Topic outline

  • General

    Selamat datang di kelas Bahasa Indonesia

    Modul 3: Hakikat dan Pemerolehan Bahasa


    Disusun oleh:

    Edi Puryanto (KB-1, KB-2, KB-3, KB-4)

    Suhertuti (KB-3)


    PPG DALAM JABATAN

    Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

    2018

      

    Hak cipta © Direktorat Pembelajaran, Dit. Belmawa, Kemenristekdikti RI, 2018


    KP


    Modul ini berisi pendalaman materi bahasa Indonesia khususnya tentang Hakikat dan Pemerolehan Bahasa  bagi guru  jenjang SMP dan SMA, yang telah disusun sesuai dengan Standar Kompetensi Guru yang diturunkan dari Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007. Penyusunan modul ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada para guru SMP dan SMA agar dapat menguasai kompetensi profesional terkait dengan bahasa Indonesia yang terdiri atas pemahaman, sikap, dan keterampilan terhadap: (1) hakikat bahasa (2) pemerolehan bahasa.  Kompetensi tersebut merupakan standar minimal yang harus dikuasai oleh guru SMP dan SMA agar memiliki keterampilan berbahasa dan kebahasaan yang akan mendukung keberhasilannya dalam menjalankan tugas pokoknya dalam pembelajaran.

    Sebelum Anda mempelajari materi pada kelas ini, silakan untuk membaca beberapa tautan berikut


  • KB1: HAKIKAT BAHASA

    Hakikat Bahasa

    Dalam komunikasi sehari-hari, manusia tidak lepas dari bahasa. Baik di tempat kerja, di rumah, maupun di tempat lain, ketika berinteraksi dengan orang lain tentu menggunakan bahasa. Manusia sebagai makhluk sosial sangat memerlukan bahasa sebagai salah satu alat komunikasi. Anda sebagai seorang guru ketika menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswanya, tentunya wahana yang digunakan bahasa. Jadi, secara umum bahasa merupakan alat komunikasi atau alat interaksi antarmanusia yang satu dengan yang lain.Selanjutnya, apakah Anda tahu tentang hakikat bahasa?  Bagaimana  karakteristik bahasa? Apa sajakah fungsi bahasa itu? 

    Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda pelajari dalam kegiatan pembelajaran ini.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali hakikat bahasa, yang meliputi:

    • Menjelaskan hakikat bahasa dengan tepat
    • Mengidentifikasi karakteristik  bahasa dengan benar
    • Mengidentifikasi fungsi bahasa secara tepat

    Pokok-Pokok Materi

    1. Hakikat  Bahasa
    2. Karakteristik Bahasa
    3. Fungsi Bahasa

  • KB2: HAKIKAT PEMEROLEHAN BAHASA

    Hakikat Pemerolehan Bahasa

    Pada kegiatan belajar kali ini, materi yang akan diuraikan adalah (1) pemerolehan bahasa,(2) teori pemerolehan bahasa, (3) perbedaan pemerolehan dan  pembelajaran bahasa, dan (4) faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menemukenali hakikat pemerolehan bahasa, yang meliputi:

    • menjelaskan  hakikat pemerolehan bahasa secara tepat
    • mengidentifikasi teori pemerolehan bahasa dengan benar
    • membedakan konsep  pemerolehan dan pembelajaran bahasa secara tepat
    • menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa dengan benar

    Pokok-Pokok Materi

    1. Hakikat  pemerolehan bahasa
    2. Teori pemerolehan bahasa
    3. Perbedaan pemerolehan dan  pembelajaran bahasa
    4. Faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa

  • KB3: TAHAPAN PEMEROLEHAN BAHASA

    Tahapan Pemerolehan Bahasa

    Setelah Anda mempelajari KB 2 dengan materi hakikat pemerolehan bahasa, Anda dapat melanjutkan dan memahami materi KB 3 ini mengenai tahapan pemerolehan bahasa.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menguraikan tahapan dan jenis pemerolehan bahasa, yang meliputi:

    • Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa secara tepat
    • Menjelaskan jenis pemerolehan bahasa

    Pokok-Pokok Materi

    1. Tahapan pemerolehan bahasa

    2. Jenis-jenis pemerolehan bahasa

    a. Fonologi

    b. Morfologi 

    c. Sintaksis

    d. Semantik 

    e. Pragmatik

  • KB4: DIMENSI DAN STRATEGI PEMEROLEHAN BAHASA

    Dimensi dan Strategi Pemerolehan Bahasa

    Setelah Anda mempelajari Kegiatan Belajar 3 tentang tahapan dan jenis pemerolehan bahasa, Anda dapat melanjutkan materi dimensi dan strategi pemerolehan bahasa. Materi dimensi pemerolehan bahasa mencakup enam dimensi yang terdiri atas propensity, language faculty, acces, structure, tempo dan end state. Selanjutnya Anda akan mempelajari strategi belajar bahasa yang mencakup strategi meniru, strategi produktivitas, strategi hubungan umpan balik, dan strategi prinsip operasi.

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK)

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu menguraikan dimensi dan strategi pemerolehan bahasa, yang meliputi:

    Pokok-Pokok Materi

    1. Dimensi perolehan bahasa

    2. Strategi pemerolehan bahasa