Topic outline

  • Pendahuluan

    Identitas Mata Kuliah:Pelayaran Kapal Niaga
    Kode Modul:DAR2/Profesional/852/03/2018
    Bidang Kajian:Fungsi Navigasi
    Kegiatan Belajar:KB 03: OLAH GERAK DAN PENGENDALIAN KAPAL

    Halo, selamat datang di Modul Digital OLAH GERAK DAN PENGENDALIAN KAPAL.

    Mata kegiatan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan prinsip dan teknik olah gerak dan pengendalian kapal, sehingga kapal dapat berlayar dengan aman.
    Materi yang dikembangkan dalam modul ini sangat menunjang penguatan kemampuan profesional guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya dalam bidang Nautika pelayaran Niaga.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN
    Menerapkan prinsip-prinsip olah gerak kapal.

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Menerapkan prinsip-prinsip olah gerak kapal
    2. Menerapkan teknik-teknik olah gerak kapal sandar
    3. Menerapkan prinsip-prinsip berlabuh jangkar
    4. Olah gerak di peairan yang sempit dan dangkal

    PETUNJUK BELAJAR
    Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dalam mempelajari modul ini, langkah - langkah yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut :
    1. Bacalah dan cermati apa yang menjadi capaian pembelajaran dan sub capaian pembelajaran.
    2. Bacalah dan pahami dengan seksama uraian - uraian materi yang ada pada masing - masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, maka peserta diklat dapat bertanya pada pengajar yang mengampu kegiatan belajar tersebut, atau berdiskusi dengan teman sejawat melalui pojok diskusi yang ada di sini.
    3. Lakukan review materi secara umum dengan cara membaca kembali rangkuman materi untuk mendapatkan hal - hal penting yang menjadi fokus perhatian pada kegiatan belajar ini.
    4. Kerjakanlah setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang diserap/telah dimiliki terhadap materi - materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
    5. Jika belum menguasai tingkat materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada pengajar yang mengampu kegiatan belajar yang bersangkutan.
    6. Materi Cetak untuk modul digital ini dapat diunduh di sini



    Objek Belajar :
    OLAH GERAK DAN PENGENDALIAN KAPAL
    • Prinsip-prinsip Olah Gerak Kapal
    • Olah Gerak Kapal Sandar
    • Berlabuh Jangkar
    • Olah gerak kapal pada perairan sempit dan dangkal
    • Daftar Pustaka
    • Rangkuman
    • Pojok Diskusi


    Selamat Belajar, Tetap Semangat ... !!!!

    • Prinsip-prinsip Olah Gerak Kapal

      Faktor – faktor yang mempengaruhi olah gerak kapal Faktor dari dalam Faktor dari dalam yang bersifat tetap: Bentuk kapal, macam dan kekuatan mesin, jumlah,tempat dan macam baling-baling, bentuk dan ukuran daun kemudi. Faktor dari dalam yang bersifat tidak tetap: sarat, trim, keadaan pemuatan, dan teritip. Faktor dari luar: angin, arus, gelombang, dalam dan lebarnya perairan.Kapal Diam, baling – baling berputar maju, kemudi tengah-tengah Baling –
      • Olah Gerak Kapal Sandar

        Kapal sandar kiri Dekati dermaga dg kecepatan seperlunya & melawan arus. Setelah tiba di tempat yg diperkirakan berjarak 4 – 5 x p kpl mesin stop dan arahkan hal kapal membentuk sudut lancip thd dermaga.Tiba di pos 1 mesin mundur seperlunya, kemudi tengah – tengah shg kpl tiba pd pos 2.Kirim tros depan kedermada dan untuk mendekat kan buritan mesin mundur
        • Berlabuh Jangkar

          Persiapan kapal sebelum berlabuh jangkarSebelum berlabuh jangkar, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan, antara lain:½ atau satu jam sebelum pelaksanaan letgo jangkar, KKM dan perwira deck serta petugas lain yang bertanggungjawab,mempersiapkan mesin untuk olah gerak dan peralatan yang diperlukan.Topdal diangkat Siapkan Sosok benda yang diperlukan Echo Sounder dihidupkan Hidupkan mesin jangkar,dan di coba,serta pastikan bahwa tidak macet Alat komuikasi
          • Olah gerak kapal pada perairan sempit dan dangkal

            Kapal berlayar sepanjang alur pelayaran sempit seperti Canal, selat, maupun sungai, maka kapal akan dipengaruhi oleh bermacam-macam factor. Diantaranya adalah 2 faktor penting yaitu “pengaruh pengisapan” dan “pengaruh penolakan” tebing / tepi alur, terhadap bagian dari badan kapal. Seperti telah dijelaskan sebelumnya tentang faktor luar yang mempengaruhi kemampuan olah gerak sebuah kapal, salah satunya adalah keadaan perairan.Pengaruh pengisapan dan penolakan
            • Rangkuman

              Rangkuman

              • Daftar Pustaka

                Daftar Pustaka

                1. Anonim. Alat-alat Navigasi. OFCF – Jakarta. Jakarta.
                2. Cockroft.1996. A guide to the Collision Avoidance Rules
                3. Derret. 1999. Ship stability for masters and mates.
                4. Frost. 1988. The principles and practice of navigation. Glasgow,Brown, Son & Ferguson .London
                5. Frost, A.1985. Practical Navigation for Second Mates, 6th ed. 1985.Glasgow,Brown, Son & Ferguson. London
                6. Hidgrafi Office. 1999. The mariner’s handbook(NP 100)
                7. Himba Siswoko. 2016. Pengantar Nautika. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusdiklat Bea dan Cukai. Jakarta.
                8. HMSO.1997. Admiralty Manual of Navigation. Vol 1. London
                9. MacElverey.1995.Shiphandling for the mariner
                10. Palumian, M.L. 1992. Intisari Alat-alat Navigasi. Yayasan Pendidikan Pelayaran “Djadajat” 1963. Jakarta
                11. Setiono Bambang,dkk. 2008.Nautika Kapal Penangkap Ikan Untuk SMK Jilid- 2.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah Departemen Pendidikan nasional
                12. Soebakti S, HR. 1993. Intisari Ilmu Pelayaran Datar. Yayasan Pendidikan PelayaranDjadajat. 1963. Jakarta
                13. Tim BPLP Semarang. Ilmu Pelayaran Elektronik untuk Perwira Pelayaran Niaga. Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Semarang. Semarang
                14. Tim FIP – IKIP Semarang. Pesawat Navigasi. Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang. Semarang.
                15. Tim Penyusun PIP. Peralatan Navigasi. Politeknik Ilmu Pelayaran. Semarang
                16. Blogkapal.blogspot.co.id/2016/05/jenis_sekoci_dan_cara_penurunannya.html
                17. Kapal-cargo.blogspot.co.id/2010/07/rakit_penolong_otomatisinflatable liferafts
                18. www.academia/12044585/perbaikan_and_perawatan_mesin_kapal
                • Bahan Ajar Power Point

                  •     Power Point 1
                  •     Power Point 2