Topic outline

  • Modul 1. Elektronika Dasar

    Spada indonesia

    Selamat datang para mahasiswa PPG Dalam Jabatan yang saya cintai...!!

    Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari dan mendalami bidang keahlian Teknik Elektronika, yang diawali dengan kajian materi pada Modul Elektronika Dasar.  Semoga sajian materi yang terdapat pada Modul 1 ini, akan sama-sama dapat dikuasai dengan baik dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran Elektronika Dasar.

    Pada Modul pertama ini, kita akan mempelajari konsep dasar dalam Teknik Elektronika, yang berkaitan dengan pengetahuan awal keteknikelektronikaan, dan menjadi pondasi dasar dalam pengembangan bidang keahlian elektronika. Materi Modul 1 ini  mencakup bahasan  :

    1. Komponen Aktif dan Pasif Elektronika
    2. Rancangan Rangkaian Elektronika Analog dasar
    3. Menganalisis Rangkaian Elektronika Analog
    4. Menerapkan Perawatan dan memperbaiki rangkaian elektronika
    5. Dasar Hukum Rangkaian listrik
    6. Arus searah
    7. Arus Bolak balik
    Nah, tujuh topik bahasan yang diuraikan di atas kita kelompokkan menjadi 4 Kegiatan Belajar (KB), yaitu :
    • KB 1. Komponen Dasar Elektronika
    • KB 2. Analisa Rangkaian Listrik dan Elektronika
    • KB 3. Pengukuran Besaran Listrik
    • KB 4. Perawatan dan Perbaikan Rangkaian Elektronika

     

    Untuk memaksimalkan proses pembelajaran daring, maka panduan singkat ini dapat kita pedomani bersama, agar keberhasilan belajar mandiri akan dapat dicapai dengan hasil yang maksimal.
    • Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat menguasai materi pelajaran Teknik Elektronika, yaitu :
      • KB 1. Komponen Dasar Elektronika
      • KB 2. Analisa Rangkaian Listrik dan Elektronika
      • KB 3. Pengukuran Besaran Listrik
      • KB 4. Perawatan dan Perbaikan Rangkaian Elektronika

      Materi ini merupakan materi esensial pada kurikulum 2013 Teknik Elektronika SMK yang harus dikuasai guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan memperluas wawasan mengenai Teknik Elektronika.
    • Modul ini dikembangkan dalam bentuk hybrid learning dengan menyatukan modul cetak dengan modul dalam jaringan (daring) agar peserta dapat belajar secara mandiri. 
    • Proses pembelajaran dalam modul ini akan dapat berjalan dengan baik jika Anda mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Pelajari setiap kegiatan belajar dalam modul ini dengan baik. Setiap kegiatan belajar dihybrid dengan power point, video, ataupun jurnal yang berhubungan dengan materi pada kegiatan belajar tersebut
    2. Kerjakan semua tugas pada setiap kegiatan belajar untuk memperdalam materi yang telah dipelajari
    3. Kerjakan tes formatif pada setiap kegiatan belajar untuk mengevaluasi ketercapaian pembelajaran.
    4. Kerjakan tes sumatif dari modul untuk mereview pemahaman Anda. Semoga modul ini dapat membantu peserta PPG dalam jabatan untuk memenuhi kompetensi profesionalnya.

  • KB-1. Analisis Rangkaian Listrik dan Elektronika

    Berbicara mengenai rangkaian listrik, tentu tidak dapat dilepaskan dari pengertian rangkaian itu sendiri. Rangkaian (circuit) adalah interkoneksi dari sekumpulan elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubung. Rangkaian disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup. Dengan kata lain, hanya dengan satu lintasan tertutup saja kita dapat menganalisis suatu rangkaian. Lintasan tertutup adalah satu lintasan saat kita mulai dari titik yang dimaksud akan kembali lagi ke titik tersebut tanpa terputus dan tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang kita tempuh. Rangkaian listrik merupakan dasar dari teori rangkaian pada teknik elektro yang menjadi dasar atau fundamental bagi ilmu-ilmu lainnya seperti elektronika, sistem daya, sistem komputer, putaran mesin, dan teori kontrol.

