Topic outline

  • General

  • KB-1 Prosedur Penyusunan Perencanaan Pembelajaran AUD

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek: nama kegiatan bermain dan uraian skenario bermain yang dapat melibatkan variasi aktivitas untuk memberi dampak pada pencapaian ragam aspek perkembangan anak usia dini.

    2. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek analisis konten yang sesuai dan dibutuhkan dalam
    skenario pembelajaran.

    3. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek Analisis aspek dan indikator perkembangan yang
    diperkirakan menjadi sasaran capaian dari scenario kegiatan bermain yang direncanakan.

    4. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek Metode dan/atau teknik pembelajaran yang sesuai
    dengan skenario bermain, kebutuhan dan perkembangan anak usia dini.

    5. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek media dan alat permainan edukatif yang dibutuhkan
    dalam skenario bermain serta memenuhi persyaratan prinsip untuk anak usia dini.

    6. Mampu menyusun perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis bermain yang meliputi aspek metode, teknik dan alat asesmen yang dibutuhkan
    untuk mengukur ketercapaian perkembangan anak dan/atau sasaran asesmen lainnya.

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Pengertian Perencanaan Pembelajaran

    2.      Penyusunan Perencanaan Pembelajaran    

    Materi

    Pada awal mata kegiatan  ini, akan disajikan paparan mengenai konsep tentang perencanaan pembelajaran dan konsep tentang mendesain perencanaan pembelajaran. Pada Kegiatan Belajar ini, akan disajikan materi berupa file PDF dan video presentasi yang harus Anda unduh dan Anda saksikan. Selanjutnya, Untuk dapat memperdalam lebih jauh tentang perencanaan pembelajaran serta mendesain perencanaan pembelajaran, silahkan mempelajari PDF dan video powerpoint dibawah ini.

    Selamat Belajar !

  • KB-2 Pengembangan strategi pembelajaran AUD

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Memberi gambaran penataan lingkungan belajar sesuai filosofi dan model pembelajaran anak usia dini.

    2. Menyimpulkan hasil analisis terhadap metode kegiatan bermain yang menunjukkan pembelajaran tematik integrative.

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Pengertian strategi pembelajaran

    2.      Pemilihan strategi pembelajaran

    3.      Jenis-jenis strategi pembelajaran AUD

  • KB-3 Pengembangan Metode Pembelajaran ANak usia dini

    Capaian  Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.      Memahami tentang metode pembelajaran

    2.      Memahami tentang tujuan metode pembelajaran

    3.      Memahami  tentag fungsi metode pembelajaran

    4.      Memahami  tentang jenis-jenis metode pembelajaran

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Pengertian metode pembelajaran

    2.      Tujuan metode pembelajaran

    3.      Fungsi metode pembelajaran

    4.      Jenis-jenis metode pembelajaran

  • KB-4 PERENCANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

    Capaian  Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.      Memahami tentang penyusunan program semester

    2.      Memahami tentang prinsip memilih tema

    3.      Memahami tentang penyusunan RPPM dan RPPH

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Penyusunan Program Semester

    2.      Prinsip Pemilihan Tema

    3.      Penyusunan RPPM dan RPPH

  • TUGAS AKHIR

  • TES SUMATIF

    Baik, setelah Anda menyelesaikan Modul diatas, saya yakin Anda telah menguasainya. Mari Anda coba untuk mengerjakan tes sumatif dibawah ini:

  • DAFTAR PUSTAKA