Topic outline

  • General

    Selamat datang di kelas Bahasa Indonesia

    Modul 6: Apresiasi Sastra Indonesia

    Penulis:

    Rahmah Purwahida (KB 1, KB 2, KB 3, dan KB 4) 

    Sri Suhita (KB 1, KB 2, KB 3, dan KB 4)

     

    PPG DALAM JABATAN

    Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

    2018

      

    Hak cipta © Direktorat Pembelajaran, Dit. Belmawa, Kemenristekdikti RI, 2018

    petunjuk

    petunjukk

  • KB 1: KONSEP DASAR APRESIASI SASTRA

    Konsep Apresiasi Sastra Indonesia.

    Pada kegiatan ini Anda akan mempelajari konsep-konsep untuk mengapresiasi sastra Indonesia, sehingga diharapkan Anda dapat memahami hakikat apresiasi sastra, mengidentifikasi aspek-aspek apresiasi sastra, mengidentifikasi tingkat apresiasi sastra, dan menjelaskan manfaat mengapresiasi sastra.

    Capaian Belajar 1

  • KB 2: APRESIASI PUISI

    Apresiasi Puisi

    Pada kegiatan belajar ini Anda akan diajarkan cara untuk mengapresiasi puisi, termasuk cara menemukan makna puisi lama, mencipta pantun, berpantun dan berbalas pantun, menemukan makna puisi baru, menemukan makna puisi modern, mencipta puisi, dan membaca puisi dengan teknik pembacaan yang tepat.

    Capaian Belajar 2

  • KB 3: APRESIASI PROSA FIKSI

    Apresiasi Prosa Fiksi

    Anda diajarkan untuk mengapresiasi prosa fiksi dalam kegiatan belajar ini. Harapannya setelah mempelajari bagian ini Anda dapat menemukan makna cerita dalam prosa lama, menemukan makna cerita dalam prosa modern, mencipta cerpen, mendongeng, dan menemukenali bentuk prosa lirik.

    Capaian Belajar 3


  • KB 4: Apresiasi Drama

    Apresiasi Drama

    Untuk memahami naskah drama atau persiapan melakukan pementasan drama maka perlu menemukan makna cerita dalam naskah drama. Penafsiran terhadap naskah drama berpengaruh pada bentuk pementasan. Selain itu, menemukenali karakter tokoh juga dibutuhkan untuk persiapan pentas drama. Setelah selesai mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan mampu menemukan makna cerita dalam naskah drama tradisional maupun drama modern, mengapresiasi drama, dan mengarang naskah drama.

    Capaian Belajar 4

  • TES SUMATIF M6

    Tes Sumatif

    Apakah Anda telah menyelesaikan seluruh Kegiatan Pembelajaran di Modul 6 ini? Jika sudah, silakan uji pemahaman Anda dengan mengerjakan Tes Sumatif sebagai penutup kegiatan pembelajaran pada modul 6.