Topic outline

  • KB 1: Teori Bilangan

    Mahasiswa PPG yang berbahagia, salam jumpa dengan kuliah online Mata Kuliah Teori Bilangan. Mendalami kajian ini, diharapkan Anda menguasai dan dapat menjelaskan  sifat-sifat dasar yang berkaitan dengan relasi keterbagian pada himpunan bilangan bulat, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan prima, dan kekongruenan. Pada bagian akhir modul, disajikan tugas dan tes formatif untuk menguji pemahaman Anda terkait materi ini. Selamat mecermati sajian pada  modul online ini.

  • KB 2: Matriks, Sistem Persamaan Linear, dan Sistem Pertidaksamaan Linear

    Selamat bertemu peserta PPG dalam jabatan pada kegiatan belajar materi matriks, sistem persamaan linear, dan sistem pertidaksamaan linear.

    Salah satu kajian matematika sekolah menengah yang memiliki banyak aplikasinya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah materi matriks, sistem persamaan linear, dan sistem pertidaksamaan linear. Dengan menggunakan matriks maka permasalahan yang kompleks dapat disajikan dalam bentuk yang lebih sederhana dan selanjutnya dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat. Di lain pihak banyak permasalahan kontekstual yang menuntut suatu penyelesaian yang harus memenuhi banyak kendala, seperti ketersediaan dana dengan kebutuhan yang ada. Model matematika sederhana yang dapat digunakan untuk permasalahan seperti ini adalah sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear. Modul berjudul Matriks, Sistem Persamaan Linear, dan Sistem Pertidaksamaan Linear ini membahas tentang pengertian/definisi matriks, jenis-jenis matriks, operasi matriks dan sifat-sifatnya, determinan matriks, invers matriks, sistem persamaan linear dan sistem pertidaksaman linear beserta cara penyelesaiannya, serta penggunaan matriks dalam penyelesian sistem persamaan linear dan pertidaksamaan linear.

  • KB 3: Program Linear

    Saudara-saudara mahasiswa PPG dalam jabatan yang berbahagia.

    Menggunakan modul Aljabar dan Program linear, Saudara sekalian akan menguasai teori bilangan, matriks dan sistem persamaan linear, vektor dan ruang vektor, grup dan  program linear. Khusus pada kegiatan belajar program linear  ini, kita akan membahas tentang menjelaskan konsep dasar program linear, membuat model matematika dari masalah kontekstual, menentukan nilai optimasi (maksimum atau minimum) menggunakan metode grafik, menentukan nilai optimasi (maksimum atau minimum) menggunakan metode simpleks, menentukan bentuk dual suatu model matematika atau sebaliknya menentukan bentuk primal dari suatu model matematika, dan menyelesaikan penyelesaian primal-dual model matematika.

  • KB 4: Vektor dan Ruang Vektor

    Hai Mahasiswa PPG! 

    Selamat berjumpa ... ayo belajar!

    Dalam bidang aljabar,  vektor memegang peran penting  baik dalam matematika maupun kaitannya dengan bidang studi lain.  Pertama-tama dikaji sifat-sifat mendasar vektor dan ruang vektor di R2 dan R3 Selanjutnya digeneralisasi ke Rn dan  sebarang himpunan tak kosong V.

     Ayo belajar ....      vektor dan ruang vektor. Supaya dapat menjelaskan dan mengidentifikasi  konsep dan sifat-sifat vektor di R2 dan R3 ;  menerapkan konsep perkalian titik dua vektor, perkalian silang antara dua vektor  di R2 dan R3 untuk memecahkan masasalah; menguraikan  karakteristik ruang vektor di Rn dan ruang vektor umum; dan menjelaskan konsep bebas linear, merentang, dan basis suatu ruang vektor.

  • KB 5: Grup

    Selamat bertemu peserta PPG dalam jabatan pada kegiatan belajar materi grup.

    Teori grup merupakan salah satu teori aksiomatik yang tertua dan paling sederhana (Bourbaki). Topik-topik dalam teori grup  sarat dengan definisi dan teorema.  Oleh karena itu,  Anda dituntut untuk memahami setiap definisi dan teorema yang dipelajari dan mampu mengorganisasi konsep-konsep dalam pembuktian teorema. Kematangan matematik (Fraleigh) dan penguasaan terhadap logika, himpunan dan pemetaan (Hammack) diperlukan untuk mempelajari teori grup.  Modul ini menyajikan sebagian kecil dari teori grup.

  • Tugas Akhir & Tes Sumatif