Topic outline

  • General

    Selamat datang di kelas Bahasa Indonesia

    Modul 1: Aliran Linguistik

    Penulis:

    Sintowati Rini Utami


    PPG DALAM JABATAN

    Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

    2018

      

    Hak cipta © Direktorat Pembelajaran, Dit. Belmawa, Kemenristekdikti RI, 2018


    sapaan 1

    Modul ini berisi pendalaman materi bahasa Indonesia khususnya tentang Aliran Linguistik bagi guru jenjang SMP dan SMA, yang telah disusun sesuai dengan Standar Kompetensi Guru yang diturunkan dari Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007. Penyusunan modul ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada para guru SMP dan SMA agar dapat menguasai kompetensi profesional terkait dengan bahasa Indonesia yang terdiri atas pemahaman, sikap, dan keterampilan terhadap Aliran Linguistik. Kompetensi tersebut merupakan standar minimal yang harus dikuasai oleh guru SMP dan SMA agar memiliki keterampilan berbahasa dan kebahasaan yang akan mendukung keberhasilannya dalam menjalankan tugas pokoknya dalam pembelajaran.

    Sebelum Anda mempelajari materi pada kelas ini, silakan untuk membaca beberapa tautan berikut:

    M1KB1

  • KB 1 - Perkembangan Penelitian Linguistik

    Perkembangan Penelitian Linguistik

    Pada kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang linguistik pada zaman Yunani dan Romawi, kajian linguistik tradisional, pendekatan deskriptif dalam linguistik dan linguistik terapan.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali konsep dan teori perkembangan aliran linguistik, yang meliputi:

    • Menemukenali Linguistik Zaman Yunani
    • Menemukenali Linguistik Zaman Romawi
    • Menemukenali Kajian Linguistik Tradisional
    • Menemukenali Pendekatan Deskriptif dalam Linguistik
    • Menemukenali Linguistik Terapan

    Pokok-Pokok Materi

    1. Linguistik Zaman Yunani
    2. Linguistik Zaman Romawi
    3. Kajian Linguistik Tradisional
    4. Pendekatan Deskriptif dalam Linguistik 
    5. Linguistik Terapan

    Materi Pembelajaran

    Untuk mencapai capaian di atas, silakan Anda pelajari dan pahami seluruh materi berikut.

    Video 1.  Sejarah Linguistik

     

    Video 2. Sejarah dan Perkembangan Linguistik

    source: youtube: Cut Sarah

  • KB 2 - ALIRAN STRUKTURAL

    Aliran Struktural

    Pada kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang linguistik pada zaman Yunani dan Romawi, kajian linguistik tradisional, pendekatan deskriptif dalam linguistik dan linguistik terapan.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali konsep, teori dan materi aliran struktural, yang meliputi:

    • Mengenali konsep kesemestaan bahasa Ferdinand De Saussure
    • Mengenali konsep struktur, sistem, distribusi
    • Mengenali analisis linguistik struktural

    Pokok-Pokok Materi

    1. Kesemestaan Bahasa Ferdinand De Saussure
    2. Struktur, Sistem, Distribusi
    3. Analisis Sruktur Kata dan Struktur Kalimat

    Materi Pembelajaran

    Untuk mencapai capaian di atas, silakan Anda pelajari dan pahami seluruh materi berikut.


  • KB 3 - Aliran Tagmemik dan Generatif Transformasional

    Aliran Tagmemik dan Generatif Transformasional

    Aliran Tagmemik dan Aliran Generatif Transformasional/tata bahasa tramsformasi sama-sama merupakan perkembangan dari linguistik strukturalis. Keduanya memfokuskan perhatian pada analisis kalimat atas struktur-strukturnya.

    Aliran tagmemik menganalisis kalimat atas penempatan satuan bahasa pada tagmem-tagmem yang menyatakan fungsi S,P,O,K yang diisi kategori kata/frase seperti N , V, Adj.  Selain itu menambahkan analisis peran pengisi makna, misalnya fungsi S diisi peran ‘pelaku’ atau fungsi P diisi peran    ‘aktif’.

    Sementara, dalam pandangan tatabahasa transformasi yang lebih memperhatikan struktur dalam konsep kesemestaan bahasa menganalisis kalimat tidak hanya berdasarkan komponen sintaksisnya, tetapi juga menambahkan komponen  semantik dan komponen fonologis. Kaidah transformasi kalimat memperhatikan ‘struktur dalam’ dan ‘struktur permukaan’ sebuah kalimat.  Kalimat yang memiliki struktur permukaan yang sama belum tentu memiliki struktur dalam yang sama juga.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali konsep, teori dan materi aliran tagmemik dan generatif transformasional, yang meliputi:

    • Mengenali konsep tagmem dalam Aliran Tagmemik 
    • Mengenali konsep struktur sintaksis dalam Aliran Generatif Transformasional

    Pokok-Pokok Materi

    1. Konsep Tagmem dalam Aliran Tagmemik
    2. Konsep Struktur Sintaksis dalam Aliran Generatif Transformasional

    Materi Pembelajaran

    Untuk mencapai capaian di atas, silakan Anda pelajari dan pahami seluruh materi berikut.

  • KB 4 - Aliran Fungsional

    Aliran Fungsional

    Pada kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari konsep functional grammar serta analisis fungsional.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali konsep, teori, dan materi aliran fungsional, yang meliputi:

    • Mengenali konsep functional grammar
    • Mengenali analisis fungsional

    Pokok-Pokok Materi

    1. Konsep Functional Grammar
    2. Analisis Fungsional

    Materi Pembelajaran

    Untuk mencapai capaian di atas, silakan Anda pelajari dan pahami seluruh materi berikut.