Topic outline

  • KB 1: Sistem Bilangan Real

    Halo, Mahasiswa PPG. Kali ini kita berjumpa pada Kegiatan Belajar Sistem Bilangan Real.

    Pertama, pada Kegiatan Belajar ini dikembangkan bagi mahasiswa PPG dalam jabatan sebagai salah satu usaha untuk mempersiapkannya menjadi tenaga pendidik dan kependidikan profesional. Setelah mengkaji kegiatan berlajar ini, mahasiswa diharapkan menguasai materi-materi dasar dalam matematika analisis khususnya teori-teori dalam Sistem Bilangan Real. Mahasiswa diharapkan dapat berpikir kritis, kreatif, dan logis terutama terkait dengan teori-teori dan aplikasi matematika khusunya yang berkaitan dengan Sistem Bilangan Real.

  • KB 2: Fungsi

    Selamat berjumpa lagi pada bagian kedua Kegiatan Belajar Fungsi. Pada Kegiatan Belajar ini akan dibahas materi tentang fungsi.

    Kita awali dengan munculnya konsep tak formal dari fungsi dalam pembelajaran Matematika, yakni pada sekolah menengah pertama tentang pengaitan antar anggota dari dua himpunan, fungsi dipertegas materinya pada jenjang sekolah menengah atas. Seorang pendidik harus menguasai dengan tuntas (paripurna) mengenai fungsi dan penerapannya. Fungsi merupakan suatu konsep dalam matematika yang banyak sekali penerapan dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda menguasai (1) teori yang berkaitan dengan Fungsi, jenis-jenis Fungsi dan operasi Fungsi, dan (2) menguasai teorema dan penerapan fungsi Trigonometri, Logaritma dan Eksponen. Penguasaan materi yang dimaksud untuk mendalami materi-materi yang akan disajikan secara singkat namun mendalam.

    Penerapan matematika dalam ilmu-ilmu lain seperti Fisika, Kimia, Teknik, Ilmu Komputer, bahkan Ekonomi paling banyak menggunakan konsep-konsep fungsi. Fungsi banyak macamnya, antara lain fungsi aljabar dan fungsi transenden. Tidak hanya hal tersebut sebagai alasan dikuasainya materi fungsi ini, modul yang lain akan selalu membutuhkan pemahamn dan penguasaan materi fungsi. Misalnya pembahasan mengenai limit fungsi, turunan fungsi, kekontinuan fungsi, integral maupun persamaan diferensial.

  • KB 3: Limit dan Kekontinuan

    Hai, teman-teman PPG daljab. Pada Kegiatan Belajar ini Anda akan mempelajari materi tentang limit dan kekontinuan. Diharpakan Anda menguasai teori yang berkaitan dengan limit dan mampu menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan limit. Secara rinci, Anda akan (1) menguasai konsep barisan dan limit barisan, (2) menguasai konsep limit fungsi dan pembuktian limit fungsi, (3) menguasai konsep dan dapat menghitung limit trigonometri, (4) menguasai konsep dan dapat menghitung limit sepihak, dan (5) menguasai konsep kekontinuan fungsi.

  • KB 4: Turunan dan Aplikasinya

    Halo, teman-teman mahasiswa PPG Daljab 2018.

    Selamat mengikuti kegiatan belajar materi Turunan dan aplikasinya. Dalam kegiatan belajar ini, kita akan membahas tentang definisi turunan, rumus-rumus turunan, pencarian turunan dengan menggunakan aturan rantai, turunan fungsi implisit dan fungsi invers serta aplikasi turunan terkait nilai ekstrim, kemonotonan dan kecekungan grafik fungsi.

  • KB 5: Integral

    Halo, teman-teman mahasiswa PPG Daljab 2018.

    Selamat bertemu dalam kegiatan belajar Integral. Dalam kegiatan belajar ini, kita akan membahas tentang integral tak tentu, notasi sigma dan jumlah Rieman, integral tertentu, dan aplikasi integral.

    Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, diharapkan Anda mampu menjelaskan teori dan menyelesaikan permasalahan terkait integral, seperti  mencari integral tak tentu, menentukan notasi sigma dan jumlah Rieman, menghitung integral tertentu, mengaplikasikan integral untuk menghitung luas daerah pada bidang datar, volum benda putar, dan lainnya.

    Di akhir kegiatan belajar ini, ada sebuah tugas yang harus Anda kerjakan. Tes Formatif juga diberikan untuk mengukur tingkat penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari dalam kegiatan belajar ini. Untuk memperjelas informasi belajar, Anda dapat mengunduh berkas PDF di siniSelamat belajar... :-)  

  • KB 6: Persamaan Diferensial

    Teman-teman PPG Daljab akhirnya kita sampai pada bagian akhir Modul 3.

    Pada KB ini Anda akan mempelajari tentang pengertian dan macam persamaan diferensial. Menyelesaikan persamaan diferensial bentuk variabel terpisah, eksak, linear orde 1, dan Bernoulli. Mengubah persamaan diferensial tak eksak menjadi eksak. Pada KB ini diharapkan Anda dapat membedakan persamaan diferensial biasa dan parsial, menjelaskan pengertian order dan derajad dari suatu persamaan diferensial, menjelaskan pengertian solusi dari suatu persamaan diferensial, menyusun suatu persamaan diferensial yang diketahui solusinya, menyelesaikan persamaan diferensial dengan menggunakan cara variabel terpisah, menyelesaikan persamaan diferensial eksak, mengubah persamaan diferensial tak eksak menjadi eksak, menyelesaikan persamaan diferensial linear order satu, dan menyelesaikan persamaan diferensial Bernoulli.

  • TUGAS AKHIR & TES SUMATIF