    Menganalisis rangkaian listrik AC dan DC dengan menerapkan hukum-hukum rangkaian listrik dan elektronika

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menganalisis rangkaian listrik AC dan DC
    2. Menerapkan hukum-hukum rangkaian listrik dan elektronika

    Untuk merealisasikan capaian pembelajaran, beberapa materi pokok terkait analisis rangkaian listrik dan elektronika disusun sebagai berikut.

    1. Istilah Kelistrikan Dasar
    2. Hukum-Hukum Kelistrikan
    3. Metode Analisis Rangkaian
    4. Teorema Rangkaian Kelistrikan dan Elektronika
    5. Analisis Rangkaian AC dan DC

    Detail materi pembelajaran dapat diikuti pada uraian materi dan media pendukung yang disertakan berikut ini :



  • KB-2. Komponen Dasar Elektronika

    Perkembangan teknologi dan sistem  elektronika pada dua dekade terakhir mengalami kemajuan secara eksponensial. Hal ini ditandai dengan sistem elektronika berkecepatan dan berkemampuan tinggi, dengan ukuran yang semakin kecil. Selain itu, sistem elektronika saat ini menjadi tulang punggung tidak hanya pada bidang elektronika sendiri tetapi  merambah hampir di setiap bidang kehidupan manusia. Sistem kendali, otomasi industri, instrumentasi (industri maupun medis) hingga hiburan merupakan bidang-bidang aplikasi sistem elektronika. Karena itu, pemahaman tentang teknologi dan sistem elektronika menjadi amat penting.

    Pada kegiatan belajar ini, ada dua bagian besar yang dibahas yaitu pemahaman tentang komponen (pasif dan aktif) serta teori rangkaian yang digunakan untuk menganalisis dan merancang sistem elektronika. Komponen pasif diwakili oleh tiga jenis komponen yang sangat familiar, yakni resistor, induktor, dan kapasitor (RLC). Sementara komponen aktif diwakili oleh tiga komponen utama dan juga akrab di telinga mahasiswa sekalian, yaitu dioda semikonduktor, transistor, dan penguat operasional. Pada bahasan tentang dioda, hanya difokuskan pada dioda persambungan p-n (p-n junction diode), meskipun secara singkat dijelaskan juga jenis dioda lainnya. Demikian halnya pada bahasan mengenai transistor, tidak hanya bipolar junction transistor (BJT), namun juga unipolar transisto, terutama FET. Dalam pada itu, kajian tentang penguat operasional lebih diarahkan pada aplikasinya, mengingat teknologi bahan dan komponennya sudah terintegrasi.

    • Merancang, menganalisis dan merealisasikan sistem elektronika analog menggunakan komponen aktif dan pasif.

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menjelaskan karakteristik komponen pasif (R, L dan C)
    2. Menjelaskan karakteristik dan pembiasan komponen aktif analog
    3. Menganalisis rangkaian elektronika analog
    4. Merancang rangkaian elektronika analog
    5. Merealisasikan rangkaian elektronika analog

    Untuk merealisasikan capaian pembelajaran, beberapa materi pokok terkait komponen elektronika dan teori rangkaian, disusun sebagai berikut.

    1. Karakteristik Komponen Pasif
    2. Karakteristik dan Pembiasan Komponen Aktif Analog
    3. Analisis Rangkaian Elektronika Analog
    4. Perancangan Rangkaian Elektronika Analog
    5. Realisasi Rangkaian Elektronika Analog

    Detail materi pembelajaran dapat diikuti pada uraian materi dan media pendukung yang disertakan berikut ini :

