Pendahuluan

Rasional dan deskripsi singkat

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kerangka Kurikulum 2013 perlu dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Pendidikan ini berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai keunggulan wilayah nusantara. Modul berjudul Pendalaman Materi IPA 2 ini membahas tentang Klasifikasi dan Keanekaragaman Makhluk Hidup (Tumbuhan dan Hewan) serta Ekologi dan Ilmu Lingkungan (Biologi Populasi dan Biologi Konservasi). Modul ini dikemas dalam empat kegiatan belajar dan seluruhnya diberi alokasi waktu 1 SKS yang secara umum setara dengan 50 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur (praktikum) dan 60 tugas mandiri. Pada PPG Dalam Jabatan ini, setiap satu SKS diwakili oleh satu modul, dimana setiap modul tersebut mencerminkan adanya uraian/penjelasan materi sebagai representasi tatap muka, tugas terstruktur (praktikum), tugas mandiri dan tes. Kegiatan belajar yang disusun dalam modul ini yaitu:

  • Kegiatan Belajar 1: Klasifikasi dan Keanekaragaman Makhluk Hidup (Tumbuhan)

  • Kegiatan Belajar 2: Klasifikasi dan Keanekaragaman Makhluk Hidup (Hewan)

  • Kegiatan Belajar 3: Ekologi dan Ilmu Lingkungan (Biologi Populasi)

  • Kegiatan Belajar 4: Ekologi dan Ilmu Lingkungan (Biologi Konservasi)


Relevansi

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) perlu dipandang melalui tiga dimensi besar literasi sains (scientific literacy) yaitu konten sains, proses sains, dan konteks aplikasi sains. Konten sains merujuk pada konsep-konsep kunci dari sains yang diperlukan untuk memahami fenomena alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia. Proses sains mengembangkan kemampuan memahami hakikat sains, prosedur sains, serta kekuatan dan kelemahan sains. Konteks aplikasi sains lebih pada kehidupan sehari-hari daripada kelas atau laboratorium. Modul Pendalaman Materi IPA 2 ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar yang disusun dengan mengacu pada dimensi literasi sains (scientific literacy). Capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 1 dan Kegiatan Belajar 2 yaitu menganalisis tingkatan takson makhluk hidup sesuai data tentang morfologi/cara memperoleh nutrisi/reproduksi makhluk hidup. Sub capaian pembelajaran yaitu (1) menjelaskan takson berdasarkan morfologi atau cara memperoleh nutrisi atau reproduksinya, dan (2) menjelaskan objek permasalahan biologi berdasarkan kasus penelitian pada salah satu tingkat organisasi kehidupan (molekuler, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Kegiatan Belajar 1 fokus pada keanekaragaman tumbuhan, sedangkan Kegiatan Belajar 2 fokus pada keanekaragaman hewan. Setelah mampu menganalisis keanekaragaman tumbuhan dan hewan, Anda sebagai peserta PPG Dalam Jabatan akan diarahkan agar dapat menganalisis konsekuensi kepadatan populasi makhluk hidup terhadap kualitas hidup/lingkungan. Kegiatan Belajar 3 ini akan fokus pada biologi populasi dengan sub capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu Anda dapat (1) menjelaskan hubungan antara populasi makhluk hidup dengan kebutuhan hidupnya, (2) menganalisis informasi tentang interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya untuk mengungkap teori asal usul kehidupan, dan (3) merumuskan masalah atau hipotesis atau simpulan atau memperkirakan interaksi mahkluk hidup dengan lingkungannya. Setelah dapat menganalisis konsekuensi kepadatan populasi makhluk hidup terhadap kualitas hidup/lingkungan, Anda diharapkan dapat menerapkan strategi/solusi untuk mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan sebagai dampak aktivitas manusia. Kegiatan Belajar 4 ini akan fokus pada biologi konservasi dengan sub capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu Anda dapat (1) menganalisis penyebab terjadinya pencemaran lingkungan berdasarkan dampak yang ditimbulkannya, (2) menganalisis peran mikroorganisme dalam menjaga kesuburan tanah berdasarkan sifat fisika atau kimianya, dan (3) menganalisis berbagai alternatif strategi atau solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan. Dengan wawasan dan kemampuan tersebut, diharapkan Anda sebagai peserta PPG Dalam Jabatan dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup dan membelajarkan peserta didik di sekolah untuk dapat mencintai dan menjaga lingkungan serta melestarikan tumbuhan dan hewan.


Petunjuk Belajar

Proses pembelajaran untuk modul Pendalaman Materi IPA 2 yang sedang Anda pelajari sekarang ini, dapat berjalan dengan lebih lancar jika Anda mengikuti langkah-langkah petunjuk belajar sebagai berikut:

  1. Pahami dulu tentang capaian pembelajaran mata kegiatan, sub capaian pembelajaran mata kegiatan, dan pokok-pokok materi pada setiap Kegiatan Belajar sebelum Anda mempelajari uraian materi.

  2. Lakukan kajian terhadap uraian materi pada setiap Kegiatan Belajar dan lengkapi informasi Anda dengan melihat video tautan yang telah disediakan serta menganalisis contoh penelitian atau kasus nyata pada setiap topik materi.

  3. Anda sebagi peserta PPG Dalam Jabatan diharapkan juga dapat menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan sains, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge/TPCK). Oleh karena itu, lakukan kajian terhadap cara membelajaran topik materi IPA yang telah disediakan pada setiap Kegiatan Belajar pada modul ini. Anda juga dapat menambahkan cara alternatif lain ketika Anda membelajarkan topik tersebut pada peserta didik di sekolah.

  4. Materi IPA tidak terlepas dari kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun di luar laboratorium. Oleh karena itu, lakukan kajian terhadap keselamatan kerja di laboratorium sains yang telah disediakan pada modul ini.

  5. Keberhasilan proses pembelajaran pada PPG Dalam Jabatan ini sangat tergantung pada kesungguhan Anda dalam mengerjakan tugas dan tes yang telah disediakan pada setiap Kegiatan Belajar. Oleh karena itu, kerjakanlah secara mandiri atau berkelompok dengan teman sejawat.

  6. Apabila Anda menemui kesulitan dalam memahami materi, tugas, dan tes dalam modul ini, silakan hubungi instruktur/widiaiswara pembimbing atau fasilitator yang mengajar PPG Dalam Jabatan ini.


Selamat belajar, semoga Anda sukses memahami pengetahuan yang diuraikan dalam modul Pendalaman Materi IPA 2 ini. Semoga ilmu ini dapat menjadi bekal untuk membelajarkan IPA pada peserta didik yang berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam.

Last modified: Wednesday, 9 January 2019, 3:15 PM