Topic outline

  • Pendahuluan

    Identitas Mata Kuliah:Pelayaran Kapal Niaga
    Kode Modul:DAR2/Profesional/852/04/2018
    Bidang Kajian:Fungsi Navigasi
    Kegiatan Belajar:KB 04: PROSEDUR DARURAT

    Halo, selamat datang di Modul Digital PROSEDUR DARURAT.

    Mata kegiatan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan prinsip dan teknik olah gerak dan pengendalian kapal, sehingga kapal dapat berlayar dengan aman.
    Materi yang dikembangkan dalam modul ini sangat menunjang penguatan kemampuan profesional guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya dalam bidang Nautika pelayaran Niaga.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN
    Merespon dan menerapkan prosedur keadaan darurat

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KEGIATAN

    1. Mendemontrasikan cara merespon keadaan darurat di atas kapal
    2. Mendemontrasikan cara merespon distress signal di laut

    PETUNJUK BELAJAR
    Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dalam mempelajari modul ini, langkah - langkah yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut :
    1. Bacalah dan cermati apa yang menjadi capaian pembelajaran dan sub capaian pembelajaran.
    2. Bacalah dan pahami dengan seksama uraian - uraian materi yang ada pada masing - masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, maka peserta diklat dapat bertanya pada pengajar yang mengampu kegiatan belajar tersebut, atau berdiskusi dengan teman sejawat melalui pojok diskusi yang ada di sini.
    3. Lakukan review materi secara umum dengan cara membaca kembali rangkuman materi untuk mendapatkan hal - hal penting yang menjadi fokus perhatian pada kegiatan belajar ini.
    4. Kerjakanlah setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang diserap/telah dimiliki terhadap materi - materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
    5. Jika belum menguasai tingkat materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada pengajar yang mengampu kegiatan belajar yang bersangkutan.
    6. Materi Cetak untuk modul digital ini dapat diunduh di sini



    Objek Belajar :
    PROSEDUR DARURAT
    • DEFINISI
    • Jenis-jenis Prosedur Darurat
    • Jenis-jenis Keadaan Darurat
    • Shipboard Emergency Contingency Plan
    • Organisasi Keadaan Darurat
    • Mekanisme kerja penanggulangan keadaan darurat
    • Alasan-alasan penting akan perlunya dibuat organisasi penanggulangan keadaan darurat diatas kapal
    • Isyarat & Alarm
    • Prosedur Penanggulangan dan Penyelamatan Terhadap Keadaan Darurat di Kapal
    • Daftar Pustaka
    • Rangkuman
    • Pojok Diskusi


    Selamat Belajar, Tetap Semangat ... !!!!

  • DEFINISI

    Prosedur : suatu tatacara atau urutan/ pedoman yang harus diikuti untuk melaksanakan suatu kegiatan sehingga mendapatkan hasil yang baik.Keadaan Darurat : suatu keadaan diluar keadaan normal yang terjadi diatas kapal yang mempunyai kecebderungan atau potensi yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan dimana kapal berada.Prosedur Darurat (emergency Procedure) : pedoman kerja dalam menanggulangi suatu keadaan drurat, untuk mencegah
    • Jenis-jenis Prosedur Darurat

      Prosedur Intern : Pedoman pelaksanaan untuk masing-masing bagian, keadaan daururat masih dapat diatasi tanpa melibatkan kapal lain atau pelabuhan setempat.Prosedur Umum : Pedoman pelakanaan untuk keadaan darurat yang cukup besar yang dapat membahayakan kapal lain atau didermaga.
      • Jenis-jenis Keadaan Darurat

        Keadaan gangguan pelayaran tersebut sesuai situasi dapat dikelompokan menjadi keadaan darurat yang didasarkan pada jenis kejadian itu sendiri, sehingga keadaan darurat ini dapat disusun sebagai berikut :TubrukanKebakaran/ledakanKandasKebocoran/tenggelamOrang jatuh ke lautPencemaranKeadaan darurat di kapal dapat merugikan Nakhoda dan anak buah kapal serta pemilik kapal maupun lingkungan laut bahkan juga dapat menyebabkan terganggunya ekosistem dasar laut, sehingga perlu untuk memahami kondisi keadaan
        • Shipboard Emergency Contingency Plan

          Syarat utama untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan keadaan darurat adalah perencanaan dan persiapan. Nahkoda dan ABK harus menyadari apa yang harus dilakukan pada setiap keadaan darurat Nahkoda dan ABK harus mengambil keputusan secara tepat untuk mengawasi/ bertindak sesuai dengan keadaan yang timbul.Dasar penanggulangan keadaan darurat yang terjadi diatas kapal adalah pola terpadu yang mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan atau upaya-upaya penanggulangan secara efektif dan efisien.
          Ship Fire Plan
          • Organisasi Keadaan Darurat