  • KB-3. Pengukuran Besaran Listrik

    Modul ini dimaksudkan untuk mengantarkan Saudara  menguasai prinsip dasar pengukuran. Dalam pengukuran, termasuk pengukuran besaran listrik, pengertian estimasi pengukuran dan unit standar sangat mendasar, sehingga harus dipahami. Istilah yang sangat penting lainnya adalah ketepatan  estimasi, atau lebih baik disebut ketidakpastian (uncertainty) estimasi. Hampir pasti dalam setiap pekerjaan pengukuran, nilai yang diperoleh adalah nilai nyata yang diikuti dengan faktor ketidakpastian. Tanpa pengetahuan tentang ketidakpastian estimasi, seluruh proses pengukuran tidak ada gunanya. Diskusi tentang hal ini perlu Saudara perdalam, termasuk hal lain yang menyebabkan ketidak-akuratan hasil pengukuran. Pada kegiatan belajar ini, Saudara hanya diberikan dasar-dasar dalam pengukuran, pengolahan sinyal untuk pengukuran, alat ukur, hingga modus pengukuran masa depan berbasis komputer dan data digital. Dasar ini amat penting karena berhubungan dengan topik-topik bidang elektronika di tingkat lanjut, terutama pada pengolahan sinyal dan pengendalian.

    • Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran- besaran listrik

     Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menjelaskan konsep pengukuran besaran listrik
    2. Menggunakan alat ukur besaran listrik analog dan digital
    3. Menjelaskan pemrosesan sinyal pengukuran analog
    4. Menjelaskan pemrosesan sinyal digital
    5. Menerapkan pengukuran menggunakan komputer

     

    Untuk merealisasikan capaian pembelajaran, beberapa materi pokok terkait pengukuran besaran listrik, disusun sebagai berikut :

    1. Konsep Pengukuran Besaran Listrik
    2. Pengukuran Besaran Listrik Klasik
    3. Pemrosesan Sinyal Pengukuran Analog
    4. Pemrosesan Digital Sinyal Pengukuran
    5. Sistem Pengukuran dengan Komputer

    Detail materi pembelajaran dapat diikuti pada uraian materi dan media pendukung yang disertakan berikut ini :

  • KB-4. Perawatan dan Perbaikan Rangkaian Elektronika

    Perawatan (maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara atau menjaga fasilitas peralatan dan mengadakan perbaikan atau penyesuaian dan penggantian yang diperlukan agar peralatan bekerja dengan baik. Perawatan dilakukan secara sengaja dan sistematis terhadap peralatan hingga mencapai hasil yang dapat diterima dan diinginkan. Pengertian yang telah dikemukakan menunjukkan bahwa kegiatan perawatan dalam bidang elektronika merupakan kegiatan mengikuti prosedur tertentu untuk menghindari kerusakan pada rangkaian dan menjaga keandalan masing-masing komponen dan sistem secara keseluruhan , sehingga peralatan bekerja optimal. Dalam bidang elektronika, kegagalan sistem hanya disebabkan oleh kegagalan dini atau kegagalan normal karena faktor usia pakai alat.

     

    • Menerapkan pengetahuan tentang perawatan dan perbaikan rangkaian elektronika.

     Sub Capaian Kegiatan Pembelajaran

    1. Menjelaskan pengertian, aktifitas, alat dan bahan pada pada perawatan dan perbaikan rangkaian elektronika
    2. Menjelaskan penerapan metoda pelacakan kerusakan rangkaian elektronika
    3. Menjelaskan gejala kerusakan dan perbaikan rangkaian elektronika
    4. Menjelaskan penerapan manajemen perawatan dan perbaikan rangkaian elektronika.

     

    1. Materi 1:  Perawatan dan Perbaikan Rangkaian Elektronika
    2. Materi 2:  Pelacakan Kerusakan Rangkaian Elektronika
    3. Materi 3:  Kerusakan dan Perbaikan Rangkaian Elektronika
    4. Materi 4:  Manajemen Perawatan dan Perbaikan Rangkaian Eletronika

    Detail materi pembelajaran dapat diikuti pada uraian materi dan media pendukung yang disertakan berikut ini :