Topic outline

  • MODUL 4. LARUTAN

    PENDAHULUAN

     

    Modul ini berjudul “Larutan dan Koloid” yang dikemas dalam empat kegiatan belajar dan seluruhnya diberi alokasi waktu 5 jam pembelajaran. Empat kegiatan belajar tersebut disusun dengan urutan sebagai berikut:

    1. Kegiatan Belajar 1       : Asam Basa
    2. Kegiatan Belajar 2       : Hidrolis Garam dan Buffer
    3. Kegiatan Belajar 3       : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
    4. Kegiatan Belajar 4       : Koloid

    Pada kegiatan belajar pertama dibahas 9 materi pokok, Definisi Larutan, Perbedaan Larutan Belum Jenuh, Tepat Jenuh dan Lewat Jenuh, Konsentrasi Larutan, Sifat Umum Asam dan Basa, Teori Asam – Basa, Indikator Asam-Basa, Kesetimbangan Asam –Basa Dari Air, pH larutan Asam-Basa dan Titrasi Asam-Basa

    Pada kegiatan belajar kedua dibahas 2 materi pokok, yaitu hidrolisis garam dan larutan buffer. Untuk hidrolisis garam akan dibahas jenis larutan garam dan konsep hidrolisis, sifat larutan garam, pH larutan garam. Sedangkan untuk larutan buffer akan dibahas Konsep larutan buffer, Menghitung perubahan pH buffer dan Pembuatan larutan buffer pH tertentu.

    Pada kegiatan ke tiga dibahas tentang Perbedaan larutan belum jenuh, tepat jenuh dan lewat jenuh; kelarutan senyawa ion, ungkapan tetapan hasil kali kelarutan, hubungan kelarutan, hasil kali kelarutan dan konsentrasi ion dalam larutan, pengaruh penambahan ion sejenis terhadap kelarutan, pengaruh pH terhadap kelarutan, pH larutan dari harga Ksp, pengaruh penambahan ion senama terhadap kelarutan melalui percobaan, Reaksi pengendapan

    Pada kegiatan ke empat dibahas tentang Perbedaan sistim koloid dengan larutan dan suspensi, Jenis sistim koloid berdasarkan fase terdispersi dan pendispersi, Sifat sistim koloid, Cara pembuatan sistim koloid, Cara penstabilan sisitm koloid, Aplikasi dan kegunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari, Merancang Percobaan tentang koloid.

    Relevansi dan Deskripsi Singkat

    Materi pada modul 4 merupakan dasar dalam mempelajari materi tentang campuran homogen maupun heterogen.  Setelah mempelajari modul 4 ini diharapkan Anda dapat: menguasai konsep dan aplikasinya dalam perhitungan pH larutan asam-basa, menguasai konsep hidrolisis garam dan larutan buffer, menguasai konsep dan aplikasi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan, menguasai Konsep dan Aplikasi Koloid dalam Kehidupan Sehari-hari

    Kompetensi-kompetensi di atas sangat diperlukan bagi Anda sebagai seorang guru kimia di SMA/MA. Berdasarkan silabus mata pelajaran kimia SMA/MA kurikulum 2013 revisi 2017, materi pada modul ini merupakan materi pokok kimia kelas XI semester 2 SMA/MA .

    Petunjuk Belajar

    Proses pembelajaran yang Anda ikuti akan berjalan dengan lancar bila Anda mengikuti langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut ini.

    1. Pahami dulu mengenai berbagai kegiatan penting yang dituangkan dalam modul ini, mulai dari tahap awal sampai akhir.
    2. Lakukan kajian terhadap materi pembelajaran yang dituangkan pada setiap kegiatan belajar (KB), yaitu KB 1 sampai KB 4.
    3. Bacalah capaian pembelajaran, sub capaian pembelajaran, dan materi pokok pada setiap KB.
    4. Pelajari uraian materi dan kerjakan latihan yang terdapat pada setiap KB
    5. Untuk memudahkan Anda mengingat kembali uraian materi, maka bacalah rangkuman yang telah disediakn pada setiap KB
    6. Untuk lebih memahami materi pembelajaran, bukalah link video dan ppt yang telah disiapkan untuk modul 1 sesuai dengan nomor kegiatan
    7. Kerjakan tugas dan tes formatif yang ada pada setiap KB
    8. Apabila semua lembar kegiatan dan tugas sudah dikerjakan, jawablah soal-soal tes sumatif.
    9. Jawaban anda bisa dicek pada kunci jawaban dimana percentase tugas adalah 40% dan tes formatif 60%. Apabila anda telah memperoleh nilai di atas 80, lanjut dengan kegiatan 2. Jika belum mencapai 80, pelajari kembali kegiatan sebelumnya. Point untuk masing-masing nilai tugas dan tes akhir sudah ada pada naskah soal. Begitu selanjutnya untuk kegiatan 2, 3 dan 4. Point untuk masing-masing nilai tugas dan test akhir sudah ada pada soal. Nilai akhir kegiatan belajar untuk modul ini ditentukan oleh rata nilai setiap kegiatan

    Terakhir kegiatan test sumatif.