            Maksud : untuk memberikan arah/pedoman pada ABK dalam mengatasi terjadinya keadaan darurat.Tujuan : agar dalam mengatasi keadaan darurat dapat dilaksanakan secara cepat, tepat, aman dan terkendali.Empat petunjuk perencanaan (organisasi keadaan daurat)Pusat komando : kelompok yang mengontrol kegiatan dibawah pimpinan Nahkoda atau perwira senior serta dilengkapi dengan perangkat komunikasi intern dan extern.Satuan Keadaan Darurat : kelompok ini dibawah seorang perwira senior
          • Mekanisme kerja penanggulangan keadaan darurat

            PersiapanYaitu menetapkan langkah-langkah persiapan yang diperlukan untuk mengatasi suatu keadaan darurat diatas kapal.PelaksanaanYaitu menetapkan tata cara kerja khusus pada setiap keadaan darurat yang mungkin terjadi diatas kapal.EvaluasiYaitu menetapkan metode evaluasi terhadap hasil pelaksanaannya.
            • Alasan-alasan penting akan perlunya dibuat organisasi penanggulangan keadaan darurat diatas kapal

              Daerah operasi dari kapal-kapal laut adalah dibuat bebas maupun diperairan2 sempit yang penuh dengan tantangan alamnya, yang ini berarti bahwa disetiap waktunya operasi dari kapal-kapal laut selalu dihadapkan dengan bahaya-bahaya baik yang keliatan maupun yang tidak kelihatan.Pada waktu kapal mengalami keadaan darurat ditengah tengah lautan, bantuan dari pihak luar tidak dapat diharapkan sepenuhnya.Melaksanakan aturan aturan nasional/ internasional berkaitan dengan keselamatan/
              • Isyarat & Alarm

                Pada saat mengalami marabahaya, panggilan marabahaya harus dikirimkan melalui semua perangkat yang ada sampai isyarat marabahaya tersebut diterima. Alat-alat isyarat bahaya (distress signal) yang dapat dipakai pada saat kapal mengalami keadaan darurat dan memerlukan pertolongan dengan segera : Semboyan ledak yang dibunyikan secara terus menerus dengan selang waktu 1 menit. Bunyi-bunyian yang diperdengarkan dengan alat-alat isyarat kabut terus menerus. Cerawat
                • Prosedur Penanggulangan dan Penyelamatan Terhadap Keadaan Darurat di Kapal

                  Tata cara khusus prosedur darurat untuk mengatasi kejadian tubrukan Bunyikan sirine/ alarm bahaya Mengolah gerak kapal untuk mengurangi pengaruh tubrukan Pintu-pintu kedap air dan pintu-pintu kebakaran otomatis ditutup Lampu-lampu deck dinyalakan Nakhoda diberitahu VHF dipindah ke chanel 16 Awak kapal dan penumpang dikumpulkan dimuster station Posisi kapal tersedia dikamar radio Tangki-tangki dan got-got disounding Tata cara khusus prosedur darurat untuk
                  • Rangkuman

                    Rangkuman

                    1. Prosedur : suatu tatacara atau urutan/ pedoman yang harus diikuti untuk melaksanakan suatu kegiatan sehingga mendapatkan hasil yang baik.
                    2. Keadaan Darurat : suatu keadaan diluar keadaan normal yang terjadi diatas kapal yang mempunyai kecebderungan atau potensi yang dapat membahayakan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan dimana kapal berada.
                    3. Prosedur Darurat (emergency Procedure) : pedoman kerja dalam menanggulangi suatu keadaan drurat, untuk mencegah atau mengurangi kerugian yang lebih besar.
                    4. Ship Board Emergency Plans
                      Rencana penanggulangan segala macam kemungkinan akan timbulnya keadaan darurat diatas kapal yang didasarkan pada suatu pola yang terpadu, yang mampu mengintergrasikan upaya penggulangan secara cepat, tepat aman dan terkendali atas dkungan instansi terkait, SDM dan fasilitas yang tersedia.
                    5. Sijil Keadaan Darurat (Muster List)
                      Suatu daftar yang berisikan nama dan jabatan anak nuah kapal beserta tugas2 khusus yang harus dilaksanakan untuk mengatasi keadaan2 darurat yang mungkin akan terjadi diatas kapal.
                    • Daftar Pustaka

                      Daftar Pustaka

                      1. SOLAS 1974
                      2. Setiono Bambang,dkk.2008. Nautika Kapal Penangkap Ikan.Direktorat pembinaan Sekolah menengah kejuruan.
                      • Bahan Ajar Power Point

                        •     Power Point 1