Topic outline

  • KB 1: Geometri Datar

    Semangat pagi para pembelajar...

    Yang ada di hadapan Anda sekarang merupakan Kegiatan belajar 4.1 Geometri Datar. Dilihat dari nama kegiatan belajar, pastinya Anda mengetahui bahwa yang akan dipelajari adalah Geometri pada ruang berdimensi dua. Banyak hal-hal menarik dalam geometri berdimensi dua ini, tetapi pada kegiatan belajar kali ini akan membatasi kajiannya pada objek-objek geometri berupa titik, garis, dan bidang, segitiga dan teorema-teorema yang terkandung di dalamnya,  poligon (jajargenjang, persegipanjang, persegi, belahketupat, layang-layang, trapesium) dan teorema-teorema yang terkandung di dalamnya, lingkaran dan teorema-teorema yang terkandung di dalamnya,  serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait materi-materi tersebut. Materi tersebut merupakan materi pilihan yang muncul dalam geometri sekolah pada kajian geometri dalam kurikulum 2013. 

    Oleh karena itu, besar harapan setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini Anda dapat memahami secara mendalam tentang objek-objek geometri (titik, garis, dan bidang) dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang segitiga beserta teorema-teorema yang menyertainya dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang poligon (jajargenjang, persegipanjang, persegi, belahketupat, layang-layang, trapesium)  beserta teorema-teorema yang menyertainya dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang lingkaran  beserta teorema-teorema yang menyertainya dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah

    Chat: 1Files: 13Forum: 1Quiz: 1
  • KB 2: Geometri Ruang

    Pendahuluan

    Berjumpa kembali untuk belajar Geometri ruang. Pada sesi Geometri Ruang ini diharapkan agar kalian dapat mereduksi kesalahampemahaman konsep geometri ruang. Bagian ini dikemas dalam 3 tahapan belajar. Tahap belajar 3 memiliki porsi waktu belajar paling banyak, yaitu 50% dengan tahap 1 dan tahap 2 masing-masing 25%. Tiga tahapan belajar tersebut adalah: (1) Kubus Dasar dan Objek Geometri; (2) Kedudukan Objek Geometri dalam Ruang; dan (3) Jarak dan Sudut dalam Ruang.

    Berikut adalah diagram peta konsep materi geometri ruang dan sebagian geometri datar.

    Gambar 1. Peta konsep Geometri Ruang

    Ada 4 kajian tentang geometri ruang pada modul ini, yaitu: (1) kubus dasar dan objek geometri; (2) kedudukan objek-objek dalam ruang; (3) jarak; dan (4) sudut. Pada sesi Geometri Ruang, kalian diharapkan untuk menguasai kubus dasar dan objek geometri dalam ruang;  menguasai kedudukan objek geometri dalam ruang; dan menguasai konsep jarak dan sudut dalam ruang. Secara rinci, pada KB ini mahasiswa diharapkan dapat (1) menemukan perbedaan antara gambar proyeksi dan gambar stereometris; (2) mengetahui perbedaan antara objek geometri, fisik, dan aljabar; (3) mengatakan definisi titik sudut, rusuk, sisi, beserta kontra definisinya; (4) menyelesaikan masalah terkait konsep persekutuan dalam ruang; (5) menyelesaikan masalah terkait konsep kesejajaran dalam ruang; (6) menyelesaikan masalah terkait konsep ketegaklurusan dalam ruang; (7) menemukan konsep jarak dalam ruang; (8) menyelesaikan masalah terkait jarak dalam ruang; (9) menemukan konsep sudut dalam ruang; dan (10) menemukan nilai trogonometri sudut dalam ruang.

    Pages: 9Quiz: 1Assignment: 1Forum: 1
  • KB 3: Geometri Analitik

    Pendahuluan

    Setelah mempelajari modul ini, Anda akan dapat: (1) mengetahui dan mengaplikasikan letak letak titik pemisah, titik tengah, gradien, dan jarak di ; (2) menguasai jarak di , menggambar ellips, parabola, dan hiperbola; (3) menghitung jarak di , memahami garis normal pada bidang, trace, section, persamaan ellipsoida, paraboloida, dan hiperboloida.

    Bahan ajar ini memuat bahan-bahan untuk dipelajari mahasiswa matematika agar mahasiswa memiliki kemampuan  memahami konsep-konsep dan teorema dalam geometri melalui pendekatan geometrik-deduktif. Disamping itu, melalui modul ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menerapkan konsep-konsep dan teorema serta membuat grafik bangun ruang di ruang berdimensi dua, dan tiga. Agar kemampuan yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa, perlu dikembangkan pengalaman belajar antara lain melalui diskusi kelompok, dan tugas kelompok berbantuan program Geogebra, Maple, atau yang sejenis.

    Pages: 4Assignment: 1Quiz: 1Forum: 1
  • KB 4: GEOMETRI TRANSFORMASI

    Hallo para pembelajar online... semangat pagi...

    Kegiatan belajar kali ini, Anda akan dihadapkan dengan bagian akhir dari modul Geometri, yaitu geometri Transformasi. Geometri Transformasi merupakan materi lanjutan dari Geometri Analitik, yang dalam hal ini khusus berbicara tentang transformasi di bidang dua. Pada modul ini hanya akan di bahas jenis transformasi pencerminan (reflection), setengah putaran, translasi/geseran (translation) dan rotasi (rotation) serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait, yang tentunya didahului dengan pemahaman tentang transformasi itu sendiri. Setelah mengakhiri kegiatan belajar ini, besar harapan, Anda akan mampu memahami secara mendalam tentang fungsi dan transformasi dalam bidang dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang pencerminan (reflection) dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang Setengan Putaran dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang translasi (translation) dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah; memahami secara mendalam tentang rotasi (rotation) dan menggunakaannya dalam pemecahan masalah.

    Oya, persiapkan alat-alat geometrinya juga yang berupa jangka, penggaris dan alat lain yang sekiranya dibutuhkan.

    Pada bagian-bagian tertentu, Anda juga akan melihat pemanfaatan teknologi dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap para pembelajar.

    Selamat belajar mengarungi  keindahan geometri ... 

    Chat: 1Files: 7Forums: 3Assignment: 1Quiz: 1