Topic outline

  • General

  • KB-1 FILOSOFI & KEBIJAKAN PAUD

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Memberikan contoh penerapan filosofi model pembelajaran tematik integratif berbasis bermain

    2. Memberikan jenis ilustrasi jenis model pembelajaran tematik integratif berbasis bermain.

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Hakikat Pendidik Anak Usia Dini
    2.      Hakikat Anak Usia Dini
    3.      Landasan Penyelenggaraan PAUD
    4.      Kebijakan dan Komitmen PAUD
    5.      Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

  • KB-2 PEMIKIRAN TOKOH PAUD

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menganalisis pendekatan dan model kurikulum yang sedang berlaku untuk anak usia dini

    2. Menyimpulkan contoh penerapan filosofi, model, dann pendekatan kurikulum yang sedang berlaku.

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Tokoh Pendidikan dari manca negara
    2.      Tokoh Pendidikan dari dalam negeri

  • KB-3 PAUD HOLISTIK INTEGRATIF

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1. Menganalisis pendekatan dan model kurikulum yang sedang berlaku untuk anak usia dini

    2. Menyimpulkan contoh penerapan filosofi, model, dann pendekatan kurikulum yang sedang berlaku.

    Pokok-Pokok Materi

    1.      PAUD Holistik Integratif
    2.      Tujuan PAUD Holistik Integratif
    3.      Pentingnya PAUD Holistik Integratif
    4.      Keholistikan Lembaga dan Perancangan Kegiatannya
    5.      Kurikulum PAUD terintegrasi

  • KB-4 LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

    Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

    1.      Mengaplikasikan pembelajaran sesuai dengan teori pendidikan inkluasif dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus
    2.      Menggunakan pembelajaran sesuai dengan teori pendidikan inkluasif dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus
    3.      Mengkaji pendidikan inklusi di Indonesia
    4.      Menerapkan peran Guru dalam Kemitraan dengan Orang tua

    Pokok-Pokok Materi

    1.      Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
    2.      Anak Usia Dini yang Membutuhkan Perhatian Khusus
    3.      Pendidikan inklusi di Indonesia
    4.      Peran Guru dalam Kemitraan dengan Orang tua

  • TUGAS AKHIR

  • TES SUMATIF

    Baik, setelah Anda mendalami materi modul diatas kami harap Anda dapat menyelesaikan tes sumatif berikut ini:

  • Daftar Pustaka

  • GLOSARIUM