RANGKUMAN

Kosmetika rias wajah adalah kosmetika yang diperlukan untuk merias atau memperindah penampilan kulit, dengan warna-warni yang menarik dan sering disertai zat pewangi untuk sekaligus mengharumkan bau kulit yang dirias. Kosmetika rias wajah bersifat mengurangi atau menutupi kekurangan (cacat) bagian tubuh (kulit) kita. Mata yang terlalu kecil atau terlalu besar, pipi terlalu luas, alis terlalu tipis atau tebal dan lain sebagainya dapat dikaburkan oleh kosmetika rias wajah. Tentu diperlukan seni tersendiri karena tanpa bakat seni kosmetika rias tak akan mencapai tujuan.

Kosmetika untuk rias wajah terdiri dari pelembab, alas bedak (foundation), bedak (face powder), cat bibir (lipstick), perona pipi (blush-on), pensil alis, eye shadow, maskara, eye liner. Dalam keseharian pemakaian kosmetika rias wajah lebih dikenal dengan istilah make-up. Kosmetika dan alat pelengkap yang diperlukan dalam merias wajah, yakni: (1)Concealer, gunakan concealer untuk membantu menyamarkan flek pada wajah atau bekas jerawat. Concealer juga dapat digunakan untuk menyamarkan kantung mata; (2) brush dan spons, saat memakai bedak, pertama-tama gunakan brush selanjutnya gunakan spons untuk membantu meratakannya; dan (3) shading dan tint, untuk mengoreksi bagian wajah yang ingin ditonjolkan kelebihannya dan ditutupi kekurangannya.

Berikut macam-macam kosmetika rias wajah yang diproduksi dan dipasarkan oleh salah satu perusahaan kosmetika yang diperuntukkan bagi remaja, meliputi: pelembab, als bedak cair, bedak serbuk atau tabur, bedak padat, eye shadow, lip gloss dan lipstik.

Tiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Ada 7 macam bentuk wajah seseorang, meliputi bentuk: oval, panjang, bulat, segitiga, segitiga terbalik, kotak, belah ketupat. Masing-masing bentuk wajah ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki kelebihan maupun kekurangan yang bisa dimainkan dengan aplikasi kosmetika rias wajah guna terlihat atau menghasilkan bentuk wajah yang ideal yaitu bentuk wajah oval.

Merias wajah merupakan salah satu kegiatan mempercantik diri sendiri dan orang lain. Merias wajah (make up) biasanya menggunakan kosmetika rias wajah dengan cara menutupi atau menyamarkan bagian-bagian yang kurang sempurna pada wajah maupun bagian-bagian wajah (seperti: hidung, mata, bibir , rahang, dagu, dahi, tulang pipi dan alis) dengan warna bayangan yang gelap (shading) dan juga menonjolkan bagian-bagian yang sempurna atau cantik pada wajah dengan warna yang terang (tint). Tujuan merias wajah adalah untuk mempercantik khususnya wajah agar terlihat lebih segar dan cantik.

Umumnya riasan wajah sehari-hari di bagi menjadi tiga yaitu rias wajah sehari-hari untuk pagi hari, sore hari dan malam hari. Riasan wajah sehari-hari untuk pagi hari adalah rias wajah yang ringan dengan menggunakan alas bedak yang ringan dan tidak menggunakan warna-warna yang mengkilap dan mencolok. Bayangan mata minimal dua warna, koreksi wajah dan bagian wajah minimal dua warna. Riasan wajah sehari-hari untuk sore hari adalah rias wajah yang agak terang dan tegas dengan menggunakan alas bedak yang agak berat seperti liquid (cair) dan warna-warna agak tajam dari rias wajah pagi hari namun tidak mengkilap. Kemudian rias wajah sehari-hari untuk malam hari adalah rias wajah yang lebih tebal dengan menggunakan foundation yang lebih menutupi, misalnya foundation cream, pan stick fondation dan penggunaan warna-warna rias mata, bibir, pipi dapat lebih tegas, mencolok dan mengkilat (tanpa gliters). Garis-garis agak dipertegas terutama pada garis mata dan bibir.

Oleh karena itu pengetahuan akan aplikasi kosmetika rias wajah untuk sehari-hari sangat penting diketahui guna menunjang aktivitas sehari-hari dan memudahkan dalam mobilitas kegiatan yang padat, tetapi wajah dapat terus terlihat segar, cantik, memberikan kesan natural dan alami.

Last modified: Wednesday, 16 May 2018, 9:52 AM