Topic outline

  • KB 1: Logika Matematika

    Halo semuanya, bagaimana kabarnya? Semoga kabar baik. Selamat bertemu pada modul pertama PPG Daljab.

    Logika Matematika merupakan induk matematika. Belajar logika berarti belajar berpikir dan bernalar secara logis yang merupakan kegiatan akal manusia dalam memanfaatkan pengetahuan yang diterima melalui panca indera, kemudian  diolah agar dicapai suatu kebenaran. Dengan belajar logika, akan mampu  memanifestasikan pikiran sehingga mampu mempertimbangkan, menganalisis, menunjukkan alasan-alasan, membuktikan sesuatu, menarik kesimpulan, meneliti suatu jalan pikiran, dan lain-lain. 

  • KB 2: Kombinatorika

    Selamat berjumpa mahasiswa PPG Daljab dalam Kegiatan Belajar (KB) Kombinatorika. Kombinatorika merupakan bagian dari Matematika Diskrit, yang merupakan cabang matematika yang mempelajari objek-objek diskrit. Kombinatorika merupakan ilmu yang mempelajari pengaturan obyek Kombinatorial didasarkan pada hasil percobaan yang dilakukan. Hasil-hasil percobaan tersebut nantinya dapat dibuat suatu generalisasi yang menghasilkan formula atau aturan tertentu.

    Pada KB ini Anda akan belajar tentang teorema binomial, barisan dan multiset, fungsi pembangkit, dan relasi rekursif. Setelah mempelajari KB ini diharapkan anda dapat menerapkan konsep-konsep tersebut untuk pemecahan masalah. Pada  setiap bagian akhir materi diberikan tugas yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang materi tersebut. Pada bagian akhir juga terdapat tes formatif yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman semua materi yang telah Anda pelajari pada KB ini. Selamat membaca dan berlatih......

    Sebelum atau setelah mempelajari semua materi dan mencoba tes formatif, jika ada kesulitan silahkan berdiskusi dengan saya…….

  • KB3: Teori Graf

    Selamat bertemu lagi di akhir modul 1 pada kegiatan belajar (KB) 3, yaitu membahas tentang Graf. Banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diselesaikan. Dengan bantuan matematika, permasalahan tersebut akan menjadi lebih mudah dipahami, lebih mudah dipecahkan, atau dapat ditunjukkan bahwa permasalahan tersebut tidak mempunyai penyelesaian.

    Untuk itu perlu dibuat model matematika dari permasalahan tersebut. Teori graf merupakan salah satu cabang matematika yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Dengan model teori graf, suatu permasalahan akan menjadi lebih jelas sehingga mudah menganalisisnya. Graf terdiri atas titik-titik dan sisi-sisi sehingga permasalahan tersebut dimodelkan dalam diagram yang terdiri atas titik-titik dan sisi-sisi dan makna dari hubungan antara sisi dan titik tersebut.

  • Tugas Akhir dan Test Sumatif