  • KB-1. ASAM-BASA

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Menguasai konsep dan aplikasinya dalam perhitungan pHlarutan asam-basa

     SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. menjelaskan definisi larutan, zat terlarut dan pelarut
    2. menjelaskan perbedaan larutan belum jenuh, jenuh, lewat jenuh
    3. melakukan perhitungan konsentrasi larutan
    4. menjelaskan sifat umum asam dan basa
    5. menjelaskan teori asam dan basa menurut Arrhenius
    6. menjelaskan teori asam dan basa menurut Arrhenius Bronsted-Lowry
    7. menjelaskan teori asam dan basa menurut Lewis
    8. mengidentifikasi sifat larutan asam atau basa menggunakan indikator asam-basa.
    9. menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb).
      1. menghitung pH larutan asam dan basa
      2. memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa
      3. melakukan titrasi untuk menentukan konsentrasi suatu larutan asam atau basa.
    Materi Pokok
    1. Definisi Larutan
    2. Perbedaan Larutan Belum Jenuh, Tepat Jenuh dan Lewat Jenuh
    3. Konsentrasi Larutan
    4. Sifat Umum Asam dan Basa
    5. Teori Asam – Basa
    6. Indikator Asam-Basa
    7. Kesetimbangan Asam –Basa Dari Air
    8. pH larutan Asam-Basa
    9. Titrasi Asam-Basa

    Materi Pembelajaran
    Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran seperti tersebut di atas, silakan Anda pelajari materi berikut:

  • KB-2 Hidrolisis Garam dan Larutan Buffer

    Capaian Pembelajaran

    Menguasai konsep hidrolisis garam dan larutan buffer

    Sub Capaian Pembelajaran

    1. Mampu menjelaskan pengertian hidrolisis garam berdasarkan bahan ajar dengan benar
    2. Mampu  menganalisis garam-garam yang tidak mengalami hidrolisis melalui model yangsajikan dengan benar
    3. Mampu menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis parsial melalui model yang sajikan dengan benar
    4. Mampu  menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis total dengan benar
    5. Mampu menghitung pH dari larutan garam
    6. Mampu memilih, merancang,menyiapkan  percobaan untuk menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dengan benar.
    7. Dapat menjelaskan konsep larutan buffer
    8. Dapat membuat larutan buffer
    9. Dapat menentukan pH larutan buffer
    10. Dapat menentukan jumlah komponen larutan buffer pada pH tertentu

    Pokok-pokok materi

    1. Hidrolisis garam
      1. Jenis larutan garam dan Konsep Hidrolisis
      2. Sifat Larutan Garam
      3. pH Larutan Garam
      4. Larutan Buffer
        1. Konsep larutan buffer
        2. Menghitung perubahan pH buffer

    Materi Pembelajaran
    Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran seperti tersebut di atas, silakan Anda pelajari materi berikut:

  • KB-3. KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Menguasai konsep dan aplikasi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. membedakan larutan belum jenuh, tepat jenuh dan lewat jenuh.
    2. menghitung kelarutan senyawa ion
    3. menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
    4. menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut
    5. menghitung kelarutan suatu zat berdasarkan data hasilkali kelarutan
    6. menjelaskan pengaruh penambahan ion sejenis terhadap kelarutan
    7. menjelaskan pengaruh perubahan pH terhadap kelarutan
    8. menghitung pengaruh pH larutan terhadap kelarutan
    9. menjelaskan pengaruh penambahan ion senama terhadap kelarutan melalui percobaan
    10. memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp dan membuktikannya dengan percobaan

    MATERI POKOK

    1. Perbedaan larutan belum jenuh, tepat jenuh dan lewat jenuh.
    2. kelarutan senyawa ion
    3. ungkapan tetapan hasil kali kelarutan
    4. hubungan kelarutan, hasil kali kelarutan dan konsentrasi ion dalam larutan
    5. pengaruh penambahan ion sejenis terhadap kelarutan
    6. pengaruh pH terhadap kelarutan
    7. pH larutan dari harga Ksp
    8. pengaruh penambahan ion senama terhadap kelarutan melalui percobaan
    9. Reaksi pengendapan

    Materi Pembelajaran
    Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran seperti tersebut di atas, silakan Anda pelajari materi berikut:

  • KB-4.KOLOID

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

     Menguasai Konsep dan Aplikasi Koloid dalam Kehidupan Sehari-hari

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Menjelaskan perbedaan sistim koloid dengan larutan dan suspensi
    2. Mengelompokkan jenis sistim koloid berdasarkan fase terdispersi dan pendispersi
    3. Menjelaskan sifat sistim koloid
    4. Menjelaskan cara pembuatan sistim koloid
    5. Menjelaskan cara penstabilan sistim koloid
    6. Menjelaskan aplikasi dan kegunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari
    7. Merancang dan melakukan percobaan untuk pembuatan sistim koloi

    POKOK-POKOK MATERI

    1. Perbedaan sistim koloid dengan larutan dan suspensi
    2. Jenis sistim koloid berdasarkan fase terdispersi dan pendispersi
    3. Sifat sistim koloid
    4. Cara pembuatan sistim koloid
    5. Cara penstabilan sisitm koloid
    6. Aplikasi dan kegunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari
    7. Merancang Percobaan:

           a. Perbedaan koloid, dengan larutan dan suspensi

           b. Sifat-sifat koloid

           c. Pembuatan koloid

    Materi Pembelajaran
    Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran seperti tersebut di atas, silakan Anda pelajari materi berikut: