Topic outline

  • MODUL 4: BIMBINGAN KLASIKAL

    PENDAHULUAN MODUL 4

    Salah satu kegiatan yang sangat strategis dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah bimbingan klasikal. Hal ini dikarenakan bahwa setiap konselor rata-rata memiliki jam masuk kelas antara 1 sampai 2 jam pelajaran per minggu per kelas. Tuntutan bahwa konselor setiap minggu perlu mendapatkan jam masuk kelas juga sudah diperkuat dalam Permendiknas Nomor 111 Tahun 2014. Terkait kenyataan tersebut, maka penting bagi konselor sekolah untuk dapat melaksanakan kegiatan bimbingan klasikal secara berkualitas dan profesional. Kegiatan bimbingan klasikal yang berkualitas dan profesional dapat dinilai dari setiap proses tahapannya yang tepat, dimulai dari perencaan, pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat 4 Kegiatan Belajar dalam modul ini yang menyediakan pemahaman dan kompetensi yang esensi untuk dapat menyelenggarakan kegiatan bimbingan klasikal secara efektif.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN MODUL 4

    Capaian pembelajaran yang diharapkan dikuasai peserta PPG dari modul ini adalah, “Mampu mengelola (merancang, menyusun, mengorganisasi, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi) layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan peminatan, dan dukungan sistem secara individual, kelompok, klasikal, dan kelas besar/lintas kelas dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran yang berasal dari keberagaman sosial budaya pada jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.”

    POKOK MATERI MODUL 4

    Berikut ini pokok-pokok materi yang dibahas pada kegiatan belajar ini:

    1. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal
    2. Metode Bimbingan Klasikal
    3. Media Bimbingan Klasikal
    4. Manajemen Kelas

    PETUNJUK BELAJAR

    Proses belajar melalui bahan modul dengan judul Bimbingan Klasikal akan berjalan dengan lancar apabila Anda mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    1. Pahami arah dan tujuan dari pembahasan modul Bimbingan Klasikal ini.
    2. Pahami kegiatan penting dalam mkodul ini mulai tahap awal hingga akhir.
    3. Lakukan kajian terhadap RPL kegiatan bimbingan klasikal yang pernah Anda buat untuk menjadi contoh acuan.
    4. Pelajari Kegiatan Belajar secara berurutan, kemudian ikuti dengan melaksanakan kegiatan atau tugas serta kerjakan tes formatif.
    5. Keberhasilan kegiatan belajar ini sangat bergantung pada kesungguhan Anda dalam memahami uraian materi dan mengerjakan tugas serta tes. Oleh karena itu, Anda belajar dan berlatihlah secara sungguh-sunggu dan bila diperlukan berdiskusilah dengan teman sejawat.
    6. Bila Anda mengalami kesulitan, maka hubungilah instruktur/fasilitator Anda.

    SELAMAT BELAJAR
    • Kegiatan Belajar 1: Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal

      Sub Capaian Pembelajaran M4 KB1

      Adapun sub capaian pembelajaran antara lain:

      1. Peserta PPG mampu menjabarkan konsep dasar perencanaan kegiatan bimbingan klasikal
      2. Peserta PPG mampu mengaplikasikan prosedur perencanaan kegiatan bimbingan klasikal
      3. Peserta PPG mampu menjabarkan konsep dasar evaluasi kegiatan bimbingan klasikal
      4. Peserta PPG mampu mengaplikasikan metode evaluasi kegiatan bimbingan klasikal

      Pokok Materi M4 KB1

      Pokok materi yang akan dipelajari meliputi:

      1. Konsep dasar perencanaan kegiatan bimbingan klasikal
      2. Prosedur perencanaan kegiatan bimbingan klasikal
      3. Konsep dasar evaluasi kegiatan bimbingan klasikal
      4. Metode evaluasi kegiatan bimbingan klasikal

      Uraian Materi M4 KB1

      Silahkan telaah materi-materi KB1 berikut ini!

      Files: 6Pages: 3Forum: 1Quiz: 1
    • Kegiatan Belajar 2: Metode Bimbingan Klasikal

      Sub Capaian Pembelajaran M4 KB2

      Adapun sub capaian pembelajaran antara lain:

      1. Peserta PPG mampu menelaah dasar pemilihan metode bimbingan klasikal
      2. Peserta PPG mampu mengaplikasikan metode pengajaran langsung
      3. Peserta PPG mampu mengaplikasikan metode pengajaran kelompok
      4. Peserta PPG mampu mengaplikasikan metode pengajaran konstruktivistik

      Pokok Materi M4 KB2

      Pokok materi yang akan dipelajari meliputi:

      1. Dasar Pemilihan Metode Bimbingan Klasikal 
      2. Metode Pengajaran Langsung 
      3. Metode Pengajaran Kelompok 
      4. Metode Pengajaran Konstruktivistik 

      Uraian Materi M4 KB2

      Silahkan telaah materi-materi KB2 berikut ini!

      Files: 6Pages: 2Forum: 1Quiz: 1
    • Kegiatan Belajar 3: Media Bimbingan Klasikal

      Sub Capaian Pembelajaran M4 KB3

      Adapun sub capaian pembelajaran antara lain:

      1. Peserta PPG mampu menjelaskan konsep dasar media dalam bimbingan klasikal
      2. Peserta PPG mampu mengaplikasikan tahapan dalam memilih media
      3. Peserta PPG mampu merancang dan memilih jenis-jenis media

      Pokok Materi M4 KB3

      Pokok materi yang akan dipelajari meliputi:

      1. Konsep Dasar Media dalam Bimbingan Klasikal
      2. Tahapan dalam Memilih Media
      3. Jenis-jenis Media

      Uraian Materi M4 KB3

      Silahkan telaah materi-materi KB3 berikut ini!

      Files: 5Pages: 2Forum: 1Quiz: 1
    • Kegiatan Belajar 4: Manajemen Kelas

      Sub Capaian Pembelajaran M4 KB4

      Adapun sub capaian pembelajaran antara lain:

      1. Peserta PPG mampu menjelaskan definsi dan  esensi manajemen kelas
      2. Peserta PPG mampu mengaplikasikan pendekatan sistematis dalam manajemen kelas
      3. Peserta PPG mampu menelaah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen kelas

      Pokok Materi M4 KB4

      Pokok materi yang akan dipelajari meliputi:

      1. Definisi dan Esensi Manajemen Kelas
      2. Pendekatan Sistematis dalam Manajemen Kelas
      3. Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Manajemen Kelas

      Uraian Materi M4 KB4

      Silahkan telaah materi-materi KB4 berikut ini!

      Files: 6Pages: 2Forum: 1Quiz: 1
    • Penutup Modul 4

      Assignment: 1Quiz: 1