Rangkuman KB4 M2

Selamat, Anda telah menyelesaikan modul tentang Ekologi dan Ilmu Lingkungan 2 : Biologi Konservasi. Dengan demikian Anda sebagai peserta diklat telah menguasai kompetensi menerapkan strategi atau solusi untuk mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan. Hal-hal penting yang telah Anda pelajari dalam modul Ekologi dan Ilmu Lingkungan 2 : Biologi Konservasi ini adalah sebagai berikut:

  • Pembuangan dan penumpukan limbah yang kaya nutrien ke dalam habitat akuatik akan mempercepat eutrofikasi, dan peningkatan biomassa akan menghabiskan O2. Aktivitas manusia seperti pembakaran kayu dan bahan bakar fosil menyebabkan perubahan mendasar dalam komposisi atmosfer. Ledakan populasi manusia mengubah habitat dan mengurangi keanekaragaman biologis di dunia
  • Nitrogen memasuki ekosistem melalui dua jalur ilmiah, yaitu deposit pada atmosfer dan melalui fiksasi nitrogen. Siklus fosfor tidak meliputi pergerakan melalui atmosfer, karena tidak ada gas yang mengandung fosfor secara signifikan. Fosfor hanya ditemukan dalam satu bentuk anorganik penting, fosfat (PO43-) yang diserap oleh tumbuhan dan digunakan untuk sintesis organik.
  • Analisis viabilitas (kelangsungan hidup) populasi (population viability analysis, PVA), merupakan suatu metode untuk memprediksi apakah suatu spesies akan bertahan atau tidak dalam suatu lingkungan tertentu. Taksiran ukuran minimum populasi yang dapat bertahan hidup bisa didasarkan pada penentuan ukuran populasi efektif (Ne) dengan rumus menggunakan rasio jenis kelamin pada individu-individu yang sedang berkembangbiak.
Last modified: Wednesday, 9 January 2019, 3:35 PM