Topic outline

  • Pendahuluan

    Identitas Mata Kuliah:Pelayaran Kapal Niaga
    Kode Modul:DAR2/Profesional/852/02/2018
    Bidang Kajian:Fungsi Navigasi
    Kegiatan Belajar:KB 02: DINAS JAGA NAVIGASI

    Halo, selamat datang di Modul Digital DINAS JAGA NAVIGASI.

    Mata kegiatan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan tentang melaksanakan tugas jaga di atas kapal niaga, agar kapal berlayar dengan aman dan selamat.
    Materi yang dikembangkan dalam modul ini sangat menunjang penguatan kemampuan profesional guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya dalam bidang Nautika pelayaran Niaga.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN
    Menerapakan peraturan pencegahan tubrukan di laut untuk mengambil keputusan yang efektif dalam melakukan tugas jaga navigasi.

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menerapkan tugas jaga navigasi di atas kapal
    2. Menerapkan peraturan pencegahan tubrukan di laut

    PETUNJUK BELAJAR
    Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dalam mempelajari modul ini, langkah - langkah yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut :
    1. Bacalah dan cermati apa yang menjadi capaian pembelajaran dan sub capaian pembelajaran.
    2. Bacalah dan pahami dengan seksama uraian - uraian materi yang ada pada masing - masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, maka peserta diklat dapat bertanya pada pengajar yang mengampu kegiatan belajar tersebut, atau berdiskusi dengan teman sejawat melalui pojok diskusi yang ada di sini.
    3. Lakukan review materi secara umum dengan cara membaca kembali rangkuman materi untuk mendapatkan hal - hal penting yang menjadi fokus perhatian pada kegiatan belajar ini.
    4. Kerjakanlah setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang diserap/telah dimiliki terhadap materi - materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
    5. Jika belum menguasai tingkat materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada pengajar yang mengampu kegiatan belajar yang bersangkutan.
    6. Materi Cetak untuk modul digital ini dapat diunduh di sini



    Objek Belajar :
    DINAS JAGA NAVIGASI


    Selamat Belajar, Tetap Semangat ... !!!!

  • TUGAS JAGA NAVIGASI

    Fitnes (kebugaran ) untuk menjalankan tugas jaga Standar tugas jaga sebagaimana yang tercantum dalam STCW amandemen Manila 2010, sebagai berikut:Semua orang yang ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwira yang melaksanakan suatu tugas jaga atau sebagai bawahan yang mengambil bagian dalam suatu tugas jaga, harus diberi waktu istirahat paling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.Jam-jam istirahat ini hanya boleh
    • Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut

      • Rangkuman

        Rangkuman

        Standar tugas jaga sebagaimana yang tercantum dalam BAB VIII section A- STCW 1995, sebagai berikut:

        1. Semua orang yang ditunjuk untuk menjalankan tugas sebagai perwira yang melaksanakan suatu tugas jaga atau sebagai bawahan yang mengambil bagian dalam suatu tugas jaga, harus diberi waktu istirahat paling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam.
        2. Jam-jam istirahat ini hanya boleh dibagi paling banyak menjadi 2 periode istirahat, yang salah satunya tidak kurang dari 6 jam.
        3. Persyaratan untuk periode istirahat yang diuraikan pada paragrap 1 dan paragrap 2 di atas, tidak harus diikuti jika berada dalam situasi darurat atau situasi latihan, atau terjadi kondisi-kondisi operasional yang mendesak.
        4. Meskipun adanya ketentuan di dalam paragrap 1 dan paragrap 2 di atas, tetapi metode minimum 10 jam tersebut dikurangi menjadi paling sedikit 6 jam berturut-turut, asalkan pengurangan semacam ini tidak lebih dari 2 hari, dan paling sedikit harus ada 70 jam istirahat selama periode 7 hari.
        5. Pemerintah yang bersangkutan harus menetapkan agar jadwal-jadwal jaga ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat.
        • Daftar Pustaka

          Daftar Pustaka

          1. Tim Penyusun.1990. Olah Gerak Kapal. BPLP Semarang