M3KB3: Rangkuman

Titrasi pengendapan yang melibatkan pereaksi pengendap perak nitrat disebut titrasi argentometri, dimana kurva titrasi  argentometri dibuat dengan memplot -log [pereaksi] terhadap volume titran. Metode titrasi argentometri dapat juga digunakan untuk menentukan kadar ion-ion yang berada dalam campuran. Syarat utama titrasi argentometri untuk campuran ion adalah ion-ion tersebut harus membentuk endapan dengan ion perak yang kelarutannya berbeda.

Dikenal tiga metoda penentuan titik akhir titrasi argentometri yaitu metoda Mohr, metoda Volhard, dan metoda Fajans. Metoda Mohr didasarkan pada pembentukan endapan yang berwarna. Pembentukan larutan senyawa kompleks berwarna merupakan dasar metoda Volhard. Sedangkan metoda Fajans didasarkan pada penyerapan indikator berwarna oleh endapan pada titik ekivalen

Variabel-variabel yang dapat menyebabkan perubahan besarnya harga pAg antar lain: a)  konsentrasi,  semakin kecil  konsentrasi  analit  dan titran, semakin kecil  pula rentang penurunan pAg dekat titik ekivalen dan b) kelarutan, semakin kecil harga Ksp, semakin besar rentang perubahan pAg dekat titik ekivalen.

Last modified: Friday, 22 March 2019, 10:42 AM