SOP
    2. Mahasiswa mampu Mengkreasikan pemanduan wisata sesuai dengan permintaan wisatawan
    3. Mahasiswa mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    4. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran  pada proses pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    5. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata
    6. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran melaksanakan pemanduan perjalanan wisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

     

    Pokok-Pokok Materi:

    1. Melakukan pemanduan wisata sesuai dengan SOP
    2. Mengelola pemanduan rombongan wisatawan
    3. Mengkreasikan pemanduan wisata sesuai dengan permintaan wisatawan
    4. Menangani keadaan darurat terkait kondisi turis

  • TUGAS AKHIR M1

  • Tes Sumatif M1